Fitur Suzuki Ignis Lebih Lengkap Dari S-Presso, Apa Benar?

Fitur Suzuki Ignis Lebih Lengkap Dari S-Presso, Apa Benar

Suzuki S-Presso maupun Ignis sama-sama City Car bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) yang dikeluarkan oleh perusahaan Suzuki. Meski begitu, keduanya memiliki beberapa perbedaan. Mulai dari bagian eksterior, interior, fitur keselamatan dan keamanan, maupun performa mesin.

Secara keseluruhan Ignis memang lebih unggul dari S-Presso. Mulai dari tampilan eksterior sampai ke performa mesin mobil. Namun, harga S-Presso lebih murah ketimbang Ignis. Harga varian S-Presso terendah, dipatok sebesar Rp 155 juta. Sedangkan harga varian terendah Ignis bernilai Rp 207,2 juta. Tidak heran jika S-Presso banyak diburu oleh konsumen daripada Ignis.

Meski begitu menurut Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donnel, Kehadiran S-Presso tidak akan merebut konsumen Ignis. Karena segmentasi pasar diantara kedua mobil tentunya berbeda. Sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Berikut informasi detailnya mengenai perbandingan Suzuki S-Presso vs Ignis bisa simak artikel di bawah ini ya sobat HSR Wheel!

Baca Juga: 5 Kelebihan dan Kekurangan Suzuki S Presso

Perbandingan Suzuki S-Presso Vs Ignis Mulai Dari Eksterior Hingga Performa Mesin

Suzuki S-Presso dikeluarkan saat event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil ini terbilang cukup unik karena S-Presso diposisikan sebagai City Car bergaya SUV. Namun harga dan spesifikasi mobilnya mirip dengan mobil-mobil di segmen Low Cost Green Car (LCGC).

Sebelumnya, perusahaan Suzuki juga telah mengeluarkan Suzuki Ignis pada tahun 2017 pada segmen City Car bergaya SUV dan menerima facelite tahun 2020. Dengan ada dua produk di kategori City Car, mobil mana yang lebih unggul? Apakah Ignis atau S-Presso. Berikut ini perbedaan Suzuki S-Press vs Ignis!

Segi Eksterior

Eksterior S-Presso
Eksterior S-Presso

Jika dilihat dari segi eksterior, Suzuki Ignis lebih gagah dan proposional  dari S-Presso. Hal ini bisa dilihat dari ukuran dimensi bodi kedua mobil tersebut. S-Presso memiliki panjang 3.565 mm, lebar 1.520 mm, tinggi 1.567 mm, dan jarak sumbu roda 2.380 mm.

Sedangkan bodi mobil Ignis lebih proposional dari S-Presso. Panjang mobil Ignis mencapai 3.700 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.595 mm, dengan jarak sumbu roda 2.435 mm. Pada bagian kaki-kaki mobil, Suzuki Ignis telah menggunakan velg 15 inch Alloy. Sementara S-Presso masih menggunakan velg 14 inch Steel.

Eksterior Ignis 2017
Eksterior Ignis 2017

Secara fitur, Ignis lebih lengkap karena versi GX lampu depan telah menggunakan projector LED dengan DRL, lampu kabut, dan sudah dilengkapi dengan sistem penguncian pintu keyless entry. Sementara fitur S-Presso masih sederhana. Lampu depan masih menggunakan bohlam biasa, belum dilengkapi DRL ataupun lampu kabut dan penguncian pintu masih memakai alarm biasa.

Interior Mobil

Fitur Suzuki S-Presso
Fitur Suzuki S-Presso

S-Presso maupun Ignis sama-sama memiliki bentuk desain funky layaknya mobil SUV perkotaan. Meski begitu, tampilan interior S-Presso dibuat lebih menarik dengan adanya aksen-aksen garis tiga warna di berbagai tempat. Selain itu, speedometer sudah digital, pengaturan AC mobil dan head unit multifungsi juga telah lengkap.

Hanya saja, S-Presso masih belum memiliki power window, spion mobil masih manual, tidak ada tachometer, sandaran kursi belakang dan depan tidak bisa diubah sesuai keinginan penumpang.

Interior Suzuki Ignis 2017
Interior Suzuki Ignis 2017

Sedangkan fitur Ignis lebih lengkap dari S-Presso. Karena sudah terpasang head unit, speedometer digital, MID, audio steering switch dengan adanya tombol bluetooth, pengaturan AC mobil sudah digital, dan bisa mengatur headrest kursi sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Performa Mesin & Harga

Mesin Mobil Suzuki S-Presso
Mesin Mobil Suzuki S-Presso

Dari segi performa, Ignis lebih unggul dari S-Presso. Karena kapasitas S-Presso sebesar 998 cc K10B engine with DOHC. Dengan tenaga maksimal yang dihasilkan sebesar 68 PS dan torsi 90 NM. Sedangkan untuk Ignis, kapasitas mesinnya sebesar 1.197 cc K12C naturally aspirated. Tenaga yang dikeluarkan sebesar 82 PS dan torsi 113 NM.

Baik S-Presso maupun Ignis sama-sama menggunakan penggerak roda depan (FWD). Transmisi mobilnya menggunakan manual 5 percepatan atau Auto Gear Shift (GS) dengan jumlah gigi yang sama. Kapasitas tangki S-Presso sebesar 27 dengan 3 jumlah silinder. Sementara Ignis memiliki kapasitas tangki sebesar 32 dengan 4 silinder. Keduanya juga sama-sama menggunakan bahan bakar bensin.

Mesin Mobil Suzuki Ignis
Mesin Mobil Suzuki Ignis

Sehingga apabila dicoba, otomatis performa Ignis akan lebih mumpuni dibanding S-Presso. Namun, dari segi harga, S-Presso lebih murah dibanding Ignis. Varian terendah dari S-Presso MT dibanderol dengan harga Rp 155 juta atau Rp 164 juta untuk varian AGS. Sedangkan harga varian terendah dari Ignis GX MT mencapai Rp 207, 2 juta dan varian tertingginya seharga 217,5 juta tipe GX AGS.

Fitur Keselamatan & Keamanan

Fitur Keselamatan Suzuki Ignis
Fitur Keselamatan Suzuki Ignis

Dilihat dari fitur keselamatan dan keamanan, Ignis dan S-Presso sama-sama masih sederhana. Baik Ignis maupun S-Presso telah menggunakan pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), sensor parkir belakang, Platform Heartect, dan sepasang airbags di bagian dashboard mobil.

Khusus untuk Ignis, sudah dilengkapi dengan kamera mundur sehingga berguna saat parkir mobil. Namun, baik Ignis maupun S-Presso belum memiliki fitur keselamatan standar, seperti Vehicle Stability Contol (VSC), dan Hill Start Assit.

Apakah kehadiran Suzuki S-Presso bisa mematikan daya beli Ignis?

Kehadiran Suzuki S-Presso saat event GIIAS 2022 cukup menarik perhatian pengunjung yang datang. Mobil ini mampu terjual melebihi target penjualannya. Sehingga membuat banyak orang berasumsi jika kehadiran S-Presso akan merebut konsumen Ignis.

Namun, menurut 4W Marketing Director PT. SIS, Donny Saputra mengatakan bahwa kehadiran S-Presso tidak akan mematikan daya beli Ignis meski sama-sama City Car bergaya SUV. Sebab konsumen Suzuki dan Ignis berbeda. Konsumen Suzuki Spresso berada diumur 25 hingga 30 tahun. Sedangkan konsumen Ignis berada di umur 30 sampai 35 tahun.

Kesimpulan

Berdasarkan artikel di atas, dapat disimpulkan Suzuki Ignis lebih unggul secara keseluruhan dibanding Suzuki S-Presso. Namun, apabila dilihat dari harga, Suzuki S-Presso lebih murah dibanding Ignis. Hal ini lah yang membuat penjualan S-Presso melebihi Ignis baik secara ecer maupun wholesales.

Meski dari segi fitur mobil, Ignis lebih lengkap dari S-Presso. Hal ini disebabkan karena Ignis telah dilengkapi dengan head unit, speedometer digital, MID, audio steering switch dengan ada tombol bluetooth, pengaturan AC mobil sudah digital, dan bisa mengatur headrest kursi sesuai dengan kebutuhannya penumpang.

Sedang S-Presso belum ada fitur power window, spion mobil masih manual, tidak ada tachometer, dan kursi mobil yang tidak bisa diubah-ubah pengaturannya. Sehingga apabila kamu menginginkan mobil yang murah harganya dan hanya digunakan untuk pergi ke sekolah, S-Presso solusinya. Namun, jika kamu menginginkan mobil yang memiliki fitur lengkap dan performa mesin mumpuni, Ignis solusinya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan