Tips Otomotif

Ketahui Sejarah Ban dan Velg Mobil

Berbicara mengenai mobil memang tidak akan pernah ada habisnya, entah itu perihal modifikasi hingga komponen-komponen didalamnya. Seperti yang kita ketahui, mobil bisa melaju karena memiliki komponen pendukung pada bagian kaki-kaki mobilnya, yaitu ban dan velg mobil.

Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir darimana asal muasal atau sejarah ban dan velg mobil pertama kalinya bisa ditemukan hingga menjadi komponen penggerak kendaraan yang ada pada setiap mobil di seluruh dunia hingga saat ini? Ketahui uraian singkat sejarah ban dan velg mobil di bawah ini.

Bagaimana Sejarah Ban dan Velg Mobil?

Simak uraian singkat asal muasal atau sejarah ban dan velg mobil di bawah ini.

Sejarah Ban

Ban memang menjadi salah satu komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Ban digunakan untuk mengurangi getaran akibat gesekan dengan medan jalan yang permukaannya beragam, melindungi roda agar tidak mengakami keausan dan kerusakan, serta memberikan kestabilan dalam pergerakan dan percepatan suatu kendaraan.

Umumnya ban diciptakan dari karet sintetik, namun seiring perkembangan zaman ban sudah diciptakan dengan material lainnya. Ban pertama kali diciptakan memang menggunakan karet dengan teknik vulkanisasi. Teknik vulkanisasi karet ini ditemukan pertama kali oleh Charles Goodyear pada tahun 1839.

Vulkanisasi ini berasal dari nama dewa api kepercayaan bangsa Romawi kala itu, lalu temuan ban oleh Goodyer ini dinamakan sebagai karet tahan api, sehingga karet tahan panas inilah yang dijadikan sebagai ban kendaraan karena memiliki kemampuan tahan panas dari gesekan jalanan.  

Dalam sejarahnya, ban mobil tentu saja telah melewati berbagai macam perkembangan mengingat sudah tersedia berbagai macam jenis ban saat ini. Ban awalnya belum berisi angin, sehingga bentuknya berupa karet padat. Akan tetapi, bukan Charles Goodyear yang disebut-sebut sebagai pencipta ban pertama kali. Thomson dan Dunlop lah yang menciptakan ban di waktu itu.

Charles Goodyear merupakan awal cikal bakal hadirnya ban berbahan karet dengan teknik vulkanisir. Selain itu, disusul oleh Charles Kingston Welch yang mengembangkan teknologi untuk menciptakan ban dalam. Sedangkan William Erskine Bartlett  yang menemukan ban luar dan menjadi pelopor munculnya berbagai macam jenis ban kendraan.

Sejarah Velg

Velg dalam sejarahnya, memiliki perjalanan yang cukup panjang. Velg sendiri diciptakan untuk memperkuat roda dengan cara menambahkan lingkaran material kuat disekelilingnya. Dimulai pada tahun 1924 dan dikenal luas pada tahun 1980an, saat itu velg terbuat dari baja untuk kendaraan steel wheel. Namun, seiring perkembangan jaman, velg yang awal mulanya terbuat dari baja berubah menggunakan almunium dengan campuran besi dan bahan lainnya yang saat ini biasa kita sebut dengan velg alloy.

Tidak berhenti disitu saja, selain munvulnya material velg yang berbagai macam. Velg juga diciptakan dengan berbagai macam teknik pembuatan. Teknik pembuatan velg umumnya melalui proses forging dan casting untuk membat velg lebih kuat dan ringan. Dalam perjalanannya yang panjang, velg alloy akhirnya pertama kali dikeluarkan oleh pabrikan dan tersedia dengan berbagai macam mobil di awal tahun 1974.

Velg yang diciptakan pabrikan merupakan velg alumunium yang dibuat dengan metode casting dengan 12 palang berdiameter 13 inchi. Hingga kini akhirnya velg alloy banyak digunakan oleh manufaktur mobil  pada bagian velg mobilnya.

Artikel Terbaru

Apakah Velg Replika Aman Digunakan?

Velg merupakan salah satu komponen kaki-kaki mobil yang memiliki peran penting dalam meningkatkan performa kendaraan.… Selengkapnya

25 Mei 2022

Velg Mobil Panas Sebelah? Gini Solusinya!

Velg mobil panas merupakan sesuatu hal yang wajar namun jika panasnya terlalu berlebihan pertanda bahwa… Selengkapnya

25 Mei 2022

Alasan Busi Mobil Harus Diganti Secara Rutin

Busi merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian. Fungsi utamanya, yaitu untuk membakar campuran bensin dan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Modifikasi Corolla DX Classic Retro

Corolla DX merupakan mobil sedan klasik yang masih dicari oleh kalangan anak muda. Mobil sedan… Selengkapnya

24 Mei 2022

Biaya Perawatan Mobil Matic vs Manual, Lebih Mahalan Mana?

Saat hendak membeli mobil baru, transmisi menjadi salah satu bahan pertimbangan. Alasannya karena akan mempengaruhi… Selengkapnya

23 Mei 2022

Bingung Cara Menghitung Penyusutan Harga Mobil? Begini Caranya!

Daya beli mobil semakin meningkat. Sekarang kamu dengan mudahnya memiliki satu unit mobil tanpa perlu… Selengkapnya

21 Mei 2022