Kenapa Mobil SUV Dibekali Ground Clearance Tinggi?

Kenapa Mobil SUV Dibekali Ground Clearance TInggi

Mobil SUV merupakan salah satu tipe mobil yang sangat populer di Tanah Air. Sebab mobil tipe ini terkenal karena ketangguhannya. Mobil SUV sangat cocok dan bisa digunakan untuk melewati berbagai medan area, seperti jalanan aspal dan berlumpur.

Tidak hanya itu saja, mobil ini juga telah dibekali mesin berkubikasi besar dengan torsi yang berlimpah. Sehingga sangat cocok untuk melewati jalanan menanjak, seperti ke daerah pegunungan. Selain itu, mobil tipe ini juga memiliki ground clearance tinggi. Sehingga saat melewati polisi tidur tidak mengalami masalah gasruk.

Berikut ini fungsi dari ground clearance pada mobil SUV yang wajib kamu tahu. Namun sebelum masuk ke topik pembahasan mengenai fungsi, HSR Wheel akan membahas terlebih dahulu pengertian ground clearance.

Pengertian Ground Clearance

Pengertian Ground Clearance
Pengertian Ground Clearance

Ground clearance merupakan jarak terendah dari suatu komponen mobil ke bagian permukaan jalanan atau tanah. Pada umumnya jarak terendah permukaan mobil adalah center muffler atau exhaust system. Komponen ini penting sekali untuk menjadi pertimbangan saat akan membeli sebuah mobil. Sebab akan mempengaruhi tingkat keamanan suatu mobil.

Mobil yang memiliki ground clearance tinggi akan memiliki tingkat keamanan yang tinggi terutama saat melewati permukaan jalan yang kasar. Untuk mengenal lebih jauh fungsi ground clearance. Simak artikel di bawah ini sampai habis yaa!

Baca Juga: Daftar 5 Mobil SUV Paling Irit dan Juga Tangguh

Fungsi Ground Clearance Pada Mobil SUV

Berikut ini fungsi ground clearance pada mobil tipe SUV

1. Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi Saat Melalui Permukaan Jalan Kasar

Mampu melewati permukaan jalan kasar
Mampu melewati permukaan jalan kasar

Mobil yang memiliki ground clearance tinggi akan terasa nyaman saat melewati polisi tidur atau permukaan jalan yang kasar. Karena tidak akan menimbulkan gusruk. Pada umumnya jarak antara permukaan jalan dengan titik terendah mobil sebesar satu sampai dua meter.

Namun, pada mobil yang telah dimodifikasi, jarak ground clearance sebesar 10 sampai 15 centimeter. Semakin rendah jarak ground clearance membuat mobil menjadi tidak fleksibel ketika melalui permukaan jalan yang kasar. Sehingga bisa merusak beberapa komponen mobil terutama yang terletak di atas kolong mobil.

2. Bisa Berpengaruh Terhadap Travel Suspensi Mobil

Ground Tinggi Akan Mempengaruhi Travel Suspensi
Ground Tinggi Akan Mempengaruhi Travel Suspensi

Travel suspensi memiliki beberapa fungsi, diantaranya menopang beban kendaraan dan menjaga kendaraan dari road shock. Agar gerakan roda mobil lebih optimal saat melalui permukaan jalan yang tidak teratur atau kasar. Sehingga semakin rendah ground clearance akan membuat fungsi travel suspensi mobil menjadi tidak optimal.

Padahal travel suspensi sangat memiliki peran penting untuk menjaga keseimbangan mobil. Sehingga saat  berbelok kamu akan merasakan bantingan yang berat. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan ground clearance saat membeli mobil.

3. Terhindar Air Masuk ke Dalam Mesin

Mobil Yang Memiliki Ground Clearance Tinggi Terhindar Dari Air Masuk ke dalam Mesin Mobil
Mobil Yang Memiliki Ground Clearance Tinggi Terhindar Dari Air Masuk ke dalam Mesin Mobil (Sumber: Mitsubishi)

Fungsi dari ground clearance yang terakhir adalah bisa menghindari air masuk ke dalam mesin mobil terutama saat melalui daerah yang memiliki genangan air tinggi. Air yang masuk ke dalam mesin terutama bagian filter udara, ruang pembakaran, maupun seluruh sistem pelumasan bisa mengakibatkan rusaknya seluruh komponen mesin. Peristiwa tersebut biasa disebut sebagai water hammer.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan jarak ground clearance saat memilih mobil. Sebab mobil yang memiliki area kolong lebih tinggi, akan membuat air sulit untuk masuk ke dalam mesin mobil dan mobil tidak akan mogok.

Nah itu dia, alasan kenapa mobil SUV dibekali ground clearance tinggi, karena mobil tipe ini didesain untuk melewati berbagai medan area. Sehingga perlu sekali untuk dibekali ground clearance tinggi. Kamu bisa menjadikan mobil tipe ini menjadi mobil pribadi kamu. Selain itu, mobil ini juga dapat menampung banyak orang. Sehingga bisa digunakan untuk berpergian dengan orang terdekat.

Baca Juga: Perbedaan Mobil RWD FWD dan AWD

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan