Tips Otomotif

4 Faktor Aki Mobil Cepat Terkuras

Faktor Aki Mobil Cepat Terkuras – Baterai atau aki mobil adalah salah satu komponen penting di dalam mobil yang sangat membutuhkan perawatan dan juga paling sering diganti karena masa pakainya. Hal tersebut dikarenakan baterai atau aki ini memiliki batas waktu tertentuk untuk menyimpan daya listrik.

Pada umumnya, aki jenis kering dapat bertahan kurang lebih selama 2 tahun. Namun, ada juga kondisi di mana aki mobil dapat habis dalam waktu yang cukup cepat. Bahkan ada beberapa kasus yang hitungannya hanya hari.

Faktor Aki Mobil Cepat Terkuras

Hal tersebut bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari lalainya penggunaan, kerusakan defek atau cacat produksi, kesalahan kecil, hingga penambahan aksesori yang tidak mengikuti standar mobil. Dan berikut ini adalah 4 faktor aki mobil cepat terkuras, untuk mengetahuinya bisa kamu simak di bawah ini :

Penggunaan yang Lalai

Lalai dan ceroboh ketika menggunakan mobil adalah penyebab paling sering terjadi yang membuat aki menjadi terkuras dengan cepat. Salah satu yang sering dilakukan oleh pengguna mobil adalah meninggalkan mobil dalam kondisi kabin yang menyala ketika di parkir semalaman lamanya. Hal tersebut tentu saja akan mengakibatkan aki yang akan terkuras dengan cepat.

Rusaknya Komponen

Lalu faktor kedua adalah kemungkinan ada permasalahan pada komponen mobil altenator atau dinamo. Sehingga hal tersebut membuat mesin tidak melakukan pengisian daya listrik ke aki. Apabila hal ini terjadi, maka cepat atau lambat akin akan mengalami kehabisan daya atau soak. Dan untuk mengatasinya, kamu sebagai pemilik kendaraan perlu langsung mengunjungi bengkel resmi untuk ditangani langsung oleh teknisi yang handal.

Defek

Faktor ketiga adalah bisa jadi aki mengalami defek atau cacat produksi dari pabrikannya. Setiap produsen tentu saja memiliki standar yang berbeda-beda. Namun pada umumnya, untuk model aki kering dapat bertahan selama kurang lebih 2 tahun lamanya atau apabila mobil melaju sejauh 30.000 kilometer. Apabila aki mengalami defek, maka perlu dilakukan pengecekan terlebih dahulu dengan pihak yang sudah ahli untuk memastikannya.

Penambahan Aksesoris

Apabila kamu ingin menambahkan aksesoris pada mobil, maka perlu diperhatikan secara hati-hati. Karena apabila aksesoris yang kamu pasang tidak memenuhi standar, akan menimbulkan gangguan secara sistem. Sebut saja seperti menambah perangkat audio yang tentunya memakan daya besar dan juga menyuntik daya dari aki langsung.

Apabila hal tersebut dilakukan maka kebocoran ketika mobil dimatikan akan terjadi dan dapat menggerus daya aki secara perlahan.

Dan itu dia faktor aki mobil cepat terkuras yang bisa kamu perhatikan dengan seksama. Hindari hal-hal tersebut agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru

Ini Dia Cara Mengaktifkan Fitur Chill Lock Mobil?

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh orang-orang untuk berpergian bersama keluarga. Seiring… Selengkapnya

30 September 2022

Mengenal 4 Jenis Mobil Listrik Yang Telah Beredar di Pasaran!

Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan yang sedang populer. Karena mobil listrik dinilai lebih ramah… Selengkapnya

29 September 2022

Pengertian Harga OTR Dalam Perhitungan Kredit Mobil

Pada saat kamu ingin membeli mobil, kamu akan mendengar istilah OTR. Istilah ini sering digunakan… Selengkapnya

28 September 2022

Harga Honda HRV 2022 Terbaru Beserta Spesifikasinya!

Pada tahun 2022 awal, PT. Honda Prospect Motor mengeluarkan mobil HR-V varian terbaru. Lahirnya Honda… Selengkapnya

27 September 2022

Aki Mobil: Jenis, Spesifikasi, dan Tips Memilih Yang Pas

Aki mobil merupakan ruang penyimpanan energi listrik yang dinamis. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan daya… Selengkapnya

26 September 2022

Bagaimana Tips Perawatan Mobil Listrik Yang Benar?

Mobil listrik merupakan kendaraan yang dibuat dengan tujuan untuk mengurangi polusi udara. Oleh karenanya, Pemerintah… Selengkapnya

24 September 2022