Masa Pakai Aki Mobil yang Wajib Diketahui

Masa Pakai Aki Mobil

Masa Pakai Aki Mobil – Baterai atau aki mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan khususnya mobil. Mobil akan mengandalkan benda dengan bentuk kotak ini sebagai sumber daya utama ketika proses starter. Lalu, berapa lama kah masa pakai aki mobil itu sendiri?

Aki mobil sendiri tentu ada masa pakainya yang sudah disesuaikan dengan standar pabrikan. Ada beberapa aki yang masa pakainya bisa menjadi lebih cepat. Jadi untuk beberapa kondisi, masa guna aki mobil ini tergantung dari pemakaian dan juga cara menyetir pengemudi itu sendiri.

Masa Pakai Aki Mobil

Ada beberapa kondisi yang dapat memengaruhi usia dan daya tahan aki mobil sendiri Selain dari sisi pemakaian mobil, ada juga faktor cuaca yang dapat memengaruhinya. Rata-rata, aki mobil ini dapat bertahan antara dua hingga lima tahun. Salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi berapa lama aki mobil dapat bertahan adalah cuaca. Mesin yang berada di bawah kap mesin sudah menjadi panas ketika dijalankan, ditambah dengan mobil yang dikendarai di bawah terik matahari yang panas. Maka itu lah yang menjadi ujian dari aki mobil.

Suhu panas yang terjadi akan mengakibatkan cairan pada aki mobil menguap dan merusak struktur internak aki mobil. Itulah mengapa masa pakai aki mobil ini rata-rata lebih pendek apabila digunakan di daerah yang cuacanya hangat.

Selain suhu, mobil yang jarang digunakan juga akan menyebabkan pendeknya usia aki. Contohnya ketika masa pandemi Covid-19 seperti saat ini yang mungkin banyak orang yang banyak melakukan aktivitas di dalam rumah. Dan dampaknya tentu saja bagi pemilik mobil maka mobil yang dimiliki akan terparkir di dalam rumah cukup lama.

Mesin mobil yang jarang dinyalakan membuat pengisian daya aki menjadi lebih minim dan akan mengakibatkan komponen yang ada akan kehilangan muatan listrik. Terlepas dari suhu dan mobil yang jarang digunakan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa pakai aki mobil. Salah satunya adalah dengan rajin memanaskan mesin mobil.

Jadi, walaupun mobil jarang digunakan selama masa pandemi ini, minimal kamu sebagai pemilik perlu dua hari sekali memanaskan mesin mobil. Hal ini dilakukan agar komponen aki ini tetap dapat berfungsi dengan normal.

Setelah itu kamu juga perlu memastikan aki terikat dengan baik dengan klemnya. Aki yang tidak terikat dengan benar akan menimbulkan getaran dan dapat berpotensi korsleting. Apabila mobil juga sering digunakan pada malam hari, maka kamu tidak boleh lupa untuk mematikan seluruh lampu mobil sebelum meninggalkannya. Kondisi lampu utama tetap menyala ketika mesin dimatikan tentu saja dapat merusak aki mobil kamu.

Tips terakhir adalah kamu perlu melakukan pengecekan korosi dan kondisi aki. Lakukan pengecekan pada kedua katup aki secara rutin. Pastikan juga tidak ada karat ataupun kotoran yang menempel untuk memperpanjang usinya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan