Cara Merawat Mobil di Saat PPKM Darurat

Cara Merawat Mobil

Cara Merawat Mobil – Pada 3-20 Juli 2021 daerah se-Jawa-Bali mulai dilakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Hal ini dilakukan guna menekan penyebaran virus Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat jumlah kasusnya.

Cara Merawat Mobil di Saat PPKM Darurat

Selama PPKM ini kamu sebagai pemilik mobil bisa memanfaatkan waktu untuk merawat mobil kesayangan. Untuk menghindara permasalahan yang akan timbul, simak cara merawat mobil di masa PPKM ini.

1. Perhatikan Lokasi Parkir

Ada baiknya hindari mobil diparkir di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Hal ini bisa menyebabkan cat mobil menjadi kotor, kusam, hingga memudar. Jika pun terpaksa harus parkir di tempat terbuka dalam waktu yang lama, ada baiknya gunakan car cover.

2. Cuci Mobil

Walaupun mobil ditinggal di dalam rumah, ada baiknya mobil tetap dibersihkan dengan dicuci. Hal ini karena mobil bisa saja terkena kotoran atau debu yang bisa menyebabkan mobil menjadi tergores. Cuci lah mobil dengan menggunakan cairan khusus agar mobil menjadi bersih secara sempurna.

3. Keluarkan Barang Pribadi dari Dalam Mobil

Keluarkan barang pribadi dari dalam mobil untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan seperti kemalingan atau kebakaran. Biasanya barang seperti kartu e-tol, kacamati, pemantik api, sepatu, power bank, dll ada di dalam kabin mobil.

4. Tambah Tekanan Angin Ban

Selanjutnya ada baiknya pemilik kendaraan mengisi tekanan angin seluruh ban sedikit lebih tinggi dari standar yang dianjurkan. Setidaknya isi tekanan angin hingga 5 PSI ketika mobil tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena ketika ban mobil diam, perlahan tekanan angin akan berkurang dan lama kelamaan akan kempis.

5. Isi Full Tangki Bensin

Ketika mobil tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama, maka sebaiknya isi full tangki bensin. Hal ini dilakukan untuk menghindari oksidasi yang bisa menimbulkan karat di dalam tangkI.

6. Panaskan Mobil dan Berkendara Sebentar

Mesin mobil wajib dipanaskan setidaknya seminggu dua kali selama kurang lebih 10 menit. Ini dilakukan guna mengisi arus aki dan oli mesin bisa bersikulasi. Alangkah baiknya mobil dibawa keliling lingkungan rumah agar ban mobil berputar dan terhindar dari kerusakan ban yang bertumpu di satu titik.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan