Untuk Pemilik Mobil, 4 Hal Ini Wajib Disiapkan Saat Musim Hujan Tiba

Ban Mobil

Tips Berkendaraan Saat Musim Hujan– Musim hujan mulai datang, hampir seluruh bagian wilayah Indonesia mengalaminya. Ini artinya kita semua perlu memberi perhatian ekstra kepada mobil kesayangan masing-masing. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan ketika musim hujan ini datang. Beberapa diantaranya sebenarnya bukan hal teknis dan cenderung simpel.

Namun, hal-hal yang sangat sederhana ini lah yang tentunya dapat membuat  mobil kamu lanvar untuk digunakan dalam sehari-hari. Lalu, apa saja hal-hal simpel yang perlu diperhatikan pengguna mobil ketika musim hujan tiba?

Yuk simak artikel di bawah ini, untuk mengetahui hal-hal apa saja yang harus disiapkan saat musim hujan!

Untuk Pemilik Mobil, 4 Hal Ini Wajib Disiapkan Saat Musim Hujan Tiba

 

Perhatikan Ban Dalan Kondisi Prima

Kondisi ban mobil adalah hal yang cukup krusial dan diperlukan pengecekan secara rutin pada musim hujan tiba. Karena komponen ban mobil ini kamu tidak bisa melakukan kompromi apabila kondisi tapak ban sudah mulai aus atau gundul.

Menyepelekan ban aus dan botak ketika berkendara di kondisi jalan yang basah, maka sama saja dapat memperbesar potensi kecelakaan terjadi. Jadi, jangan lupa untuk memastikan keempat ban mobil dalam kondisi yang baik. Apabila tidak dalam kondisi baik, maka segera lakukan penggantian ban mobil.

Periksa Wiper Mobil

Selain melakukan pengecekan pada ban mobil, kamu juga perlu mengecek wiper mobil yang tak kalah pentingnya ketika musim hujan datang. Kondisi karet wiper perlu diperhatikan agar selalu dalam kondisi baik dan juga tidak getas.

Cek juga air wiper pada bagian ruang mesin dan pastikan sudah terisi penuh. Kerja wiper juga perlu dipastikan dalam kondisi yang baik, cek mode intermittent wiper dapat bekerja sesuai porsinya. Apabila tidak, maka kamu perlu mengeceknya langsung ke bengkel mobil resmi terdekat sekaligus melakukan perbaikan.

Sediakan Payung

Kamu pasti sudah mengetahui pribahasa “Sedia payung sebelum hujan” bukan? Peribahasa tersebut sering terlontar oleh banyak orang untuk saling mengingatkan bahwa perlu selalu waspada dan bersiap ketika kondisi apapun.

Demikian juga ketika musim hujan, pastikan di dalam mobil sediakan minimal satu buah payung untuk digunakan ketika kamu berjalan keluar dari mobil dalam kondisi hujan.

Shampo Mobil

Hal non teknis lainnya yang wajib kamu siapkan selama musim hujan adalah shampoo mobil. Karena memang ketika musim hujan datang dan mobil yang kamu miliki sering kehujanan, mencuci adalah hal yang wajib dilakukan.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga permukaan cat bodi mobil selalu bersih. Namun, pilihlah shampoo mobil yang berkualitas tinggi untuk menjaga kilau cat mobil.

Dan itu dia 4 hal Simpel yang Wajib Disiapkan oleh pemilik mobil ketika musim hujan datang. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan