Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil

Mengenal Lebih Dalam Jenis Jenis Suspensi Mobil

Pada dasarnya, kamu perlu mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis suspensi mobil. Apalagi, suspensi sendiri merupakan perangkat yang berguna untuk meredam getaran sekaligus guncangan saat mobil melewati jalanan yang kurang bagus. Tentunya, komponen ini sangat penting dan berpengaruh terhadap kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Jenis Jenis Suspensi Mobil

Ada berbagai jenis-jenis suspensi mobil yang sering digunakan. Nah berikut ini pemaparan lengkapnya.

Suspensi MacPherson Strut

Jenis suspensiMacPherson Strut memiliki posisi tegak lurus dan ditopang oleh shockbreaker yang sekaligus menjadi titik pusat sudut caster pada mobil. Bisa dikatakan, jenis ini sangat simpel dan mudah ditemukan di pasaran. Dengan demikian, banyak tipe mobil yang menggunakan suspensi ini karena harganya pun bisa dikatakan relatif terjangkau. Adapun, mobil tipe LMPV dan sedan biasanya menggunakan suspensi ini.

Suspensi Multi-Link

Jenis Suspensi Multi-Link

Tipe suspensi Multi-Link memiliki beberapa penghubung (link) yang berperan sebagai lengan suspensi. Link-link tersebut diletakan sedemikian rupa sehingga dapat menyerap getaran roda dengan baik. Selain itu, komponen link-link ini juga memiliki dimensi yang kecil sehingga tidak terlalu memakan banyak ruang. Suspensi ini biasa digunakan pada mobil MPV, LCGC, dan juga SUV.

Suspensi Double Wishbone

Jenis Suspensi Double Wishbone

Nah suspensi Double Wishbone memiliki dua buah lengan, yakni lower dan upper arm yang berfungsi untuk menopang sistem suspensi. Selain itu, keunggulan dari suspensi ini membuat pengendalian mobil menjadi lebih optimal. Hal tersebut didukung dengan desainnya yang terlihat kokoh sehingga membuat sudut geometri roda tetap konstan saat berbelok. Biasanya, jenis suspensi ini digunakan oleh kendaraan tipe MPV dan SUV. Namun, jenis ini diklaim cukup rumit sehingga kamu harus menyiapkan waktu luang apabila ingin membongkarnya.

Air Suspension

Air Suspensi

Pada dasarnya, suspensi ini terdiri dari tabung udara, berbagai macam selang, kompresor hingga suspensi itu sendiri. Bahkan, komponen tersebut bisa dikatakan sangat praktis untuk mengatur ground clearance mobil. Sebab, pengendara tidak perlu repot untuk membongkar kaki-kakinya. Namun apabila ingin menggantinya, pastikan kamu harus menyiapkan budget yang cukup banyak ya!

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan