Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Mesin diesel dan juga mesin bensin merupakan jenis mesin yang memiliki cara kerja yang berbeda. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil penumpangnya memiliki jenis mesin bensin, sementara untuk kendaraan komersil memiliki jenis mesin diesel. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, apa kelebihan dan kekurangan mesin diesel?

Kali ini kita akan membahas tentang mesin diesel ini, terutama perihal kelebihan dan juga kekurangannya dibandingkan dengan mobil yang menggunakan mesin bensin. Perbedaan paling dasar dari mobil yang menggunakan mesin diesel dan juga mesin bensin adalah komponen pemicu yang ada pada ruang bakarnya. Jika mesin bensin memiliki pemicu kombinasi antara busi, udara, dan juga bahan bakar. Maka untuk mobil yang menggunakan mesin diesel tidak seperti demikian.

Untuk pemicu mesin diesel adalah menggunakan tekanan udara. Yaitu dengan udara masuk melalui torak dan dikompresi sehingga mendapat tekanan pada suhu tertentu. Dan pada saat yang sama, bahan bakar diinjeksi ke ruang bakar. Pertemuan antara kompresi udara dan bahan bakar inilah yang memicu terjadinya ledakan partikel solar. Dan pada akhirnya dapat menggerakan komponen lain.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel

Sehingga demikian, perbedaan yang paling terlihat dari mesin diesel dan juga mesin bensin adalah pada mesin diesel tidak memiliki busi sebagaimana yang terdapat pada mesin bensin. Berikut ini kelebihan dan kekurangan mesin diesel yang bisa kamu simak di bawah ini :

Kelebihan Mesin Diesel

Usia Lebih Panjang

Mesin diesel pada umumnya diproduksi dengan menggunakan material yang lebih kuat karena memang mesin diesel memiliki kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Suhu udara di dalam ruangan pembakaran pun jauh lebih panas.

Torsi Tinggi

Mesin diesel dapat menghasilkan torsi yang lebih baik pada rpm rendah. Sebagai gambaran, mesin diesel dengan empat silinder menghasilkan torsi yang sama dengan mesin bensin enam silinder.

Ekonomis

Mobil diesel menggunakan bahan bakar yang lebih sedikit dibanding dengan mesin bensin. Hal ini dikarenakan mesin diesel memiliki rasio kompresi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. Dan juga untuk harga bahan bakarnya relatif lebih murah.

Kekurangan Mesin Diesel

Suaranya Bising

Suara dari mesin diesel sendiri sangat bising dibandingkan dengan mesin bensin. Hal tersebut dikarenakan pada mesin bensin sebagian besar suaranya berasal dari system pembuangannya. Sedangkan mesin diesel berasal dari mesin itu sendiri.

Mahal

Mesin diesel memiliki rasio kompresi yang lebih tinggi . Maka dari itu, mesin ini perlu diproduksi dengan material yang lebih kuat. Oleh karena itu, harganya pun akan lebih mahal.

Dan itu dia Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel yang mungkin perlu kamu ketahui. jika kamu berminat untuk membeli ban mobil baru maupun bekas, kamu bisa mendapatkannya di Instagram Bursa Velg Second atau via website bursavelgsecond.com. Semoga Bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan