Modifikasi Mobil

Toyota Calya Vs Sigra, Bagusan Yang Mana Nih?

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya termasuk kategori mobil MPV LCGC. Keduanya memiliki tampilan luar yang terlihat hampir mirip. Sehingga banyak orang sulit membedakan diantara keduanya. Padahal keduanya memiliki beberapa perbedaan yang begitu menonjol. Contohnya dari segi eksterior, aksen chrome milik Daihatsu Sigra terlihat lebih dominan daripada Toyota Calya.

Sehingga desain grille atas dan bawah dari Daihatsu Sigra dibuat terpisah dengan palang yang menyatukan lampu kabut di kedua sisi. Selain itu, jika dilihat dari keseluruhan, fitur Toyota Calya lebih lengkap dari Daihatsu Sigra. Oleh karena itu, Toyota Calya memiliki harga jual yang lebih tinggi dari Daihatsu Sigra.

Bagi, kamu yang masih bingung ingin memilih Toyota Calya atau Daihatsu Sigra. Artikel kali ini cocok bagimu. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan mengulas mengenai perbedaan Toyota Calya Vs Sigra. Simak artikel di bawah ini sampai habis ya!

Baca Juga: Toyota Vios Vs Honda City 2022, Bagusan Mana?

Perbedaan Toyota Calya Vs Sigra

1. Eksterior

Sumber: HSR Wheel

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sama-sama telah menggunakan teknologi lampu LED pada lampu depan. Meski begitu, keduanya memiliki desain yang berbeda. Aksen chrome pada Daihatsu Sigra terlihat sangat dominan dibanding dengan Calya. Desain grille atas dan bawah dibuat terpisah dengan palang yang membuat lampu kabut di kedua sisi bersatu.

Rumah lampu kabut Toyota Calya terlihat lebih stylish dengan adanya bentuk segitiga yang memanjang secara vertikal. Sedangkan untuk Sigra rumah lampu kabutnya terlihat seperti biasa saja. Grill Daihatsu Sigra berbentuk seperti jam pasir yang terpisah pada bagian tengahnya. Sedangkan untuk Toyota Calya memiliki bentuk trapesium terbalik yang memenuhi bagian muka hingga bumper.

Jika dilihat pada bagian kaki-kaki mobil, keduanya telah mengadopsi gaya two-tone. Namun Toyota Calya telah menggunakan velg alloy dual tone 14 inci. Sementara Daihatsu Sigra masih menggunakan velg kaleng kecuali untuk tipe X ke atas.

2. Interior

Sumber: HSR Wheel

Apabila dilihat dari segi interiornya, Toyota Calya lebih unggul daripada Daihatsu Sigra. Meski keduanya sama-sama mempunyai head unit yang canggih dengan 2DIN Touchscreen. Namun dengan adanya fitur audio steering switch pada Toyota Calya membuat Toyota Calya lebih unggul dibanding dengan Daihatsu Sigra.

Tidak hanya itu saja dari segi desain, Toyota Calya tampil lebih elegan dengan adanya perpaduan antara warna hitam dan dark brown. Pada bagian dashboardnya juga tampil lebih menawan dengan adanya desain multilayer dan dari segi kenyamananpun Toyota Calya lebih nyaman. Karena telah dilengkapi dengan 7 headrest sementara Daihatsu Sigra hanya memiliki 6 headrest

3. Fitur Keselamatan

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sama-sama memiliki fitur keselamatan yang canggih, seperti fitur immobilizer, anti thef device, dual SRS airbag, crash sensor, seat belt di semua kursi dan anti lock-braking system (ABS). Hanya saja pada Toyota Calya terdapat beberapa fitur tambahan, seperti fitur audio steering switch yang memudahkan pengemudi mendengarkan musik tanpa perlu melepas tangan dari lingkar kemudi.

Fitur keselamatan Toyota Calya memang lebih unggul dari Daihatsu Sigra. Namun bukan berarti Daihatsu Sigra tidak memiliki kelebihan apapun. Salah satu kelebihannya adalah telah memiliki sensor parkir depan dan kamera parkir mudur. Fitur tersebut berguna untuk mencegah agar mobil tidak bertabrakan dengan kendaraan lain pada jalan sempit atau parkir.

4. Mesin

Daihatsu Sigra dan Toyota Calya untuk varian 1.2 L sama-sama menggunakan tipe mesin yang sama yaitu 3NR-VE DOHC Dual VVT-i. Ditambah keduanya memiliki 4 silinder sehingga tenaganya mencapai 88 PS saat 6000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm saat 4200 rpm. Sedangkan untuk transmisinya terdapat dua pilihan, yaitu manual 5 speed atau Automatic 4 speed.

Meski begitu, keduanya mempunyai perbedaan, diantaranya pada Daihatsu Sigra terdapat mesin 1KR-VE dengan teknologi VVT-i dan DOHC. Sehingga mesin lebih hemat energi karena menggunakan konfigurasi 3 silinder. Untuk tenaganya sendiri jauh lebih rendah, yaitu hanya 67 PS pada 6000 rpm dan torsi 89 NM pada 4400.

Untuk Harga Toyota Calya mulai dari Rp 145 juta sementara harga Daihatsu Sigra mulai dari Rp 120 juta. Jadi, tidak salah jika Toyota Calya lebih unggul dari segala aspek dibanding dengan Daihatsu Sigra. Nah itu, dia mengenai perbedaan Toyota Calya vs Sigra yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum membelinya.

Baca Juga: Harga Mobil Toyota 2022 Terbaru & Terlengkap

 

 

Dipublikasikan oleh
HSR Wheel

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022