Tips Pakai Mobil Manual Saat di Tanjakan Bagi Pemula

mobil menanjak

Menggunakan mobil manual saat di tanjakan menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi pengemudi mobil, apalagi jika baru belajar mengendarai mobil dan harus menghadapi jalanan menanjak. Pasalnya, ada banyak kejadian yang terjadi di jalanan menanjak. Entah itu mundur tiba-tiba ataupun harus berhenti di tengah-tengah dalam keadaan macet. Jika salah saja, bisa membayakan pengemudi dan pengendara mobil lainnya.

Mengendarai mobil manual di jalanan menanjak dan rata punya teknik yang berbeda-beda. Misalnya saja saat di jalanan rata, tidak perlu banyak menggunakan kopling, gas, dan juga rem. Berbeda saat di tanjakan, harus disesuaikan terlebih dahulu dengan ketinggian jalannya. Kalau tidak, mobil bisa turun kembali. Untuk mengantisipasinya, berikut di bawah ini beberapa tips mengemudi mobl manual saat di jalan tanjakan.

Pastikan Tingkat Kemiringan Tanjakan

Saat akan menanjak, pastikan kamu sudah mengetahui tingkat kemiringan jalannnya. Hal ini digunakan untuk memilih perseneling gigi agar mobil tidak mundur lagi. Sebab semakin tinggi jalanan menanjak, gigi yang digunakan semakin rendah pula. Misalnya jika tanjakan tidak terlalu tinggi, kamu bisa menggunakan gigi perseneling 2 atau 3. Sedangkan untuk tanjakan yang cukup tinggi maka gunakan perseneling gigi 1 agar mobil tidak turun lagi.

Jaga Jarak

Ketika mobil akan menanjak, sangat penting untuk menjaga jarak. Jarak antar kendaraan depan harus dijaga dengan jarak yang tidak terlalu dekat ataupun jauh. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan jika mobil di depan terjadi sesuatu. Misalnya saja jika mobil depan saat akan melaju harus mundur terlebih dahulu, maka mobil kamu akan aman dari benturan.

Teknik Buka Tutup Gas

Saat mobil berada di tanjakan tapi tidak sedang berhenti lama gunakan teknik buka tutup gas atau pengereman kaki. Teknik ini menggunakan kombinasi pedal gas dan kopling saat kondisi jalan tidak terlalu macet. Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati melakukan ini karena jika lengah sedikit mobil akan mundur dan membentur kendaraan di belakang.  

Gunakan Handbrake Saat Macet

Saat mobil berhenti dalam keadaan macet di tanjakan, gunakan teknik mengerem tangan. Menggunakan rem kaki dengan setengah kopling hanya akan membuat kaki menjadi lelah karena terlalu lama menekan rem, apalagi jika tanjakan cukup curam dan butuh waktu lama untuk naik ke atas tanjakan. Jika perlu, kamu bisa menggunakan metode pengereman, yaitu menggunakan rem tangan, lalu rem kaki dan memakai setengah kopling agar semakin aman.

Itu dia tips-tips yang bisa kamu gunakan saat mengendarai mobil manual di jalan tanjakan. Menggunakan mobil manual memang dibutukhkan banyak latihan agar tidak panik saat mengendarainya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan