Penting, Ketahui Penyebab Mobil Mogok!

Penting, Inilah 5 Penyebab Mobil Mogok yang Perlu Kamu Ketahui

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang  menjadi penyebab mobil mogok. Namun, kebanyakan dari kita berpendapat bahwa hal tersebut terjadi karena aki yang bermasalah. Padahal, ada beberapa komponen lain yang bisa menyebabkan mobil menjadi sulit untuk distarter. Sayangnya, tidak semua orang menyadari atau mengetahui berkaitan dengan hal ini.

Penyebab Mobil Mogok

Nah ada beberapa komponen yang sebenarnya bisa menjadi penyebab mobil mogok. Berikut penjelasan lengkapnya.

Aki Bermasalah

Komponen ini bisa dikatakan sebagai faktor utama yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Diketahui bahwa aki sendiri merupakan otak dari kendaraan. Jika rusak maka dapat menyebabkan mobil mogok. Apalagi, ketika aki sudah mulai soak namun tetap terus dipaksakan. Hal tersebut pun nyatanya bisa memicu terjadinya masalah pada komponen lainnya.

Dalam hal ini, kamu harus memastikan apakah memang mobil kamu mogok karena aki yang rusak atau tidak. Jika benar, maka kamu harus membeli aki baru. Akan tetapi yang perlu diingat bahwa tidak semua kemogokan disebabkan karena aki. Namun, bisa juga karena kurang kencangnya terminal aki sehingga mengakibatkan mesin kendaraan tiba-tiba mati.

Altenator Bermasalah

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan mobil mogok adalah karena altenator yang bermasalah. Altenator sendiri sebenarnya sangat berguna sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke aki. Nah bila komponen ini rusak, maka aki tidak bisa digunakan sehingga mesin mobil enggan menyala.

Overheat

Overheat nyatanya juga dapat memicu terjadinya hal tersebut. Sebab, suhu mesin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mobil akan berhenti secara tiba-tiba. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena terjadinya masalah pada radiator mobil.

Gearbox Kehabisan Oli

Pada dasarnya, gearbox merupakan komponen yang cukup penting pada kendaraan. Oleh karena itu, kamu harus rutin untuk melakukan pemeriksaan khususnya terhadap pelumasnya. Jangan sampai kekurangan atau bahkan sampai kehabisan oli. Adapun, untuk banyaknya oli tersebut disesuaikan dengan jenis dan model kendaraannya.

Karburator Mobil

Masalah yang sering terjadi pada karburator, biasanya berkaitan dengan bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Akibatnya, proses pembakaran tidak bisa dilakukan secara sempurna. Hal ini lah yang menyebabkan mobil menjadi sulit untuk distarter.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan