Kompresor AC Mobil Berisik? Simak 5 Penyebabnya

Kompresor AC Mobil Berisik

Kompresor AC mobil berisik adalah salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh pemilik mobil yang memiliki usia lebih dari lima tahun. Bunyi berisik ini akan hilang apabila AC dimatikan lalu kompresor berhenti untuk bekerja. Penyebab dari timbulnya bunyi berisik ini bisa jadi dari kurangnya oli ataupun piston yang mulai aus.

Penyebab Kompresor AC Mobil Berisik

Namun, untuk mengetahui lebih jelas terkait penyebabnya, maka perlu melalui pengecekan dan pemeriksaan komponen satu per satu. Untuk itu, berikut adalah penyebab kompresor AC mobil berisik dan cara mengatasinya.

1. Komponen AC Terpasang Tidak Benar

Komponen mesin AC sebenarnya bisa saja dipasang sendiri, namun, pemasangan yang dilakukan sendiri biasanya menimbulkan ketidakpresisian saat memasangnya. Hal ini lah yang menimbulkan kompresor AC mobil menjadi berisik karena adanya bagian yang tidak terpasang dengan benar atau longgar. Bagian longgar ini kemudian membuat AC mobil menjadi berketar dan menimbulkan suara yang berisik. Maka dari itu, disarankan apabila ingin memasang komponen AC, lakukan di bengkel kepercayaan kamu untuk meminimalisir hal ini terjadi.

2. Adanya Gesekan Pada Mesin AC

Bunyi berisik pada kompresor bisa jadi karena adanya gesekan antara dua komponen. Kemungkinan besarnya ada dua, yaitu piston yang kehabisan oli atau mesin AC yang sudah mulai aus karena faktor penggunaan dan usia. Hal ini tentu berakibat mesin akan bekerja lebih keras dari biasanya. Jika masalahnya adalah oli, maka kamu perlu menambahkan oli ataupun sekalian menggantinya. Sedangkan apabila mesin aus, maka kamu bisa melakukan penggantian dengan komponen yang baru.

3. Saluran AC Mobil Bocor

Penyebab dari kompresor AC mobil berisik juga tidak hanya dari komponen di dalamnya saja, melainkan bisa dari bagian lain. Sebut saja terjadinya kebocoran pada saluran AC yang mengakibatkan Freon akan cepat terkuras dan oli pun akan ikut cepat berkurang. Jika oli sampai habis, maka akan terjadi gesekan pada komponen piston. Gesekan inilah yang kemudian dapat menyebabkan bunyi berisik pada sistem pendingin mobil.

4. Ada Benda Asing Masuk

Jangan pernah menyepelekan benda kecil masuk ke bagian kabin mobil, terutama benda kecil seperti sisa makanan, kerikil, pecahan, hingga dauh kering. Karena memang bisa saja benda kecil tersebut masuk ke dalam komponen AC sehingga mengakibatkan kompresor berbunyi. Masuknya benda kecil ke dalam sistem pendingin akan menghambat kinerja maksimalnya. Karena dapat memungkinkan benda ini bergesekan dengan bagian dari AC lainnya.

5. Magnetic Clutch Rusak

Magnetic clutch adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam sistem pendingin mobil, komponen ini berfungi sebagai penghubung antara mesin dan juga kompresor. Apabila komponen ini bermasalah atau rusak, maka bisa dipastikan kinerja seluruh sistem pendingin menjadi tidak optimal. Sebut saja seperti kompresor AC yang berisik, udara tidak dingin, hingga keluar hawa panas. Kerusakan pada magnetic clutch ini tentu saja akan menghambat fungsi kompresor itu sendiri, karena memang komponen ini adalah penghubung langsung dengan mesin mobil.

Untuk beberapa kasus kompresor AC yang berisik sebenarnya dapat diperbaiki. Namun, apabila permasalahan yang dirasakan sudah parah, maka perbaikan sendiri tidak akan mengembalikan fungsi normalnya. Ada baiknya untuk melakukan penggantian kompresor AC yang rusak dengan yang baru, hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara dengan mobil kesayangan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan