5 Tips Hindari Blindspot Dengan Aman

Tips Hindari Blindspot

Bagi pengguna kendaraan roda dua ataupun roda empat pasti tidak asing lagi dengan istilah blind spot alias titik buta. Pengemudi perlu mewaspadai kondisi ini agar bisa terhindar dari resiko kecelakaan akibat sudut-sudut kendaraan yang tak bisa dijangkau oleh penglihatan. Maka dari itu kamu perlu mengetahu tips hindari blindspot dengan aman.

Blind spot sendiri adalah titik buta yang terdapat pada setiap kendaraan. Pengemudi tidak bisa melihat sesuatu entah itu kendaraan di depan ataupun belakang pada area pandang tertentu. Walaupun istilah ini sudah sering terdengar, namun banyak pengemudi yang mengabaikan keberadaan dari titik buta ini. Padahal, 60 persen angka kecelakaan di jalan raya karena disebabkan kurang memperhatikan keberadaan kendaraan lain di sekitarnya.

Untuk informasi saja, titik buta setiap kendaraan memang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan banyak factor, bisa karena muatan yang dibawa menghalangi pandangan, jangkauan spion yang terbatas, dan juga dari desain kendaraan itu sendiri. Dan seharusnya, setiap pengemudi sudah mengetahui titik buda dari kendaraannya masing-masing.

Tips Hindari Blindspot

Sebenarnya, setiap produsen kendaraan sudah memperhitungkan titik buta dari mobil buatannya masing-masing. Untuk itu, banyak juga produsen mobil ternama yang sudah menyematkan fitur baru untuk mengurangi titik buta pada mobil buatannya.

Walaupun beberapa mobil sudah memiliki fitur baru, pengendara juga tetap harus waspada dan juga berhati-hati untuk selalu memperhatikan keadaan sekelilingnya ketika sedang berkendara. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana meminimalisisr blind spot ketika sedang berkendara. Untuk ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

Sebelum Berangkat, Atur Posisi Spion Dengan Benar

Kaca spion memang menjadi salah satu komponen yang penting saat berkendara. Untuk mengurangi titik buta ketika berkendara, maka sebaiknya periksa dan atur dahulu posisi spion agar berada di posisi yang tepat.

Tips Hindari Blindspot : Perhatikan Kondisi Jalan

Kondisi jalan juga ikut mempengaruhi titik buta bagi pengemudi. Jika dalam kondisi macet, usahan jalan dengan kecepatan yang rendah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dan juga saat bertemu dengan truk atau kendaraan yang lebih besar. Maka kamu sebaiknya menghindar sedikit agar tak menimbulkan bahaya jika pengemudi mobil tersebut tidak melihat kendaraan kamu.

Jangan Mendahului Melalui Sisi Kiri

Ketika ingin menyalip kendaraan yang berada di depan kamu, perhatikan situasi benar-benar aman. Untuk keamanan, jangan pernah menyalip melalui sisi kiri. Karena pengemudi yang akan kamu dahului akan kesulitan melihat kamu jika menyalip melalui sisi kiri. Lalu pastikan juga kendaraan yang berada dibelakang. Pastikan tidak ada kendaraan lain yang ada di belakang kamu ketika akan menyalip. Sehingga tidak terjadi kecelakaan akibat salah ambil posisi saat menyalip.

Nyalakan Lampu Sein Atau Bunyikan Klakson

Lampu sein tidak hanya digunakan ketika akan menyebrang saja. Namun lampu sein juga digunakan pengemudi untuk menyalip kendaraan di depannya. Selain menyalakan lampu sein, pengemudi juga bisa membunyikan klakson sebagai tanda atau pengingat ketika ingin menyalip mobil kendaraan yang lebih besar.

Berada di Zona Terbuka

Sebaiknya tetap berada di zona aman dan juga terbuka. Jangan berada di tengah-tengah antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Hal ini bisa membahayakan pengemudi karena bisa terhimpit oleh dua kendaraan sekaligus.

Dan itulah tips untuk menghindari blindspot dengan aman. Semoga Bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan