Pajak Mobil Ioniq 5

Pajak Mobil Ioniq 5 Tahun 2023

Mobil Hyundai Ioniq 5 merupakan salah satu mobil listrik yang dikeluarkan oleh Hyundai pada bulan Maret 2022 saat acara International Motor Show (IIMS) 2022. Mobil listrik ini merupakan mobil listrik murni atau Battery Electric Vehicle (BEV) pertama yang diproduksi langsung di Tanah Air.

Sebagai mobil listrik pertama yang diproduksi di Cikarang, Indonesia. Mobil listrik ini menawarkan berbagai kelebihan yang bisa dinikmati oleh pemiliknya. Diantaranya terdapat platform eksklusif Electric Global Modular Platform (E-GMP) yang mampu meningkatkan fleksibilitas, performa mobil, keselamatan maupun kenyamanan pengemudi.

Selain itu, platform ini juga dapat meningkatkan keamanan bagi baterai melalui struktur pendukung yang dibuat dari baja berkekuatan tinggi. Tidak hanya itu saja, mobil listrik ini juga didesain semaksimal mungkin dengan konsep retro dan futuristik. Hal ini bisa terlihat dari bentuknya yang mengotak dengan desain lampu depan dan belakang yang juga senada dengan bentuk bodynya.

Meskipun bergaya retro, namun tampilan Ioniq 5 tidak terlihat kuno sebab terdapat sistem pencahayaan full LED dan bodi mobil terlihat aerodinamis dengan adanya spoiler bagian belakang berlubang. Untuk bagian velg, mobil listrik ini telah menggunakan velg alloy ukuran 20 inci.

Nah, bagi kamu yang berencana membeli Hyundai Ioniq 5, terutama untuk lebaran Idul Fitri nanti. Kamu wajib tahu biaya pajak mobil Hyundai Ioniq 5 setiap tahunnya dan 5 tahun sekali. Untuk informasi lebih jelas, simak artikel di bawah ini sampai habis ya teman-teman HSR Wheel.

Baca Juga: Pajak Mobil Wuling Air EV Terbaru

Pajak Mobil Hyundai Ioniq 5 Tahun 2023

Pajak Mobil Ioniq 5 Tahun 2023
Pajak Mobil Ioniq 5 Tahun 2023

Membayar pajak kendaraan merupakan kewajiban bagi pemilik kendaraan tersebut. Oleh sebab itu, penting sekali untuk menggali informasi terlebih dahulu mengenai tarif pajak kendaraan yang ingin dibeli dalam kurun waktu setiap tahun dan 5 tahun sekali. Tujuannya adalah agar kamu tidak terbebani nantinya.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli Ioniq 5 untuk lebaran Idul Fitri nanti. Berikut ini estimasi pajak Ioniq 5 di tahun 2023:

Rumus Perhitungan Pajak Pada Tahun Pertama

  • PKB: 2% nilai jual mobil (NJKB)
  • SWDKLLJ: Rp143.000
  • Biaya administrasi TNKB: Rp100.000
  • Biaya administrasi: Rp50.000
  • Biaya penerbitan STNK: Rp200.000

Sehingga pajak Ioniq 5 pada tahun pertama sebesar:

  • PKB: Rp9.744.000 (Pemerintah memberikan insentif pajak sebesar 10 persen sehingga biaya yang kamu keluarkan sebesar Rp 974.400)
  • SWDKLLJ: Rp143.000
  • Biaya administrasi TNKB: Rp100.000
  • Biaya administrasi: Rp50.000
  • Biaya penerbitan STNK: Rp200.000

Total pajak Ioniq 5 pada tahun pertama, yaitu Rp 1.467.400 dan di tahun kedua dan seterusnya kamu hanya perlu membayar PKB dan SWDKLLJ, sehingga totalnya Rp 1.174.000. Estimasi total pajak ini berbeda di setiap daerah. Bagi kamu yang ingin mengecek tarif pajak secara lengkap, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi e-Samsat.

Tarif Pajak Ioniq 5 Setiap 5 Tahun

Tarif pajak setiap 5 tahun berbeda dengan pajak tahunan karena terdapat penyusutan NJKB dan biaya perpanjangan STNK karena masa berlaku STNK berakhir setiap 5 tahun. Agar lebih jelas, simak estimasi biaya pajak Ioniq 5 setiap 5 tahun:

  • Semisal kita estimasi bahwa PKB Ioniq 5 Rp  8.700.000 (karena adanya penyusutan NJKB) Sehingga total PKB yang dibayarkan sebedar Rp 870.000 karena ada insentif pajak sebesar 10 persen yang diberikan oleh Pemerintah bagi pemilik kendaraan listrik.
  • SWDKLLJ: Rp143.000
  • Biaya administrasi TNKB: Rp100.000
  • Biaya administrasi: Rp50.000
  • Biaya penerbitan STNK: Rp200.000
  • Biaya pengesahan STNK: Rp50.000

Sehingga total pajak Ioniq 5 setiap 5 tahun adalah Rp 1.413.000 (Tarif pajak ini hanya perkiraan saja). Nah, tarif di atas belum termasuk denda ya. Berikut ini cara menghitung denda pajak mobil listrik.

Cara Menghitung Denda Pajak Kendaraan

Bagi kamu yang telat membayar pajak kendaraan maka kamu akan dikenakan denda sebesar 25 persen dari tunggakanmu. Berikut ini rumus menghitungnya

  • Denda pajak mobil dalam hitungan bulan = PKB x 25 % x jumlah bulan menunggak/12 + SWDKLLJ
  • Denda pajak mobil dalam hitungan tahun = Jumlah tahun x PKB x 25% x 12/12 + SWDKLLJ

Kenapa Pajak Mobil Listrik Lebih Murah Ketimbang Mobil Konvensional?

Pajak mobil listrik lebih murah daripada pajak mobil bensin karena Pemerintah memberikan insetif PPnBM dengan DPP 0%, bebas bea balik nama dan pajak pertahun nya hanya 10% dari pajak normal mobil lainnya. Tujuannya agar masyarakat mulai beralih menggunakan mobil listrik ketimbang mobil konvensional. Hal ini diupayakan dengan harapan akan mengurangi pencemaran udara dengan bertambahnya jumlah mobil listrik yang mengaspal di jalan.

Lakukan Spooring dan Balancing Agar Kenyamanan Mobilmu Meningkat

Musim mudik sebentar lagi, bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan jauh penting sekali untuk service kendaraan terlebih dahulu terutama di bagian kaki-kaki mobil. Sebab hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Spooring balancing merupakan kegiatan yang penting dan wajib saat sebelum maupun sesudah melakukan perjalanan jauh. Agar kondisi kaki-kaki mobil tetap tampil prima. Nah, bagi kamu yang sedang mencari tempat spooring dan balancing dengan kualitas yang terjamin dan harga affordable.

Toko HSR Wheel merupakan solusi yang tepat, karena HSR Wheel telah menggunakan spooring 3D yang mana dinilai lebih efektif daripada spooring manual. Selain itu, HSR Wheel juga sedang mengadakan diskon sebesar 10% sampai 500 ribu bagi kamu yang melakukan pembelian velg di seluruh Toko HSR Wheel. Promo ini hanya berlaku dari tanggal 20 Maret – 20 April 2023. Informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi nomor customer service HSR Wheel, 0811-9621-2691.

Pertanyaan Seputar Pajak Mobil Ioniq 5

[saswp_tiny_multiple_faq headline-0=”h3″ question-0=”Harga Pajak Ioniq 5 Berapa?” answer-0=”Total pajak Ioniq 5 pada tahun pertama, yaitu Rp 1.467.400 dan di tahun kedua dan seterusnya kamu hanya perlu membayar PKB dan SWDKLLJ sehingga totalnya Rp 1.174.000. Sedangkan total pajak Ioniq 5 setiap 5 tahun adalah Rp 1.413.000 (tarif pajak ini hanya perkiraan saja)” image-0=”” headline-1=”h3″ question-1=”Kenapa Pajak Mobil Listrik Lebih Murah?” answer-1=”Pajak mobil listrik lebih murah daripada pajak mobil bensin sebab Pemerintah memberikan insetif PPnBM dengan DPP 0%, bebas bea balik nama dan pajak pertahun nya hanya 10% dari pajak normal mobil lainnya.” image-1=”” count=”2″ html=”true”]