Kategori: Tips Otomotif

Penting, Ketahui Penyebab Mobil Mogok!

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang  menjadi penyebab mobil mogok. Namun, kebanyakan dari kita berpendapat bahwa hal tersebut terjadi karena aki yang bermasalah. Padahal, ada beberapa komponen lain yang bisa menyebabkan mobil menjadi sulit untuk distarter. Sayangnya, tidak semua orang menyadari atau mengetahui berkaitan dengan hal ini.

Penyebab Mobil Mogok

Nah ada beberapa komponen yang sebenarnya bisa menjadi penyebab mobil mogok. Berikut penjelasan lengkapnya.

Aki Bermasalah

Komponen ini bisa dikatakan sebagai faktor utama yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut. Diketahui bahwa aki sendiri merupakan otak dari kendaraan. Jika rusak maka dapat menyebabkan mobil mogok. Apalagi, ketika aki sudah mulai soak namun tetap terus dipaksakan. Hal tersebut pun nyatanya bisa memicu terjadinya masalah pada komponen lainnya.

Dalam hal ini, kamu harus memastikan apakah memang mobil kamu mogok karena aki yang rusak atau tidak. Jika benar, maka kamu harus membeli aki baru. Akan tetapi yang perlu diingat bahwa tidak semua kemogokan disebabkan karena aki. Namun, bisa juga karena kurang kencangnya terminal aki sehingga mengakibatkan mesin kendaraan tiba-tiba mati.

Altenator Bermasalah

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan mobil mogok adalah karena altenator yang bermasalah. Altenator sendiri sebenarnya sangat berguna sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke aki. Nah bila komponen ini rusak, maka aki tidak bisa digunakan sehingga mesin mobil enggan menyala.

Overheat

Overheat nyatanya juga dapat memicu terjadinya hal tersebut. Sebab, suhu mesin yang terlalu tinggi dapat menyebabkan mobil akan berhenti secara tiba-tiba. Biasanya, kondisi ini disebabkan karena terjadinya masalah pada radiator mobil.

Gearbox Kehabisan Oli

Pada dasarnya, gearbox merupakan komponen yang cukup penting pada kendaraan. Oleh karena itu, kamu harus rutin untuk melakukan pemeriksaan khususnya terhadap pelumasnya. Jangan sampai kekurangan atau bahkan sampai kehabisan oli. Adapun, untuk banyaknya oli tersebut disesuaikan dengan jenis dan model kendaraannya.

Karburator Mobil

Masalah yang sering terjadi pada karburator, biasanya berkaitan dengan bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Akibatnya, proses pembakaran tidak bisa dilakukan secara sempurna. Hal ini lah yang menyebabkan mobil menjadi sulit untuk distarter.

Pos Terbaru

Biaya Resmi Bayar Pajak Plat Nomor Cantik

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat mobil dengan plat nomor cantik dengan angka… Read More

9 jam lalu

5 Jenis Mobil Derek yang Harus Kamu Ketahui

Mobil derek termasuk dalam kategori jenis kendaraan berat yang berfungsi untuk menderek kendaraaan yang mengalami… Read More

2 hari lalu

Memilih Carbon Cleaner yang Tepat untuk Mesin Mobil

Bagaimana caranya memilih carbon cleaner yang tepat? Banyak orang belum mengetahui tentang cairan pembersih mesin… Read More

6 hari lalu

Fungsi Frit Band di Sekeliling Pinggiran Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen penting yang dapat menunjang keselamatan. Sebab, hal ini sangat… Read More

6 hari lalu

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ceper, Ketahui Sebelum Modifikasi!

Bagi kamu yang berniat melakukan modifikasi mobil ceper, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan… Read More

1 minggu lalu

Sering Pegal Saat Berkendara? Lakukan 3 Tips ini!

Pegal-pegal saat berkendara memang merupakan hal lazim dialami bagi para pengemudi, apalagi jika harus menempuh… Read More

1 minggu lalu