Berita Otomotif

4 Fungsi Filter Bensin yang Wajib Diketahui

Sebagai pemilik mobil, apakah kamu pernah berpikir kalau bensin yang masuk ke dalam mesin bisa saja mengandung kotoran atau butiran asing di dalamnya? Jika kamu berpikir demikian, maka tenang saja, fungsi filter bensin akan bekerja untuk memastikan kandungan di dalamnya tetap bersih. Dengan adanya filter bensin ini juga mobil pun dapat bekerja secara maksimal.

Perlu diketahui bersama, filter bensin memiliki peranan yang besar sehingga mobil dapat dikendarai secara maksimal. Maka dari itu, sebagai pengemudi kamu harus melakukan perawatan secara rutin dan juga tepat. Apabila kondisi filter bensin ini diabaikan, maka bisa menimbulkan risiko yang lebih besar kepada mobil.

Fungsi Filter Bensin yang Wajib Diketahui

Filter bensin atau sistem penyaringan bahan bakar ini adalah salah satu komponen yang sangat penting dan krusial di dalam mobil. Posisi filter bensin sendiri berbeda-beda tergantung dari jenis mobil itu sendiri. Ada yang menyatu di fuel pump dalam tangki bahan bakar, ada juga yang terpisah. Karena itu, kamu sebagai pemilik mobil harus hafal dengan posisi filter bensin ini untuk memudahkan pada saat perawatan serta membersihkannya.

Namun, filter bensin ini juga tentunya bisa kotor, karena memang fungsinya adalah untuk menyaring bahan bakar yang masuk ke dalam injektor mobil. Apabila dibiarkan begitu saja, lama kelamaan akan menimbulkan kerusakan mobil yang fatal. Kotoran yang menumpuk pada filter bensin dapat menghambat aliran bahan bakar masuk ke mesin injektor dan membuat mobil yang dikendarai menjadi tersendat hingga akhirnya mogok.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi filter bensin, berikut di bawah ini ulasan selengkapnya.

1. Menyaring Kotoran

Pada saat mengisi bensin, sangat sering terdapat kotoran yang masuk ke dalam mesin. Sebut saja seperti daun, kerikil, dan berbagai kotoran kecil lainnya. Kotoran ini dapat menghambat kinerja mesin mobil serta membuat kualitas bahan bakar menjadi menurun.

Dan jika belum tahu, ini adalah fungsi utama filter bensin, yaitu untuk menyaring bahan bakar yang masuk ke tangki agar selalu steril dan bersih. Proses filtering ini sendiri sangat berguna sehingga tidak akan muncul masalah pada mobil pada saat dikendarai. Proses penyaringan ini tentunya meninggalkan residua tau sisa kotoran dalam filter bensin.

Maka dari itu, penting sekali untuk memeriksa filter bensin secara berkala untuk membersihkannya. Proses pembersihan ini sendiri bisa dilakukan sendiri di rumah selama kotoran yang menempel masih sedikit dan mudah dibersihkan. Namun ketika kotoran sudah menumpuk, maka segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pembersihan.

2. Menyaring Air Dari Bensin

Di dalam kandungan bensin terdapat partikel air sehingga bahan bakar ini mudah mencair dan masuk ke dalam mesin. Namun, elemen air ini tidak boleh sampai masuk ke dalam mesin. Untuk memisahkan air dan bensin, fungsi filter bensin sangatlah dibutuhkan.

Perlu diketahui, bahan bakar bisa tercampur dengan air karena beberapa sebab. Apabila tidak disaring, maka kandungan air yang masuk ke dalam mesin akan menurunkan performa. Alhasil, mobil pun pada saat digunakan akan tersendah hingga macet saat digunakan.

3. Menjaga Kecepatan Aliran Bensin

Kecepatan aliran bahan bakar juga dapat memengaruhi kestabilan mobil ketika digunakan. Aliran bahan bakar yang cepat dan juga drastis dapat membuat kecepatan mobil menjadi tidak stabil. Ini tentu saja sangat berbahaya, terlebih kondisi jalannya juga tidak rata.

Filer bensi ini berfungsi untuk menurunkan kecepatan alirannya ketika sedang disalurkan ke ruang pembakaran. Penurunan aliran bahan bakar ini juga menghindari potensi partikel atau komponen asing yang berbahasa untuk masuk ke dalam ruang pembakaran. Dengan adanya filter bensin juga dapat membuat kecepatan mobil menjadi lebih stabil saat dikendarai.

4. Mencegah Penyumbatan Saringan Bensin

Fungsi filter bensin yang terakhir adalah untuk mencegah penyumbatan saat proses penyaringan. Ketika proses penyaringan ini terhambat, maka tahanan aliran bensin semakin bertambah. Sehingga penggunaan bahan bakar bisa menjadi boros dikarenakan bahan bakar yang masuk ke karburator menjadi meningkat.

Artikel Terbaru

Begini Penyebab Kecelakaan Maut Di Balikpapan

Kecelakaan di Balikpapan. Akhir-akhir ini, kita sedang dihebohkan oleh berita mengenai kecelakaan maut yang terjadi di… Selengkapnya

28 Januari 2022

Cara Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

Merawat Ban Mobil- Ban merupakan komponen terpenting untuk semua jenis kendaraan khususnya mobil. Bocornya ban… Selengkapnya

28 Januari 2022

Jual Aksesoris Mobil Terbaik & Berkualitas

Aksesoris Mobil. Bagi kamu yang memiliki kendaraan mobil dan suka berpergian jauh. Kamu wajib membeli… Selengkapnya

27 Januari 2022

Cara Membedakan Velg Original dan Replika

Velg Original - Bagi kamu pecinta otomotif, melakukan modifikasi kendaraan merupakan suatu kegemaran atau bahkan… Selengkapnya

27 Januari 2022

Tips Modifikasi Velg Mobil Agar Terlihat Keren

Tips Modifikasi Velg Mobil - Bagi kamu yang mempunyai kendaraan mobil. Kamu harus memperhatikan velg… Selengkapnya

26 Januari 2022

Jual Ban Mobil Terdekat di Jakarta Timur

Ban Mobil- Memiliki ban mobil yang berkualitas merupakan impian semua orang yang memiliki kendaraan mobil.… Selengkapnya

26 Januari 2022