Pahami Fungsi Silicon Oil pada Wiper Mobil

Fungsi Silicon Oil

Fungsi silicon oil pada mobil sangat berguna untuk menjadi pelumas pada bagian penting di dalam sistem kerja mobil. Namun tak hanya untuk mesin saja, namun ada juga pelumas yang berfungsi untuk merawat karet wiper mobil, pelumas tersebut disebut silicon oil. Lalu, apa fungsi dari silicon oil ini? Dan mengapa perlu digunakan secara berkala?

Untuk mengetahuinya, berikut bisa kamu simak ulasannya di bawah ini :

Fungsi Silicon Oil

Datangnya musim hujan memang kamu perlu lebih hati-hati lagi ketika berkendara. Jarak pandang yang lebih pendek membuat tantangan tersendiri untuk pengemudi. Namun untungnya kini setiap mobil sudah disediakan fitur bernama wiper. Dengan menggunakan wiper ini, maka air hujan yang terdapat di kaca mobil dapat tersapu dengan maksimal. Hal tersebut tentu saja akan membuat pandangan atau visibilitas pengemudi menjadi sangat cukup untuk berkendara di tengah hujan turun.

Kehadirannya yang sangat penting tersebut membuat kamu sebagai pemilik mobil perlu merawat wiper secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menjaga kondisi wiper tetap prima dan tidak mendapatkan masalah seperti bunyi decit dan juga karet getas.

Untungnya kini sudah ada silicon oil yang dapat berfungsi untuk merawat karet wiper mobil. Lalu, apa saja fungsi lain dari silicon oil ini? Berikut beberapa fungsinya, yaitu :

Mengurangi Gesekan

Fungsi silicon oil yang pertama adalah untuk mengurangi gesekan. Haiser pasti sudah tau bagaimana cara kerja wiper mobil yang terpasang, maka kamu pasti tahu juga bahwa selalu ada geseran setiap gerakannya. Memang karet wiper mampu menahan gesekan yang terus terjadi, namun dengan silicon oil ini maka gesekan yang terjadi tidak akan membuat rusak.

Dan apabila kamu juga mendengar suara decitan ketika wiper digunakan, hal tersebut dikarenakan peran silicon oil ketika melindungi seluruh sisi karet wiper mobil.

Berfungsi Untuk Melumasi

Banyak yang membiarkan karet wiper dalam kondisi yang lama dan tak terawatt. Padahal karet wiper ini dalam prosesnya memerlukan pelumasan yang baik juga. Oleh karena itu, silicon oil ini dapat memberikan pelumasan yang sangat baik, tahan lama, dan memiliki sifat jangka panjang.

Tidak Berbekas

Apabila penggunaan silicon oil terlalu banyak, maka kamu tak perlu khawatir akan meninggalkan bekas. Silicon oil ini sudah diproduksi sedemikian rupa sehingga akhirnya dapat membuat proses pemakaian lebih lancar. Cocok untuk bahan karet dan juga plastik, serta mudah dibersihkan. Jadi, tidak aka nada bekas silicon oil pada kaca mobil kamu.

Tahan Suhu Tinggi

Penggunaan silicon oil ini tidak selamanya dalam kondisi musim hujan saja. Kamu juga akan menggunakannya ketika kondisi cuaca sedang tidak hujan. Dan untungnya, silicon oil ini dapat bekerja dengan maksimal walaupun dalam kondisi suhu cuaca yang tinggi sekalipun.

Dan itu dia fungsi silicon oil yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa untuk memeriksakan kendaraan kamu secara rutin dan berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan