Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang Dipakai, Begini Tipsnya!

cara merawat aki mobil yang jarang dipakai

Pandemi membuat beberapa perusahaan menerapkan Work Form Home (WFH). Akibatnya mobil yang sering mereka gunakan dianggurkan di rumah karena mereka bekerja dari rumah. Mobil yang jarang digunakan bukan berarti membuat aki mobil menjadi lebih awet dibandingkan dengan mobil yang sering digunakan. Hal ini malah sebaliknya, mobil yang jarang digunakan dapat menyebabkan performa aki menjadi turun.

Aki merupakan salah satu komponen terpenting dalam mobil. Sumber arus listrik dan penghidup mesin (aki) harus mendapatkan pasokan arus agar performa aki tetap terjaga. Apabila aki mobil bermasalah maka dapat merusak komponen dalam mobil yang membutuhkan daya aki. Lalu bagaimana cara merawat aki mobil pada mobil yang jarang digunakan? Apakah aki mobilnya harus dilepas atau tidak perlu dilepas?

Berikut cara merawat aki mobil yang jarang dipakai. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Tutorial Cara Melepas Aki Mobil & Memasangnya Sendiri

Cara Merawat Aki Mobil Yang Jarang Dipakai Agar Tetap Awet

Untuk merawat aki mobil yang jarang digunakan maka kamu tidak perlu untuk melepas aki mobil tersebut. Berikut cara merawat aki mobil yang jarang digunakan agar umur aki lebih tahan lama.

1. Panaskan Mobil Setiap Hari

Sama seperti motor, agar aki mobil tetap awet meskipun jarang digunakan maka kamu wajib untuk memanaskan mobilmu setiap harinya. Sebab dengan kamu memanaskan mobil kamu setiap hari maka akan membuat arus tegangan pada aki bergerak memasok daya komponen listrik mobil.

Tidak hanya itu, proses memanaskan mobil dapat memberikan pasokan tegangan ke aki sehingga dapat mencegah kekurangan daya dan mencegah kerusakan komponen listrik pada mobil karena lama tak dialiri tegangan.

Baca Juga: 4 Faktor Aki Mobil Cepat Terkuras

2. Teminal Aki Mobil

Kamu dapat mengecek terminal aki karena bagian ini merupakan bagian yang penting. Terminal aki berfungsi sebagai penghubung arus listrik pada komponen mobil lainnya.

Apabila sambungan terminal aki kendor maka akan membuat pengisian bahan bakar menjadi tidak optimal.  Selain itu, sambungan terminal aki yang kendor dapat membuat komponen listrik pada mobil menjadi tidak stabil.

3. Selalu Cek Ketinggian Air Aki Mobil

Untuk merawat aki mobil yang jarang digunakan maka kamu bisa mengecek ketinggian air aki. Apabila air aki berada di bawah ketinggian standar maka tidak akan bisa menyimpan daya maksimal dan arus daya pada aki juga akan ikut menurun. Sehingga dapat menyebabkan komponen listrik pada mobil menjadi terganggu.

4. Cek Korosi

Korosi biasanya muncul pada kutub aki. Munculnya korosi pada kutub dapat membuat arus daya terganggu. Biasanya korosi terjadi pada kutub positif. Oleh karena itu, sebelum korosi mengenai aki mobil maka bersihkan korosi yang muncul pada kutub aki. Untuk membersihkan korosi pada kutub aki, kamu bisa membersihkannya dengan menyiram menggunakan air panas lalu sikat sampai korosinya hilang.

Nah itu dia 4 cara menjaga aki mobil tetap awet meskipun jarang digunakan. Semoga membantu.

Baca Juga: Masa Pakai Aki Mobil yang Wajib Diketahui

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan