Perbedaan Mobil RWD FWD dan AWD

Perbedaan Mobil RWD FWD dan AWD

Perbedaan Mobil RWD FWD dan AWD – Perlu diketahui, ada beberapa jenis sistem penggerak pada sebuah mobil. Diantaranya ada sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive, FWD), Penggerak belakang (Rear Wheel Drive, RWD), dan Penggerak empat roda permanen (All Wheel Drive, AWD).

Masing-masing dari sistem penggerak tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta karakter pengendalian masing-masing. Perbedaan sistem penggerak pada mobil ini juga dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar dan juga performa.

Perbedaan Mobil RWD FWD dan AWD

Agar lebih memahami, berikut adalah perbedaan mobil RWD FWD dan AWD yang bisa kamu simak ulasan lengkapnya di bawah ini :

Rear Wheel Drive (RWD)

Sistem penggerak RWD adalah mobil yang menggunakan penggerak dua ban mobil di bagian belakang sebagai penggerak uramanya. Sistem ini dapat dikombinasikan dengan mesin depan mobil atau FR (Front Engine – Real Wheel Drive), mesin tengah atau MR (Mid Engine – Real Wheel Drive), dan juga mesin belakang atau RR (Rear Engine – Real Wheel Drive).

Setiap kombinasi mesin dan juga sistem penggerak tersebut dapat memberikan karakter pengendalian yang berbeda-beda. Contoh mobil dengan mesin depan dan juga sistem penggerak roda belakang (FR) di Indonesia sendiri bisa kamu temukan pada mobil Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan juga Wuling Confero.

Sistem penggerak RWD ini dapat memberikan traksi yag cukup baik ketika kendaraan dimasuki oleh beban yang cukup berat. Selain itu, posisi mesin yang berada di depan diyakini dapat melindungi pengemudi dan juga penumpang mobil ketika terjadi benturan dari arah depan.

Kelebihan lain dari konfigurasi ini ialah karakternya yang lebih harus dibandingkan dengan penggerak roda depan. Itulah sebabnya kombinasi ini dapat digunakan mobil-mobil mewah yang mengedepankan sisi kenyamanan penumpang di dalamnya.

Kelemahan dari RWD ini sendiri adalah soal efisiensi mesin yang sulit didapat. Apabila tenaga mesin tak maksimal alias pas-pasan, maka akan makin melemahkan performa mobil secara keseluruhan.

Front Wheel Dive (FWD)

Sistem penggerak roda FWD adalah penggerak dua roda yang menggunakan roda bagian depan sebagai penggerak utamanya. Sistem ini biasanya dipadukan dengan mesin depan yang posisinya melintang. Mobil mesin depan dan penggerak depan biasa disebut oleh banyak orang dengan kode FF alias Front Engine – Front Wheel Drive.

Hampir seluruh jenis mobil menggunakan sistem ini, mulai dari city car, hatchback, sedan, SUV dan juga MPV. Sebagai contoh mobil dari pengguna sistem ini adalah Honda Jazz, Suzuki Baleno, Mitsubishi Xpander, dan juga Nissan Livina.

Kombinasi ini dapat membuat mesin bekerja lebih efisien, hal tersebut dikarenakan minimnya tingkat gesekan yang terjadi karena komponen yang digunakan juga lebih sedikit. Kombinasi ini juga semakin efisien dengan peletakan mesin yang melintang karena garis sumbu putaran roda sudah sejajar dengan garis sumbu putaran mesin.

Hal tersebut berarti gigi akhir hanya berfungsi untuk gigi reduksi saja, bukan untuk mengubah arah garis sumbu seperti di penggerak belakang. Kekurangan dari kombinasi ini ada pada kekuatan as penggerak yang fungsi gandanya harus ditanggung oleh roda depan yaitu sebagai rda penggerak, sekaligus sebagai kemudi yang mengendalikan arah kendaraan.

Maka tak heran apabila karakter pengendalian mobil dengan menggunakan penggerak jenis ini pun menjadi berbera. Gejala understeer menjadi ciri khas mobil dengan penggerak depan. Hal tersebut dikarenakan bobot kendaraan yang cenderung terpusat pada bagian depan.

All Wheel Drive (AWD)

Sistem penggerak roda AWD adalah penggerak semua roda mobil dan tidak bisa dirubah menjadi 2WD atau 4H dan 4L. Kelebihan AWD ini sendiri adalah traksi yang maksimal karena keempat roda mendapat tenaga dari mesin. Dan apabila salah satu roda selip, maka tenaga akan dipindahkan ke roda lain agar mobil tetap stabil ketika berjalan.

Penyaluran tenaga pada sistem penggerak AWD ini diatur oleh differential tengan (Center Differential) dan juga komputer tergantung dengan kondisi yang sedang dihadapi. Kehadiran sistem AWD ini mampu memberikan stabilitas berkendara yang sangat baik di berbagai medan jalan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan