Spooring dan Balancing Mobil: Manfaat & Kapan Melakukannya

Spooring dan Balancing Mobil

Kegiatan spooring dan balancing mobil merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan mobil. Spooring dan balancing merupakan dua kegiatan yang berbeda. Spooring merupakan kegiatan yang dilakukan dengan tujuan mengembalikan kondisi mobil seperti setting pada pabrik. Sedangkan balancing merupakan kegiatan yang tujuannya untuk mengembalikan keseimbangan roda mobil.

Kenapa sih mobil perlu melakukan spooring dan balancing? Apa manfaat kegiatan tersebut pada kendaraanmu? Di artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai manfaat kegiatan spooring dan balancing serta waktu terbaik untuk melakukannya. Simak sampai selesai ya!

Baca Juga: Tempat Spooring dan Balancing Terdekat

Manfaat Spooring & Balancing Pada Mobil

1. Menghemat Bahan Bakar

Melakukan kegiatan spooring & balancing mobil dapat menghemat konsumsi bahan bakar karena saat ban mobil dalam keadaan aus atau botak maka ban mobil tidak dapat bekerja optimal. Sehingga menyebabkan mesin mobil bekerja lebih keras daripada biasanya agar mobil dapat tetap melaju. Akibatnya, konsumsi bahan bakar meningkat dua kali lipat dari biasanya. Dengan kamu melakukan kegiatan balancing pada ban mobil maka dapat menghemat penggunaan bahan bakar.

2. Performa Mobil Kamu Akan Stabil

Saat performa ban mobil sudah tidak stabil maka akan mempengaruhi laju kecepatan mobil dan keseimbangan pada mobil. Biasanya alur ban mobil yang sudah agak botak atau aus akan membuat keseimbangan mobil menjadi tidak seimbang. Mobil akan bergeser ke kiri atau kanan meskipun kamu menyetirnya lurus ke depan.

Ketidakseimbangan saat berkendara ini akan membahayakan nyawa kamu saat melintasi jalan yang ramai, seperti di jalan M.H Tamrin Ibu Kota.

3. Membuat Ban Mobil Menjadi Lebih Awet

Kegiatan balancing dapat memperpanjang umur ban mobil.

4. Kaki-Kaki Mobil Menjadi Lebih Awet

Rata-rata kondisi jalanan di Indonesia masih kurang bagus kecuali jika kamu tinggal di kota besar, seperti di Jakarta. Namun jika kamu tinggal di pedasaan maka kondisi jalan yang masih banyak lubang membuat kaki-kaki mobil bisa cepat rusak. Dengan kamu melakukan kegiatan spooring maupun balancing secara rutin maka akan lebih memperpanjang umur kaki-kaki mobil.

Waktu Terbaik Untuk Melakukan Kegiatan Spooring & Balancing

Melakukan spooring dan balancing merupakan kegiatan penting bagi setiap pemilik kendaraan roda empat. Lantas kapan sebaiknya kendaraan kamu melakukan kegiatan  spooring dan balancing?

Berikut tanda-tanda apabila mobil kamu butuh melakukan kegiatan spooring dan balancing:

  1. Apabila salah satu permukaan ban mobil kamu sudah tidak rata atau ban mobil kamu sudah aus.
  2. Ban bagian belakang tidak sejajar dengan depan saat di parkir.
  3. Saat kamu menyetir, setir mobil kamu susah untuk dikendalikan.
  4. Apabila kamu telah berkendara lebih dari 15.000 kilometer atau setiap empat bulan sekali.

Untuk melakukan kegiatan spooring dan balancing kamu dapat datang ke bengkel terdekat di kotamu.

Baca Juga: 9 Tanda Mobil Perlu di Spooring

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan