Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama Saat PSBB

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama – Pada tanggal 14 september 2020 kemarin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Hal tersebut dilakukan karena kasus positif Covid-19 mengalami lonjakan yang sangat tinggi setiap harinya. Untuk waktunya sendiri, PSBB ini berlaku mulai dari 14 September hingga 27 September 2020 mendatang.

Imbas dari diberlakukannya PSBB ini, banyak para pekerja dan juga masyarakat biasa melakukan aktivitasnya kembali di dalam rumah (WFH). Dan dampak dari WFH ini sendiri, kendaraan khususnya mobil akan terparkir dalam waktu yang cukup lama di dalam garasi.

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik mobil untuk tetap melakukan perawatan dan beberapa hal yang harus dilakukan guna menjaga kondisi mobil tetap baik. Untuk itu, berikut beberapa tips merawat mobil yang terparkir secara lama ketika PSBB berlangsung. Untuk ulasannya bisa kamu simak di bawah ini :

Jangan Memakai Hand Brake Ketika Parkir

Ketika mobil akan diparkir dalam keadaan yang cukup lama hingga berhari-hari, maka hindarilah menggunakan rem tangan mobil kamu. Akan lebih baik rem tangan tersebut diganti dengan menahan ban mobil kamu dengan ganjalan saja seperti balok kayu, batu, ataupun benda keras lainnya.

Karena memang jika menggunakan rem tangan pada mobil yang terparkir dalam waktu yang lama. Maka bisa jadi akan membuat sistem pengereman mobil mu menjadi bermasalah. Sebut saja seperti kampas rem yang akan menjadi lengket karena terlalu lama menekan brake drum.

Jika hal tersebut terjadi pada kampas rem mobil kamu, maka solusinya adalah mobil harus dipaksa jalan maju dan mundur secara berulang-ulang hingga lepas. Dan jika tidak ada perubahan, maka kamu harus langsung menghubungi bengkel resmi untuk menanganinya.

Sebisa mungkin ketika memilih tempat parkir, tempatnya adalah yang rata. Dan untuk mobil matic cukup shift P saja, sedangkan mobil manual cukup menggunakan gigi satu dengan dibantu ganjalan ban mobil yang sudah di sebutkan di atas.

Transmisi Mobil Matic Atur di P

Untuk mobil matic sendiri, ketika akan diparkirkan dalam waktu yang lama maka sebaiknya meletakkan tuas transmisi pada posisi P. Karena memang jika posisi tuas ada pada P, maka output shaft yang terhubung dengan as kopel akan terkunci. Sehingga mobil akan lebih aman dan juga tidak bergerak.

Tips Rawat Mobil Ketika Terparkir Lama : Rutin Panaskan Mesin Mobil

Memanaskan mesin mobil hanya perlu waktu tiga hingga lima menis saja, dan itu sudah cukup. Jika mesin sudah idle atau ketika putaran mesin sudah turun sekitar 800 rpm, maka tandanya mesin sudah cukup untuk dipanasi. Karena ketika mesin dingin di starter (cold start), putaran mesin masih cukup tinggi untuk mencapai pembakaran yang optimal hingga suhu mesin optimal juga.

Dan usahakan ketika memanaskan mesin mobil, mobil sekalian dibawa berkendara agar komponen lain ikut bergerak terutama komponen bagian kaki-kaki. Karena jika tidak dilakukan maka bagian penghubung kaki-kaki mobil seperti joint ataupun rem berpotensi mengalami macet akibat kerak yang membuat bagian yang bergerak menjadi terpisah dan menempel. Selain itu, jika mesin mobil jarang dipanasi, maka oli mesin juga akan mengalami penurunan kualitas oli yang terlalu lama mengendap di bak oli.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan