7 Alasan Mengapa Mobil Jepang Lebih Laku di Indonesia

A;asan Mobil Jepang Lebih Laku di Indonesia

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang masih menjadi andalan masyarakat Tanah Air selain motor. Sehingga tidak heran jika banyak perusahaan otomotif yang masuk ke Indonesia, seperti Astra, Wuling, Honda, Yamaha, dan lain sebagainya. Diantara ratusan mobil yang ada di Indonesia, mobil keluaran Jepang terbukti masih mendominasi permintaan pasar. Salah satunya mobil keluaran Toyota.

Mobil keluaran Toyota ini hampir menguasai setengah pasar, bahkan salah satu mobil buatannya, yaitu Avanza disebut sebagai mobil sejuta umat. Lantas kenapa sih mobil keluaran Jepang lebih laku di Indonesia ketimbang mobil China, Eropa, maupun Amerika?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak artikel di bawah ini mengenai 7 alasan mengapa mobil keluaran Jepang lebih laku di Indonesia daripada mobil lainnya!

7 Alasan Kenapa Mobil Jepang Lebih Laku Ketimbang Mobil Keluaran Negara Lain

Bagi kamu yang sering bertanya-tanya kenapa sih mobil jepang bisa laku keras di Tanah Air ini, memang apa istimewanya dibandingkan mobil lainnya? Simak artikel di bawah ini sampai habis karena HSR Wheel akan merangkum 7 alasan kenapa mobil Jepang bisa laku keras di Tanah Air.

1. Keunggulan Mobil Jepang

Mobil Keluaran Jepang

Mobil Jepang telah lama dikenal di Tanah Air sebagai mobil yang berkualitas tinggi dan handal. Keunggulan mobil Jepang terletak pada desain yang simpel dan fungsional, teknologi yang canggih, serta daya tahan yang tinggi.

Selain itu, mobil Jepang juga terkenal akan performa mesin yang baik, efisiensi bahan bakar yang tinggi, dan harga yang terjangkau. Perawatan mobil Jepang juga lebih murah ketimbang mobil Eropa maupun Amerika dan suku cadangannya juga mudah ditemukan dimana-mana. Mobil bekas keluaran Jepang juga memiliki nilai jual yang lebih tinggi ketimbang mobil Eropa maupun Amerika,

2. Brand Awareness

Logo Merek Perusahaan Otomotif

Salah satu faktor yang membuat mobil Jepang lebih laku di Indonesia adalah mobil keluaran Jepang memiliki brand awareness yang tinggi. Contohnya mobil keluaran Toyota, Honda, dan Mitsubishi yang telah lama menjadi pemain utama di pasar otomotif Indonesia.

Selain itu, merek-merek tersebut mampu membangun citra yang kuat sebagai merek yang terpercaya, handal, dan berkualitas tinggi. Sehingga, konsumen lebih percaya dan merasa nyaman saat membeli mobil Jepang ketimbang mobil keluaran China misalnya.

3. Ketersediaan Suku Cadang

Suku Cadangan Mobil Jepang

Ketersediaan suku cadang yang mudah ditemukan di pasar menjadi salah satu faktor pendorong mobil Jepang laku di Indonesia. Hal ini disebabkan karena sudah banyak dealer dan bengkel resmi yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karenanya, konsumen tidak perlu khawatir saat suku cadang mobil mengalami masalah. Karena dengan mudah dapat ditemukan di berbagai kota.

 4. Kualitas Produksi

Proses Produksi Mobil Jepang

Mobil Jepang terkenal akan kualitas produksinya yang tinggi dan standar kontrol kualitas yang ketat. Pabrik mobil Jepang menggunakan teknologi mutakhir dalam proses produksi sehingga dapat menghasilkan mobil dengan kualitas yang unggul dan terjamin. Dengan demikian, mobil Jepang memiliki daya tahan yang tinggi dan minim permasalahan teknis.

5. Inovasi Teknologi

Mobil Hybrid

Mobil Jepang terus mengembangkan teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan pasar. Saat ini, banyak mobil Jepang yang dilengkapi dengan teknologi hybrid dan electric vehicle (EV) yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Selain itu, mobil Jepang juga dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang canggih seperti blind spot monitoring, lane departure warning, dan adaptive cruise control.

6. Pajak Lebih Murah

Pajak Mobil

Alasan lainnya mengapa mobil keluaran Jepang lebih laku di Indonesia, karena salah satunya pajak mobil keluaran Jepang lebih murah ketimbang mobil Eropa maupun Amerika. Perhitungan pajak di Indonesia berdasarkan persentase dari harga kendaraan.

Selain itu, pada saat ekonomi sedang bergejolak seperti ini membuat masyarakat ingin hemat dalam berbelanja. Kondisi inilah yang membuat sebagian orang lebih memilih mobil dengan harga ekonomis.

7. Praktis dan Efisien

kampas rem mobil
kampas rem mobil

Mobil asal Jepang yang praktis dan efisien dibandingkan mobil dari Eropa. Hal ini juga yang membuat kendaraan ini awet dan mudah dirawat. Kemajuan teknologi di negara ini, membuat body mobil yang ringan, sehingga mudah dikendarai. Apalagi untuk pemula, pabrikan asal Jepang adalah pilihan tepat. Hebatnya lagi, kebanyakan mobil Jepang masih sangat berguna meskipun sudah berumur.

Kesimpulan:

Mobil Jepang lebih laku di Indonesia karena keunggulan dalam desain yang simpel dan fungsional, teknologi canggih, daya tahan yang tinggi, dan harga yang terjangkau. Selain itu, mobil keluaran Jepang sudah memiliki citra yang terpercaya dan menjadi andalan masyarakat sejak waktu yang lama. Dengan semakin ketatnya daya saing otomotif di Indonesia, merek produsen mobil asal Jepang tetap bisa kompetitif bahkan konsisten memuncaki daftar penjualan terlaris setiap bulannya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan