5 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki S Presso

kelebihan dan kekurangan Suzuki S Presso

Suzuki S-Presso merupakan mobil yang masuk dalam kategori city car. Mobil ini dijual saat pameran otomotif GIIAS 2022 dengan harga mulai dari Rp 150 juta. Desain eksteriornya terlihat sangat mungil. Sementara tampilan depannya terlihat sangat agresif dengan adanya grill depan yang berotot serta berbentuk kotak menggunakan desain bonnet.

Meski harganya tergolong lebih murah daripada city car yang lain. Namun Suzuki S-Presso telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih, seperti idling stop system yang berfungsi untuk mengontrol konsumsi bahan bakar sehingga akan lebih hemat konsumsinya.

Dari segi keamanan dan keselamatan, city car yang satu ini telah menggunakan beberapa fitur canggih, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), airbag ganda, sensor parkir, high-speed warning, dan lain-lain.

Apabila kamu tertarik untuk membelinya, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membelinya. Simak artikel berikut ini sampai habis ya Haiser!

Baca Juga: Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki S-Presso

1.  Desain Khas SUV

Kelebihan Suzuki S Presso yang pertama adalah dari segi desainnya. City car ini memiliki tampilan desain yang konsepnya seperti tipe mobil SUV. Hal ini terlihat dari desain grill dan bumpernya yang sangat tampan dan tangguh. Selain itu, Suzuki S-Presso juga telah dilengkapi dengan beberapa aksesori, seperti front skid plate dan rear skid plate, rear spoiler & high mount stop lamp, side & wheel arch cladding, dan rear combination lamp.

2. Irit BBM

Kelebihan Suzuki S Presso yang selanjutnya adalah telah dilengkapi dengan mesin yang memiliki kapasitas cukup. Mobil mungil ini juga telah dilengkapi dengan mesin K10B with DOHC 3 Cylinder 998 cc dengan transmisi manual 5 percepatan.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 68 PS/6.200 rpm dan torsi maksimal 90Nm pada 3500 putaran. Sehingga lebih irit bensin sampai 21,7km/l. Sebab Suzuki S Presso memiliki kapasitas mesin yang kecil dan bobot ringan sekitar 1.170 kilogram.

3. Ground Clearence Tinggi

Kelebihan selanjutnya dari Suzuki S Presso adalah ground clearence yang tinggi. Sehingga aman digunakan saat melewati jalanan yang tergenang air cukup tinggi dan membuat perjalanan menjadi tetap nyaman. Tingginya sebesar 180 mm.

Suzuki S Presso menggunakan velg two tone berukuran 14 inci yang dibalut ban dengan ukuran 165/70R14. Radius putarnya adalah 4,5 meter sehingga memudahkan S-Presso bermanuver di ruang yang sempit.

4. Harganya Aman di Kantong

Suzuki S Presso merupakan mobil termurah untuk segmen city car. Hal ini yang membuat mobil ini diminati oleh masyarakat Indonesia. Ditambah dengan desain eksteriornya yang terlihat sangat tangguh dan sporty menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan anak muda.

Meski harganya tergolong murah namun Suzuki S Presso memberikan beberapa fitur menarik yang akan memberikan kemudahan dalam berkendara.

5. Kabin Mobil Yang Luas

Suzuki S Presso memang memiliki tampilan luar yang sangat mungil. Namun mobil ini memiliki kabin yang cukup luas untuk segmen city car. Sehingga membuat penumpang merasa lega untuk beristirahat di dalam mobil. Kelebihan lainnya dari mobil mungil ini adalah pengemudi dapat mengatur posisi setir mobil dan tempat duduk secara manual sesuai dengan keinginanmu. Sehingga dapat memberikan kenyamanan saat berkendara.

Kekurangan Suzuki S Presso

1. Tidak Memiliki Wiper Bagian Belakang

Kekurangan yang pertama dari Suzuki S Presso yaitu tidak memiliki wiper bagian belakang. Sehingga membuat pengendara kesulitan melihat bagian belakang saat hujan deras. Sebab, wiper mobil berfungsi untuk menyeka air saat hujan, untuk mengoptimalkan visibilitas berkendara.

2. Pengaturan Spion Manual

Kekurangan Suzuki S Presso selanjutnya adalah terletak pada bagian pengaturan spionnya yang masih manual. Pengaturan spion Suzuki S-Presso dilakukan dengan menggunakan tuas yang menonjol ke dalam. Secara estetik tuas engkol ini juga tidak enak dilihat. Meski begitu, mobil mungil ini sudah lebih baik dibanding harus buka kaca dulu untuk mengatur spion.

Nah itu dia 5 kelebihan dan kekurangan dari Suzuki S Presso yang perlu kamu tahu sebelum kamu membelinya. Apabila kamu ingin membelinya hanya sekadar untuk bergaya mungkin Suzuki S Presso adalah pilihan yang tepat. Namun jika kamu membelinya untuk kendaraan sehari-hari, seperti untuk pergi ke kantor maka Suzuki S Presso bukan pilihan yang tepat.

3. Masih Menggunakan Transmisi AGS

Suzuki S Presso masih menggunakan transimisi AGS. Transmisi ini lebih dikenal dengan nama sistem transmisi Automated Manual Transmission (AMT). Berbeda dengan transmisi CVT dan AT, cara kerja transmisi AGS mengambil alih kerja pedal kopling kaki dengan kopling hidrolik yang dikerjakan ileh Transmission Control Module (TMC) bekerja sama dengan Electronic Contol Unit (ECU). Sehingga secara struktur masih sama dengan kinerja transmisi manual.

Saat mode otomatis AGS telah aktif, sistem akan memilih perpindahan gigi berdasarkan sensor pada putaran mesin. Kinerja sistem transmisi AGF dikhawatirkan akan menuai banyak masalah pada Suzuki S Presso, seperti sering terjadi hentakan, kurang mampu untuk menanjak, dan kabel sling yang sering putus. Sebab transmisi AGS menuai banyak masalah pada Suzuki Ignis.

Berbeda dengan kompetitornya, yaitu Honda Brio dan Toyota Agya yang telah menggunakan transmsi CVT sehingga lebih nyaman saat digunakan. Sebab  saat mengendarai mobil dengan transmisi CVT, pengemudi hanya perlu gas dan rem saja dengan perpindahan gigi yang sangat halus.

4. Hanya Ada 1 Lampu Mundur

Meski memiliki tampilan luar yang terlihat modern namun Suzuki S Presso hanya ada 1 lampu mundur. Lampu mundur berguna sebagai penerang saat ingin mengundurkan mobil pada tempat gelap. Sehingga bisa terhidar dari beberapa kecelakaan mobil, seperti menabrak pagar.

Selain itu, lampu mundur juga berguna sebagai penanda ke pengemudi lain dalam posisi searah saat ingin memundurkan kendaraan waktu parkir. Dengan adanya lampu mundur membuat pengemudi tanpa rasa takut ketika ingin memundurkan mobil.

5. Tidak Kedap Suara

Kabin mobil Suzuki S Presso tidak kedap suara. Sehingga membuat pengemudi merasa kurang nyaman saat berkendara. Sebab masih terdengar jelas suara-suara dari luar, seperti suara ban, angin, dan mesin yang menembus kabin. Hal ini tentu berbeda dengan kompetitornya, seperti Honda Brio dan Toyota Agya yang telah memiliki perendam suara pada kabin mobil. Sehingga lebih nyaman saat berkendara.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan