Berita Otomotif

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini merupakan mobil listrik termurah yang beredar di pasaran Indonesia untuk saat ini. Mobil listrik ini membenahi motor listrik 35 kW yang disalukan melalui transmisi Single Reduction Gear pada bagian roda belakang.

Baterai yang digunakan lithium ferro-phosphate (LFP) yang memiliki kapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range 300 kilometer.

Agar lebih mengenal mobil listrik Wuling Air ev, berikut ini spesifikasi dan harga yang harus kamu tahu sebelum membelinya. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya teman-teman HSR Wheel!

Baca Juga: Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Spesifikasi Wuling Air ev

Air ev merupakan mobil listrik pertama yang dibuat oleh Wuling sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Mobil listrik ini mengusung desain future-tech dengan tagline “Drive For A Green Life”.

Selain itu, Air ev juga telah menawarkan smart driven experience yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Sehingga membuat pengemudi merasa nyaman saat berkendara. Informasi lengkapnya, baca ulasan artikel di bawah ini sampai habis!

Eksterior Mobil

Eksterior Wuling Air ev

Air ev merupakan mobil listrik berdimensi compact yang mampu menampung 4 orang penumpang. Air ev memiliki dua varian, yaitu Standar dan Long Range. Keduanya sama-sama memiliki ukuran 2.974 x 1.505 x 1.631 mm.

Dari segi eksterior baik yang Standar maupun Long Range sama-sama memiliki desain eksterior yang bergaya future-tech ditunjukkan melalui iluminous Wuling Logo dan minimalis dual-tone color scheme. Sehingga tampilan luarnya terkesan sangat mewah.

Perbedaannya hanya terletak pada bagian lampu saja. Untuk varian Long Range telah memakai lampu LED pada bagian depan maupun belakang. Selain itu, telah dilengkapi lampu senja LED yang membentang sampai kaca spion.

Sedangkan Air ev varian Standar Range masih menggunakan lampu bohlam halogen. Pada bagian atas logo Wuling terlekat aksen krom yang berbentuk garis memanjang sebagai pengganti lampu senja. Kedua varian tersebut menggunakan velg alloy ring 12.

Interior Mobil

Interior Wuling Air ev

Pada bagian interior baik Wuling Air ev Standar maupun Long Range didesain sangat minimalis namun terkesan sangat mewah dan modern. Sebab telah disematkan Intelligent Tech Dashboard pada bagian depan yang memadukan antara panel dan kenop futuristik serta layar antarmuka luas.

Pada bagian dashboard ini, juga ada fitur Multifunction Steering Wheel dengan logo Wuling silver yang sudah dilengkapi tombol pengoperasian audio dan menu. Air ev juga telah menghadirkan sentuhan kecanggihan lewat Integrated Floating Wide Screen.

Terdapat fitur Rotary Gear Selector berfungsi untuk mengoperasi transmisi dengan knop putar futuristik dihiasi dengan chrome ring dan pola unik di sekelilingnya. Selain itu, pada bagian konsol tengah Air ev juga telah ada tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding.

Perbedaan bagian interior antara varian Standar dan Long Range terletak pada warna kabin mobil. Kabin Standar Range didominasi warna abu-abu. Joknya dibungkus dengan bahan kain dan ada meter cluster berukuran 7 inci.

Sementara kabin Long Range didominasi warna Carbon Black dengan soft-touch panel. Jok dan setir mobilnya dibalut dengan bahan kulit sintetis. Terdapat meter cluster berukuran lebih besar dari varian Standar Range 10,25 inci.

Fitur dan Mesin Mobil

Fitur Wuling Air Ev

Mobil listrik Air Ev menggunakan baterai lithium ion baik varian Standar dan Long Range. Kedua varian tersebut sama-sama menggunakan motor listrik berdaya 30 kW. Bedanya untuk varian Standar Range memiliki kapasitas 17,3 kWh dengan jarak mencapai 200 km. Sedangkan varian Long Range kapasitas baterainya 26,7 kWh yang bisa menempuh sampai 300 km.

Tidak hanya dari segi kapasitasnya saja yang beda, dari segi waktu pengisian baterai juga berbeda. Air ev varian Standar Range membutuhkan waktu 8.5 jam dengan menggunakan alat pengisi daya arus 2.0 kW. Sementara Long Range hanya membutuhkan waktu 4 jam untuk mencapai baterai full dengan menggunakan daya arus 6.6 kW.

Wuling Air ev telah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih baik itu varian Standar maupun Long Range. Air EV telah dilengkapi fitur konektivitas Wuling Indonesia Voice Command (WIND) dan Internet of Vehicle (IoV).

Khusus Long Range ada fitur tambahan, seperti Remote AC & Remote Car Search (untuk mencari mobil di parkiran), Online Navigation, Music and Messaging. Air ev telah dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan seperti Multifunction Steering Switch, power outlet 12V dan USB charging port 18V, AM/FM Radio, USB, dan Bluetooth.

Namun untuk varian Long Range terdapat tambahan fitur, yaitu electric mirror, Smart Start System and Keyless Entry, dan Head Unit Integrated Floating Wide Screen yang berukuran 10,25 inci.

Air ev juga telah dilengkapi berbagai fitur keselamatan dan keamanan, seperti fitur ABS & EBD, TPMS, ISOFIX, suara mesin artifisial untuk didengar pejalan kaki, Auto Door Lock, Immobilizer serta Anti-theft Alarm. Namun, khusus varian Long Range ada fitur tambahan berupa Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake with Auto Vehicle Hold, HHC.

Harga Wuling Air ev

Harga Wuling Air ev

Air ev merupakan mobil hybrid termurah untuk saat ini. Harga mobil listrik Air ev varian Standar Range Rp 238 juta. Sedangkan harga Air ev varian Long Range Rp 295 juta. Harga tersebut termasuk harga OTR untuk wilayah Jakarta. Sedangkan untuk daerah lain menyesuaikan dengan kebijakan wilayah tersebut.

Nah itu dia, spesifikasi Wuling Air ev varian Long dan Standar Range yang baru meluncur kemarin di GIIAS 2022. Untuk harga Wuling Air ev varian Long Range lebih mahal dari Standar Range. Sebab dari segi fitur dan mesin, varian Long Range lebih lengkap dari Standar Range.

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022