Mau Beli Ignis? Kenali Dulu Kelebihan & Kekurangan Ignis 2017!

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ignis 2017

Suzuki Ignis merupakan mobil City Car bergaya Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil ini diluncurkan pada tahun 2017 oleh PT. Suzuki Indomobil Sales. Mobil ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitornya, seperti Honda Brio, Alya, Agya.

Selain harganya tergolong cukup murah, mobil ini juga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya memiliki desain eksterior yang bergaya crossover modern, kabin mobil luas, fitur-fitur mobil tergolong cukup lengkap, serta sudah memiliki fitur keselamatan.

Selain memiliki beberapa kelebihan, Suzuki Ignis juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya performa mesin terbilang masih kurang optimal dibandingkan kompetitornya, serta suspensi yang masih terlalu keras. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan Ignis 2017. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Fitur Suzuki Ignis Lebih Lengkap Dari S-Presso, Apa Benar?

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ignis 2017

Suzuki Ignis termasuk golongan City Car yang bergaya SUV. Mobil ini memiliki desain eksterior yang sporty dengan adanya bumper depan, dimana telah disematkan aksen silver dan guard diffuser silver sehingga terkesan sporty. Selain memiliki tampilan depan mobil yang sporty, Ignis 2017 juga memiliki beberapa kelebihan yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu untuk membeli mobil ini. Berikut ini kelebihan Suzuki Ignis 2017.

Kelebihan Suzuki Ignis 2017

Desain eksterior yang terlihat sporty dan stylish
Desain eksterior yang terlihat sporty dan stylish

Kelebihan pertama dari Ignis 2017, yakni memiliki design eksterior yang sporty dan stylish dengan gaya khas SUV. Hal ini bisa dilihat dari tampilan depannya yang telah ada clam shell bonnet dibalut dengan LED projector Headlamps with DRL khusus tipe GX. Sedangkan pada bagian bawah depan telah ada Fog Lamp dan bagian sisi atap mobil telah menggunakan roof rails (untuk tipe GX). Hal ini bertujuan agar kesan sportynya terlihat lebih menonjol, ditambah dengan velg mobil Alloy berukuran 15 inci.

Kelebihan kedua dari Ignis 2017, yaitu irit konsumsi bahan bakar. Sebab kapasitas mesin Ignis sebesar 1.2 liter, 4 silinder, 16 valve dan telah didukung dengan teknologi multipoint injection. Ignis juga tergolong sebagai mobil ramah lingkungan. Menurut sumber dari mobil123, tingkat efisien Ignis mencapai 17-18 per liter. Namun, hal ini tentu balik lagi ke gaya mengemudinya.

Kelebihan ketiga dari Ignis 2017, ground clearance lebih tinggi dari kompetitornya. Ignis 2017 mempunyai ground clearance yang tinggi sepanjang 180 mm. Sementara lawan rivalnya, yaitu Honda Brio RS hanya 165 mm. Ground clearance tinggi akan membuat air sulit untuk masuk ke dalam mobil khususnya mesin mobil. Selain itu, dengan ground clearance tinggi bisa memberikan rasa aman dan nyaman saat berkendara meski jalanan bergelombang sekalipun.

Kelebihan keempat dari Ignis 2017, fitur mobilnya tergolong lengkap. Meski memiliki harga yang lumayan cukup murah dari kompetitornya, mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang mendukung pengemudi dalam berkendara. Pada fitur keselamatan telah ada Dual SRS Airbag, sistem pengereman ABS+EBD, ISOFIX, bodi HEARTECH. Fitur kenyamanan, Power Outlet 12V/120W, Keyless Entry plus Start/Stop Engine Button, Auto Climate AC with Heater, Head Unit Touchscreen, Bluetooth Phone Connection (tergantung varian). Fitur hiburan ada head unit yang dapat dihubungkan pada support USB, bluetooth, dan radio.

Kekurangan Suzuki Ignis 2017

Performa transmisi AGS yang masih kurang
Performa transmisi AGS yang masih kurang

Selain memiliki kelebihan, City Car yang satu ini juga memiliki beberapa kekurangan yang bisa jadi bahan pertimbanganmu. Berikut ini beberapa kekurangan City Car 2017 yang bisa jadi bahan pertimbanganmu.

Kekurangan pertama Suzuki Ignis 2017, kapasitas mesinnya masih kecil sehingga kurang nendang performanya dibanding dengan kompetitornya. Kapasitas mesin Ignis masih berada di angka 1197 cc dengan tenaga yang dikeluarkan sebesar 83 ps dan torsi 113 Nm. Sedangkan kompetitor lainnya, seperti Brio. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 88 ps dan torsi 109 Nm.

Kekurangan kedua Suzuki Ignis 2017, suspensi mobil masih keras. Sebagai City Car, suspensi Ignis tergolong masih cukup keras. Sewaktu mobil menghantam lubang, bantingan bagian belakang Ignis masih terasa keras. Hal ini disebabkan karena ground clearance yang tinggi.

Kekurangan ketiga Suzuki Ignis 2017, performa transmisi AGS yang masih kurang. Ignis memiliki dua transmisi, manual dan Automatic Gear Shift (AGS). Namun, performa mesin untuk transmisi AGS masih terbilang kurang. Transmisi AGS masih memakai kopling kering mirip seperti transmisi manual. Hanya saja saat perpindahan gigi, pengemudi tidak perlu menginjak pedal kopling. Hal inilah yang menjadi kekurangan utama dari transmisi AGS di Suzuki Ignis.

Kesimpulan

Ignis masuk ke kategori City Car bergaya SUV. Mobil ini memiliki beberapa kelebihan, diantaranya harga mobilnya yang masih terbilang lebih murah dibandingkan kompetitornya diangka Rp 200 juta. Selain itu, desain eksteriornya terlihat sporty dan stylish, irit konsumsi bahan bakar, ground clearance tinggi, dan fitur mobil yang lengkap.

Selain memiliki kelebihan, Ignis juga memiliki beberapa kekurangan seperti, transmisi AGS terbilang cukup aneh, performa mobilnya masih kalah dibandingkan kompetitor, serta suspensi mobil yang masih terbilang keras.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan