5 Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas

Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas

Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas – Hal yang tak diinginkan oleh setiap pengendara mobil adalah kehilangan tenaga saat menekan gas. Mobil yang mengalami kehilangan tenaga ketika digas akan membuat pengendara meraa tidak nyaman. Tidak hanya terganggu kenyamannya ketika berkendara, namun bisa membahayakan pengendara lain serta bahan bakar yang menjadi lebih boros.

Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas

Untuk itu, kamu perlu mengetahui penyebab dari kondisi tersebut untuk meminimalisir terjadinya hilang tenaga ketika digas saat sedang berkendara. Untuk mengetahui penyebabnya, berikut ulasan lengkapnya bisa kamu simak di bawah ini :

Ring Piston Aus

Ring piston yang mengalami aus adalah salah satu penyebab mobil menjadi hilang tenaga ketika sedang digas. Ketika mesin dihidupkan, maka bagian luar dari ring piston akan bergesekan dengan dinding silinder. Gesekan yang berlangsung secara terus menerus ini, efeknya akan muncul seiring berjalannya waktu. Terlebih jika sudah lebih dari lima tahun tidak melakukan penggantian oli secara tepat waktu.

Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu sebagai pemilik jangan pernah melupakan penggantian oli mesin mobil secara tepat waktu untuk menghindari bagian tertentu mengalami kerusakan.

Blok Silinder Alami Aus

Tak hanya komponen ring piston saja yang bisa mengalami keausan, namun Blok silinder mesin pun bisa alami keausan. Komponen ini sendiri memiliki fungsi menjadi jalur pergerakan dari ring piston yang bisa terjadi keausan apabila tidak ada pelumasan secara sempurna.

Sebenarnya, blok silinder ini memiliki kekuatan yang lebih kuat jika dibandingkan dengan ring piston. Namun, walaupun lebih kuat, tak menuntut kemungkinan komponen ini mengalami aus lebih cepat. Intinya jangan pernah melupakan untuk mengecek kondisi oli mobil agar menghindari efek negatif pada komponen.

Klep Mobil Bocor

Katup atau klep mobil ini berfungsi untuk menjadi pintu masuk bagi material seperti udara, bensin, dan juga intake. Selain itu komponen ini menjadi pintu keluar bagi gas buang yang berasal dari mesin menuju knalpot.

Apalagi sekarang semakin banyak mobil yang menggunakan sistem mesin double katup atau DOHC. Jadi dalam satu silinder memiliki dua katup intake dan juga exhaust. Penyetelan celah katup yang tidak tepat bisa menyebabkan mobil menjadi kekurangan tenaga.

Gasket Kepala Silinder Rusak

Gasket kepala silinder memiliki fungsi untuk merapatkan komponen blok silinder dengan head silinder. Terbuat dari bahan dasar logam, ketika gasket tidak dalam kondisi yang baik, maka kebocoran kompresi bisa saja terjadi di bagian sambungan. Pada dasarnya gasket ini memiliki peran penting agar tidak terjadi kebcoran.

Jika gasket sudah berumur lama dan robek, maka hanya menunggu waktu saja untuk kebocoran tersebut dapat mengganggu sistem kerja mesin mobil.

Penyebab Tenaga Mobil Hilang Saat Digas : Seal Busi Retak

Seal busi bisa saja mengalami kerusakan jika ada proses yang salah ketika melakukan penggantian busi. Ketika mengganti busi, maka seal juga akan diganti karena terdiri dari satu paket dengan busi. Namun permasalahan ini bisa muncul apabila pemilik mengganti busi mobil dengan yang tidak sesuai dengan standar pabrikan. Ketika hal tersebut dilakukan, maka busi menjadi tidak bekerja secara maksimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan