Apa Penyebab Gas Mobil Ngempos Tidak Bertenaga?

pedal gas mobil

Gas mobil ngempos atau tidak bertenaga memang sering terjadi pada beberapa pemilik kendaraan mobil. Keadaan ini memang sangat menyulitkan bagi pengemudi. Terutama saat sedang berada pada jalur cepat yang mengharuskan setiap mobil nemiliki kecepatan tinggi. Selain itu, gas mobil yang ngempos sudah pasti sangat beresiko dan dapat membahayakan keselamatan kamu dalam berkendara. Untuk mengantisipasinya, penting untuk kamu mengetahui penyebab gas mobil ngempos atau tidak bertenaga. Berikut penyebab gas mobil kamu ngempos. Yuk simak artikel di bawah ini!

Baca Artikel Menarik Lainnya: 5 Penyebab Mobil Tidak Kuat Nanjak

gas mobil tidak bertenaga
Sumber: HSR Wheel

4 Penyebab Gas Mobil Tidak Bertenaga atau Ngempos

Gas mobil yang sering ngempos di jalan bisa membahayakan nyawa berkendara. Oleh karena itu, penting untuk kamu agar bisa mengenali penyebab gas mobil ngempos. Yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui penyebab gas mobil kamu ngempos!

1. Electric Injector

Electric injector yang bermasalah menjadi salah satu penyebab gas mobil menjadi ngempos. Salah satu penyebab injector rusak adalah karena kendaraamu menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan oktan dan jarang melakukan service. 

Electric Injector yang rusak bisa membuat gas mobilmu menjadi tidak bertenaga. Sebab, fungsi electric injector sendiri untuk mengalirkan pasokan bahan bakar ke dalam mesin mobil. Sehingga jika electric injector mengalami kerusakan, aliran bahan bakar menjadi tidak sempurna dan kurang pasokan. Jika katupnya macet, otomatis tidak ada bahan bakar yang dialirkan ke dapur pacu, hal inilah yang membuat mobil kamu terasa tidak bertenaga saat injak pedal gas.

2. Busi Kotor

Gas mobil ngempos disebabkan oleh busi yang kotor. Sebab, busi termasuk ke dalam sistem pembakaran. Jika busi kurang bersih akan menyebabkan performa pembakaran pada mobil kamu.

Biasanya, busi kotor disebabkan oleh kerak-kerak yang timbul akibat tidak dibersihkan secara rutin, sehingga membuat sistem pembakaran mobil kamu tidak maksimal, ignition coil yang melemah, jenis busi yang kamu gunakan untuk mobilmu tidak sesuai dengan spesifikasi mobil, bahan bakar kendaraan yang kamu gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi, dan terdapat kebocoran oli pada salah satu anggota seal klep. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu melakukan service mobilmu setiap 6 bulan sekali agar busi mobilmu tetap bersih.

3. Overheat

Overheat bisa menjadi salah satu penyebab mobil mengalami gas mobil ngempos. Overheat bisa disebabkan oleh radiator yang mengalami kerusakan, lalu berpengaruh pada sistem pendinginan. Saat mesin bekerja, tentu saja mobil jadi panas dan memuai. Proses pemuaian ini yang membuat logam-logam bergesekan dan membuat mobil lebih berat karena memakan banyak tenaga mesin. Jika tenaga mobil cepat habis, gas mobil akan menjadi ngempos.

4. Filter Udara Kurang Bersih

Mobil yang memiliki filter udara kurang bersih akan membuat gas mobil ngempos. Salah satu fungsi filter yaitu menyaring debu. Jika debu dibiarkan terus menerus maka akan membuat filter udara mobilmu tersumbat. 

Jika filter udara mobil kamu tersumbat oleh kotoran maka bisa mempengaruhi performa mobil secara langsung. Hal ini terjadi karena filter udara yang kotor akan membuat mesin mobil sangat membutuhkan pasokan oksigen dari udara dalam proses pembakarannya. Apalabila filter bermasalah, maka oksigen yang diserap menjadi lebih sedikit akibat filter tersumbat. Sebab, oksigen yang disuplai sangat berpengaruh pada ruang pembakaran yang berdampak pada gas mobil kamu.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Cara Ganti Filter Kabin Mobil Dengan Mudah

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan