10 Merek Mobil Terbaik di Indonesia 2022. Mau Beli Yang Mana?

10 Merek Mobil Terbaik di Indonesia 2022

Merek mobil sering kali menjadi penentu bagi seseorang yang akan membeli satu unit mobil. Selain itu, merek mobil juga bisa menjadi penentu kualitas dan harga jual mobil. Sehingga tidak heran, apabila calon pembeli selalu mempertimbangkan merek mobil yang familiar.

Contohnya merek mobil Toyota, Daihatsu, maupun Suzuki. Jadi, tidak heran apabila mobil-mobil keluaran Toyota selalu mendapatkan 10 peringkat teratas sebagai mobil terlaris di Indonesia. Berikut ini 10 merek mobil terbaik dan terpopuler di Indonesia yang bisa jadi bahan pertimbanganmu saat akan membeli mobil bekas maupun baru. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya teman-teman Haiser!

10 Merek Mobil Terbaik di Indonesia

Mobil buatan Jepang memang selalu menjadi merek mobil terpopuler di Indonesia, seperti Toyota. Penjualan Toyota setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan dan berada pada posisi pertama mengalahkan merek mobil lainnya. Berikut ini 10 merek mobil yang menguasai pasar Tanah Air. Simak ulasan di bawah ini!

1. Toyota

Merek Mobil Toyota
Merek Mobil Toyota

Merek mobil ini sudah sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Hampir semua kalangan mengenal merek mobil ini. Perusahaan otomotif asal negeri sakura ini sudah menguasai pasar Tanah Air, seperti Alphard, Avanza, Agya, Rush, Calya, Yaris, dan lain sebagainya.

Alasan merek mobil ini menjadi mobil terpopuler di Tanah Air karena desain eksterior dan interior mobilnya yang terlihat sangat sporty dan elegan. Serta dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih sehingga mendukung perjalanan pengemudi.

Harga merek mobil Toyota juga cukup terjangkau untuk semua kalangan masyarakat Indonesia, contohnya harga mobil Avanza terbaru Rp 233,1 juta sedangkan untuk harga mobil bekasnya mulai dari Rp 100 juta. Sedangkan untuk kompetitornya dengan harga tersebut, belum tentu memiliki spesifikasi yang lebih unggul dari merek Toyota. Apabila mobil Toyota hendak di jual kembali, umumnya harga jual mobil tidak terlalu turun dratis.

Baca Juga: Toyota Calya Vs Sigra, Bagusan Yang Mana Nih?

2. Daihatsu

Merek Mobil Daihatsu
Merek Mobil Daihatsu

Merek mobil terpopuler kedua adalah Daihatsu. Mobil asal Jepang ini memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan merek mobil Toyota. Sehingga merek mobil ini selalu masuk ke dalam 10 besar sebagai mobil terlaris di Indonesia setiap bulannya.

Merek mobil ini terkenal sebagai mobil yang irit konsumsi bahan bakar, desain interior yang sangat elegan, serta memiliki performa mesin yang mumpuni.  Penjualan Daihatsu setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan meski pada masa pandemi sempat mengalami penurunan namun mampu bangkit kembali.

Daihatsu mampu meraih penjualan 177.282 unit dengan pangsa pasar 17,2 persen pada tahun 2021. Jenis mobil yang paling laris terjual adalah Xenia dan Sigra.  Contohnya Daihatsu Sigra yang mampu menampung 7 orang dan dilengkapi dengan mesin berteknologi DOHC VVT-i.

Tenaga yang dihasilkan sebesar 67 ps dan torsi 4.400 rpm. Sebab mobil ini tergolong sebagai mobil Low Cost Green Car (LCGC). Mobil LCGC merupakan mobil yang irit konsumsi bahan bakar. Harga mobil Daihatsu Sigra sekitar Rp 120 juta rupiah.

Baca Juga: Daihatsu Xenia 2022: Spesifikasi, Harga, dan Review

3. Honda

Merek Mobil Honda
Merek Mobil Honda

Merek mobil terkenal selanjutnya ada merek mobil Honda. Merek mobil ini sangat terkenal akan tampilannya yang sangat sporty. Sehingga sangat cocok digunakan untuk kalangan anak muda, seperti Honda HR-V dan Honda Brio.

Merek mobil yang satu ini mampu menguasai pasar sebesar 13,3 persen pangsa pasar mobil Tanah Air dan menjual wholesales 25.393 unit pada tahun 2021. Harga mobil Honda HR-V terbaru mulai dari Rp 300 jutaan. Honda terkenal akan desain eksterior dan interiornya yang super ganteng. Sehingga membuat orang tertarik untuk membelinya.

Baca Juga: Modifikasi Honda CRV Gen 3 Pakai Velg HSR, Agar Makin Racing!

4. Mitshubishi Motors

Merek Mobil Mitsubishi
Merek Mobil Mitsubishi

Merek mobil terbaik selanjutnya ditempati oleh Mitshubishi Motors. Merek mobil asal Jepang ini terkenal akan bodi yang tangguh dan kabin mobil yang luas, sehingga mampu memuat banyak penumpang. Mitsubishi Motors telah mengeluarkan mobil hybrid maupun konvensial dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang canggih. Sehingga akan mendukung perjalanan para pengemudinya.

Merek mobil ini terjual secara wholesales sebanyak  21.754 unit dan retail sales 21.384 unit. Selain itu, Mitshubishi Motors selalu masuk ke dalam 10 besar mobil terlaris setiap bulan. Pada bulan Febuari 2022, merek mobil Mitshubishi Motors masuk sebagai mobil terlaris ketiga.

Baca Juga: Keunggulan Mitsubishi Xpander Cross Yang Bisa Jadi Pertimbanganmu

5. Nissan

Merek Mobil Nissan
Merek Mobil Nissan

Merek mobil terbaik dan terpopuler selanjutnya adalah Nissan. Merek mobil asal Jepang ini memiliki desain interior dan eksterior yang terlihat mewah dan berkelas. Oleh karenanya, tak heran jika merek mobil ini menjadi merek terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia meski sudah tidak ada lagi pabrik produksinya di Tanah Air.

Jenis mobil yang paling laris di Indonesia adalah March, Grand Livina, Serena, dan X-Trail. Dengan tampilan luar dan dalamnya yang terlihat berkelas dan elegan. Ditambah dengan fitur-fitur mobil yang canggih. Membuat mobil ini nyaman untuk berergian jarak jauh.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan Grand Livina

6. Wuling

Merek Mobil Wuling
Merek Mobil Wuling

Merek mobil terlaris berikutnya adalah Wuling. Meski tergolong pemain baru namun merek mobil asal Tiongkok ini mampu merebut hati masyarakat Indonesia. Sebab merek mobil ini memiliki tampilan eksterior yang terlihat sangat mewah dengan adanya grill depan yang dipadukan dengan LED.

Sementara bagian interiornya telihat sangat berkelas dan telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih serta mesin mobil yang sangat mumpuni. Sehingga cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Harga mobil ini juga cukup ramah kantong, seperti mobil hybrid wuling air ev sekitar Rp 238 juta sampai Rp 298 juta.

Baca Juga: Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

7. Suzuki

Merek Mobil Suzuki
Merek Mobil Suzuki

Merek mobil terbaik berikutnya ada Suzuki. Merek mobil ini sudah lama ada di Indonesia dan selalu menjadi merek mobil kesayangan masyarakat. Suzuki juga menjadi salah satu pelopor kemajuan industri otomotif yang ada di Indonesia. Sebab hampir setiap tahunnya, Suzuki selalu mengeluarkan produk barunya yang inovatif.

Salah satunya merek Suzuki yang laris manis yaitu Suzuki Ertiga. Jenis mobil ini memiliki sentuhan eksterior yang terlihat sangat modern sehingga pada tampilan luarnya terlihat sangat menawan dan elegan. Tidak hanya itu saja, desain lampunya terlihat sangat tajam dan dilengkapi dengan mesin yang berkapasitas  1.500 cc dan teknologi rangka heartect. Sehingga membuat performa mesin menjadi lebih halus.

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki S Presso

8. Hyundai

Merek Mobil Hyundai
Merek Mobil Hyundai

Merek mobil terpopuler berikutnya berasal dari Korea Selatan, yakni Hyundai. Merek mobil yang satu ini selalu membawakan mobil-mobil yang terlihat sangat menawan dengan harga yang terjangkau. Pada acara GIIAS 2022, Hyundai mengeluarkan mobil terbarunya, yaitu Hyundai Ioniq 5.

Dengan hadirnya Ioniq 5 membuat dunia otomotif  Tanah Air menjadi semakin ramai dengan varian mobil listrik. Hyundai juga menampilkan mobil konvensional yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia, seperti Hyundai Stargazer, Hyundai Tucson, dan juga Hyundai Alcazar.

Baca Juga: Harga Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Berdasarkan Jenisnya

9. Mazda

Merek Mobil Mazda
Merek Mobil Mazda

Merek mobil ternama berikutnya adalah Mazda. Merek mobil asal Eropa ini mampu menarik perhatian masyarakat Tanah Air. Desain eksteriornya yang terlihat berkelas dan ganteng membuat mobil ini banyak diminati meski harganya sebanding dengan kualitasnya.

Mobil merek eropa memang memiliki harga yang mahal namun untuk kualiatas mobil tergolong sangat mumpuni. Sehingga tidak heran, merek mobil ini tetap diburu oleh masyarakat Indonesia. Pada tahun 2021 tercatat penjualannya sebanyak 4.884 unit dengan pangsa pasar 0,5 persen. Adapun tipe Mazda yang laris di pasar Tanah Air adalah All New Mazda dan All New CX-5.

Baca Juga: Mobil Jepang vs Eropa, Mana Yang Lebih Bagus?

10. Mercedes-Benz

Merek Mobil Mercendez Ben
Merek Mobil Mercendez Ben

Merek mobil yang terpopuler dan terbaik berikutnya, yaitu Mercedez-Benz. Merek mobil asal Jerman ini mampu merebut hati masyarakat Tnnah Air. Meski penjualannya tidak selaris Toyota dan Daihatsu namun mobil ini masuk kesepuluh besar mobil terpopuler di Indonesia.

Mobil ini memiliki tampilan eksterior dan interior yang berkelas dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Sehingga tidak salah jika harga jual mobil ini mahal. Pada bulan Januari sampai Juni 2022, mobil ini mampu terjual sebanyak 784 unit secara wholesales dan 833 unit secara retailsales.

Nah itu dia, 10 merek mobil terbaik dan terpopuler di Indonesia pada tahun 2022. Dengan begitu, kamu menjadi memiliki bayangan dan sumber referensi saat akan membeli mobil baru atau bekas. Pilihlah mobil yang memiliki kapasitas mesin mumpuni sehingga akan membuat perjalananmu menjadi lebih nyaman.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan