5 Penyebab Mobil Tidak Kuat Nanjak

Mobil Tidak Kuat Nanjak

Mobil Tidak Kuat Nanjak – Pada saat berkendara dengan mobil kesayangan di tanjakan, pernahkah kamu merasakan mesin seperti kehilangan tenaga untuk menanjak? Apabila kamu pernah merasakannya, berarti kamu perlu membaca artikel ini sampai selesai. Semua pengemudi pasti sudah mengetahui bahwa mesin dan komponen mobil harus bekerja secara ekstra pada saat mobil menaiki tanjakan.

Ketika menanjak, mobil perlu memiliki tenaga dan kecepatan yang cukup untuk bisa melewati tanjakan. Ketika kondisi mobil sedang prima, maka hal ini tentu tidak akan jadi masalah. Namun apabila mobil dalam kondisi yang tidak prima, maka untuk menanjak pun mesin akan kehilangan tenaga. Terutama masalah yang terjadi bersumber pada komponen mobil, hal ini akan membuat mesin menjadi berat untuk mendorong mobil menanjak.

Penyebab Mobil Tidak Kuat Nanjak

Untuk penyebab mobil tidak kuat nanjak sendiri bisa disebabkan banyak hal, untuk mengetahui ulasan lengkap mengenai penyebabnya, silakan simak di bawah ini :

1. Filter Bahan Bakar Bermasalah

Mesin mobil tidak akan bekerja dengan optimal tanpa adanya bensin yang mengalir setiap saat. Apabila filter bensin mobil mengalami kerusakan dan tidak bisa mencegah kotoran untuk masuk, maka hal tersebut dapat membahayakan kinerja mesin mobil itu sendiri.

Filter bahan bakar biasanya memiliki waktu penggantian yang harus dilakukan secara tepat waktu. Apabila filter bahan bakar tidak diganti dalam waktu yang cukup lama, maka kotoran yang mengendap dari tangki bensin akan menumpuk dan menyumbat filter. Dan hal tersebut tentu akan membatasi aliran bahan bakar ke mobil.

2. Filter Knalpot Tersumbat

Knalpot dan juga catalytic converter memiliki fungsi untuk menyaring emisi gas buang dan juga menyaring suara. Apabila salah satu filter ini mengalami masalah atau tersumbat, maka tenaga dan juga kemampuan mesin untuk akselerasi juga akan terhambat. Kamu juga mungkin akan merasakan mengemudi dengan lambat di jalanan datar. Dan pada saat menanjak, tenaga mesin bisa saja langsung tekor apabila permasalahan ini tidak segera diatasi.

3. Filter Udara Tersumbat

Selain membutuhkan bahan bakar yang bersih, mesin mobil juga membutuhkan udara yang bersih untuk proses pencampuran agar mesin memiliki tenaga yang dibutuhkan. Apabila filter udara tersumbat, maka kotoran yang tidak tersaring akan merusak mesin mobil. Tanpa adanya filter yang baik juga akan membuat mesin tidak kuat untuk menanjak di tanjakan.

4. Injektor Bahan Bakar Bermasalah

Injektor bahan bakar ini biasanya memiliki usia pakai yang cukup lama. Namun bisa saja komponen ini mengalami masalah seperti tersumbat dikarenakan usia pakai dan bahan bakar yang buruk. Atau bisa jadi karena filter bahan bakar gagal untuk mengambil semua endapan yang berasal dari tangki bensin.

Apabila komponen injektor tersumbat, maka bisa dipastikan pola semprotan dan juga kemampuan injektor untuk menyemprot bahan bakar akan terpengaruh. Bahkan pada saat kinerjanya terhenti, tidak akan ada bahan bakar yang bisa mencapai ruang bakar sehingga tidak ada daya yang dihasilkan pada proses pembakaran tersebut.

5. Busi Mobil Tidak Bagus

Seiring dengan bertambahnya masa pakai busi mobil, kamu akan menemukan yang namanya masalah seperti busi aus. Apabila celah aus terbuka lebar, maka percikan api tidak selalu bisa melewati celah tersebut. Tidak adanya percikan ini tentu saja tidak akan tercipta pembakaran di dalam silinder. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya misfire.

Proses tersebut adalah siklus pembakaran yang sia-sia di mana tidak adanya daya yang dihasilkan sehingga mesin tidak memiliki tenaga yang cukup untuk bekerja secara optimal.

Dan itu dia 5 penyebab mobil tidak kuat nanjak yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik kendaraan. Apabila salah satu penyebab di atas terjadi, maka ada baiknya segera bawa mobil kesayangan ke bengkel terdekat untuk ditangani permasalah tersebut segera. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan