Tutorial Cara Melepas Aki Mobil & Memasangnya Sendiri

Cara Melepas Aki Mobil

Aki merupakan salah satu komponen utama yang ada dalam mobil. Aki mobil memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik pada kendaraan. Aki mobil akan berpengaruh terhadap hidup dan matinya mesin yang ada pada mobil. Usia aki mobil tergantung dari penggunaanya.

Apabila kamu mengunakan mobilmu untuk berpergian jauh dengan kecepatan 80 km/jam maka usia aki mobil akan bertahan lama. Namun, jika kamu sering menggunakan mobil kamu di atas kecepatan tersebut maka kemungkinan besar aki mobilmu akan cepat melemah. Hal ini karena daya pengisian aki lebih maksimal dengan perputaran mesin sekitar 2000 RPM.

Sekarang untuk memasang dan melepaskan aki mobil tidak harus pergi ke bengkel. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah atau di jalan saat mobilmu tiba-tiba mogok karena kehabisan aki. Namun sebelum kamu  melepas aki mobil sendiri, kamu harus memastikan bahwa mesin mobil sudah dalam keadaan mati.

Apabila kamu melepas aki dalam keadaan hidup maka akan merusak mobil. Salah satunya rusak pada bagian ECU. Selain itu, sebelum kamu memasang aki mobil maka ketahui dulu sistem mobilmu itu mobil injeksi atau non-injeksi. Karena terdapat perbedaan dalam memasang aki mobil pada mobil injeksi dan mobil non-injeksi (karburator). Perbedaanya terletak pada cara mensuplai bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin.

Pada mobil injeksi, bahan bakar mesin masuk ke dalam ruang bakar mesin karena semprotan dari injektor. Sementara, pada mobil non-injektor bahan bakar mesin masuk ke dalam ruang bakar mesin karena hisapan dari piston.

Di artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai cara melepaskan & memasang aki mobil pada mobil injeksi maupun mobil non-injeksi. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Cara Jumper Aki Mobil Dengan Aman

Cara Memasang & Melepas Aki Mobil Pada Mobil Injeksi

Mobil keluaran terbaru dan yang sudah modern biasanya sudah menggunakan berbagai teknologi full elektrik yang diatur oleh Electronic Control Unit (ECU). Kesalahan saat memasang aki mobil injeksi merupakan kesalahan yang fatal. Karena dapat menyebabkan gangguan, seperti hilangnya memori jam, audio, power window macet dan ECU menjadi terganggu.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam memasang aki mobil maka kamu harus tahu cara memasang aki mobil pada sistem injeksi yang benar. Berikut cara memasang aki mobil injeksi,

Baca Juga: Cara Memperbaiki Aki Kering yang Tidak Menyimpan Arus

Cara Memasang & Melepas Aki Mobil Dengan Bantuan Aki Charger

  • Langkah pertama, nyalakan mobil dan siapkan baterai charger, aki mobil yang baru untuk membantu proses penggantian.
  • Kaitkan kabel baterai charger pada ujung kepala kaki untuk memastikan bahwa daya listrik tetap terjaga.
  • Lepas baut pada kepala kaki dari tempatnya.
  • Ganti aki baru dengan spesifikasi mobilmu.
  • Setelah pergantian aki selesa maka kamu bisa melepas baterai charger.

Setelah kamu mengetahui cara memasang & melepaskan aki mobil pada mobil injeksi, maka kamu juga harus mengetahui cara memasang aki mobil non-injeksi. Berikut cara memasang aki mobil pada mobil-non injeksi.

Langkah Melepaskan dan Memasang Aki Pada Mobil Non-Injeksi

Cara melepas aki mobil dan memasangnya sendiri bukanlah hal yang sulit untuk kamu lakukan sendiri. Apalagi jika mobilmu mogok di jalan karena aki mobilnya habis maka kamu harus memasangnya sendiri atau kamu memanggil montir. Oleh karena itu, kamu sebaiknya bisa melepas dan memasang aki mobil sendiri, Berikut tips melepaskan dan memasang aki mobil non injeksi. Simak artikelnya sampai selesai ya!

1. Pastikan Bahwa Mesin Mobil Dalam Keadaan Mati

Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat akan mengganti aki mobil kamu adalah pastikan mesin mobil dan kunci kontak dalam keadaan mati. Untuk mengantisipasinya maka kamu bisa mengeluarkan kunci dari lubang pengapian untuk memastikan bahwa tidak ada aliran yang masuk ke dalam aki. Jika kunci kontak dalam keadaan hidup maka bisa menimbulkan percikan api saat masih ada arus listrik.

2. Siapakan Alat Terlebih Dahulu

Sebelum kamu mengganti aki mobil kamu, maka sebaiknya siapkan obeng minus, tang, kunci inggris atau kunci pas yang ukurannya sesuai dengan baut-baut aki dan perkakas lain jika dibutuhkan. Untuk ukuran kunci inggris biasanya berukuran 10 atau 12.

3. Lepaskan Bagian Kutub Negatif

Dalam aki terdapat kutub positif dan negatif. Kamu harus melepaskan kutub negatif terlebih dahulu. Karena untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek. Apabila terjadi korsleting dapat menyebabkan aki bermasalah dan dapat membahayakan kamu sendiri. Kutub negatif biasanya berwarna hitam dan ada tanda negatif (-).

4. Lepas Bagian Kutub Positif

Setelah kamu melepas kutub negatif maka langkah selanjutnya adalah melepas kutub positif. Untuk kutub positif biasanya berwarna merah dan ada simbol plus (+). Untuk melepas kutub positif kamu harus melepas baut, kabel, dan klem.

Setelah melepas kutub positif maka jangan menyentuh bodi mobil dan pastikan bahwa kutub negatif dan positif tidak saling menyentuh. Karena dikhawatirkan dapat menyebabkan korsleting.

5. Keluarkan Aki Mobil

Sebelum melepaskan aki mobil maka kamu harus memeriksa bracket yang menahan baterai di tempatnya dan lepaskan semua konektor yang menahan aki di bracket. Jika semua sudah terlepas maka kamu bisa angkat aki dari tempatnya.

Cara melepaskan aki yang benar adalah dengan mengangkatnya dari rangka mobil. Usahakan mengangkat aki dalam posisi tegak lurus dan secara perlahan-lahan. Tujuannya agar cairan aki tidak tumpah. Cairan aki ini mengandung zat yang berbahaya dan jika terkena tangan atau bodi mobil maka bisa menyebabkan iritasi serta korosi.

6. Bersihkan Terminal Aki Mobil

Setelah melepas aki mobil, langkah selanjutnya adalah bersihkan terminal aki mobil. Cek endapan terminal dan bersihkan korosi dari terminal sampai berkilau menggunakan kain emery atau kertas amplas grit 100.

7. Pasang Aki Mobil Yang Baru

Setelah terminal aki bersih maka kamu bisa memasang aki yang baru ke bracket dengan erat dan minyaki terminal. Untuk memasang aki mobil maka kamu bisa membalik urutan proses saat melepas aki pada bracket. Selanjutnya kamu bisa melumuri setiap terminal dengan tipis menggunakan minyak litium untuk mencegah karat. Selain itu, kamu juga harus pastikan bahwa posisi aki baru harus sama dengan posisi aki lama dan semua baut sudah terpasang rapat sehingga aki tidak bergerak saat mesin mobil dihidupkan.

8. Sambung Kutub Positif Terlebih Dahulu dan Setelah Itu Kutub Negatif

Jangan sampai tertukar untuk memasang aki mobil maka kamu harus sambung ke kutub positif terlebih dahulu bar kutub negatif. Kamu bisa memasang di terminal dan mengencangkannya dengan kunci inggris.

9. Tutup Kap Mobil dan Nyalakan Mobil

Setelah kamu melakukan langkah di atas dengan benar maka nyalakan mobil kamu dan pastikan bahwa semua perangkat listrik telah berfungsi dengan baik. Setelah itu kamu reset jam, radio, dan sistem navigasi.

Baca Juga: Tekanan Ban Mobil yang Ideal Untuk Berpergian

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan