Kenali 3 Tanda Rack Steer yang Rusak

Kerusakan rack steer sangat mengganggu tingkat kenyamanan dan keamanan kamu dalam berkendara. Pasalnya, rusaknya rack steer ini disebabkan karena mobil sering menghantam jalanan berlubang. Selain itu, membelok terlalu patah atau keras juga dapat membuat kerusakan. Komponen yang menghubungkan lingkar kemudi dengan bagian kaki-kaki ini rentam mengalami kerusakan di bagian karetnya sehingga dapat memicu masalah baru yang lain jika dibiarkan. Maka, sebaiknya kenali tanda-tanda tersebut di bawah ini.

Apa Saja Tanda Kerusakan Rack Steer?

racksteer1

Biasanya, rack steer yang rusak sering menunjukan tanda-tanda tertentu yang dapat kamu kenali. Penting untuk kamu, mengetahui apa saja tanda kerusakannya sebelum mengalami dampak yang lebih merugikan seperti rembes oli saat melewati genangan air. Berikut 3 tandanya di bawah ini.

Munculnya Bunyi

Akan muncul bunyi-bunyian di bagian kemudi jika terjadi kerusakaan di rack steer mobil kamu. Tentu saja ini terjadi ketika kamu sedang dalam kecepatan lambat maupun tinggi. Bunyi yang muncul bisa mendengung, melengking, dan bunyi lainnya yang mengganggu. Sebaiknya kamu segera membawa mobil tersebut ke bengkel untuk diatasi secepatnya sebelum kerusakan semakin parah dan meluas.

Setir Kemudi Bergetar dan Berat

Tanda berikutnya yaitu bergetar (oblak) dan beratnya setir kemudi saat mobil berada dalam keadaan idling. Hal ini juga bisa terjadi bahwa power steering belt yang memiliki masalah. Selain itu, hal ini juga menjadi tanda bahwa power steering belt mulai kendor dan membutuhkan tegangan untuk digunakan kembali. Jika tidak, maka setir menjadi sulit untuk dikendalikan. Jika kemudi bermasalah tentu saja mobil akan terasa ke kanan atau ke kiri meski setir kemudi stabil.

Tumpulnya Gigi Pinion dan Harmonika

Gigi opinion dan harmonika yang tumpul menyebabkan terjadinya gesekan-gesekan akibat tidak adanya pelumas yang memadai, hal ini disebabkan oleh debu-debu yang menempel di setir kemudi akibat terjadi celah dari robeknya rack steer. Jika sudah begini, gigi pinion harus secepatnya di cor ulang agar memiliki gerigi gerigi baru yang lebih tajam.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan