Kategori: Tips Otomotif

Mengenal Lebih Dalam Filter Udara Mobil

Filter udara pada mobil menjadi salah satu komponen yang sangat penting untuk diperhatikan. Filter udara yang bersih tentunya akan memberikan pengaruh terhadap performa dari mobil tersebut. Namun, jika kondisi udara kotor maka hal ini lah yang dapat menyebabkan mesin mobil panas.

Cara Membersihkan Filter Udara Pada Mobil

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan filter udara pada mobil sesuai dengan jenis bahannya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Filter Udara Berbahan Karton atau Kertas

Jenis filter ini bisa kamu bersihkan dengan cara menyemprotkan udara bertekanan tinggi menggunakan kompresor. Pada jenis filter ini, jangan sampai kamu membersihkannya dengan menggunakan air karena dapat menyebabkan kerusakan.

Filter Udara Berbahan Spon

Kamu hanya perlu menggunakan campuran air dan deterjen untuk merendam filter udara berbahan spon ini. Setelah dicuci, jangan diperas terlalu keras karena bahan spon yang rentan sobek.

Filter Udara Berbahan Kain

Pada filter udara jenis ini, dapat dibersihkan dengan cara dicuci dengan menggunakan sabun cuci dan air. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan larutan oli khusus untuk cleaner dan degreaser. Setelah itu, semprot dengan udara bertekanan dari komposer agar filter semakin bersih.

Apa Tanda Apabila Filter Udara Perlu Diganti?

Pada dasarnya, kamu disarankan untuk ganti filter udara mobil setiap 20.000 – 25.000 kilometer. Jika sudah kotor, maka kamu harus langsung menggantinya karena udara tentu tidak akan bisa masuk ke dalam mobil. Ada beberapa tanda-tanda yang perlu diperhatikan.

Perubahan Penampilan Filter Udara

Filter udara baru akan berwarna putih bersih dan jika filter tersebut mengalami kerusakan maka warnanya akan berubah menjadi gelap. Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan pada siang hari untuk melihat dengan jelas perubahan warna tersebut.

Proses Pengapian Bermasalah

Apabila kinerja filter udara menurun maka akan memungkinkan udara kotor masuk ke dalam mesin yang dapat mengarah ke kerusakan busi. Hal ini tentunya akan membuat pengapiannya menjadi terganggu dan membuat kamu kesulitan dalam menghidupkan mesin mobil.

Pengurangan Efisiensi Bahan Bakar

Filter udara yang terkontaminasi oleh kotoran dapat menyebabkan masalah penyumbatan yang tentunya akan membatasi aliran udara menuju ke intake sehingga kendaraan tidak bisa mendapatkan rasio udara yang maksimal. Agar efisiensi bahan bakar tetap maksimal maka kamu perlu membersihkannya secara teratur dan menggantinya jika diperlukan. Untuk kisaran harga filter udara mobil biasanya tergantung dari jenis mobil yang kamu gunakan.

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022