4 Cara Merawat Aki Mobil yang Jarang Dipakai

Cara Merawat Aki Mobil

Cara Merawat Aki Mobil – Pada saat masa pandemi seperti saat ini banyak para pemilik mobil yang lebih memilih untuk diam di rumah saja sehingga mobil kesayangannya mangkrak di garasi karena jarang digunakan. Ketika mobil jarang digunakan, maka kamu sebagai pemilik harus memperhatikan perawatan aki atau baterai mobil. Ketika aki mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama, itu tidak membuatnya menjadi lebih awet. Justru ketika jarang digunakan, aki akan menjadi mudah tekor atau soal pada saat mesin dihifupkan.

Hal tersebut diakibatkan karena tidak adanya siklus pengisian ulang yang biasa terjadi pada saat mesin hidup atau ketika mobil sedang berjalan. Umumnya mobil yang jarang digunakan bisa dilakukan perawatan dengan cara memanaskan mesin mobil.

Cara Merawat Aki Mobil

Namun ada cara perawatan yang lebih detil untuk komponen aki mobil pada saat jarang digunakan. Dikutip dari aman resmi otoloka.id, pada saat mobil terparkir dalam waktu yang lama maka aki mobil akan mengalami penurunan daya walaupun terbilang keci. Maka dari itu, simak beberapa cara merawat aki mobil sendiri secara efektif di bawah ini.

1. Cek Jenis Aki Mobil

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kenali dahulu jenis aki mobil apa yang terpasang pada mobil. Apakah jenis aki mobil basah atau aki kering (maintenance free). Untuk tipe aki basah sendiri cara mengeceknya dengan memerhatikan batas atas dan bawah cairan elektrolit. Ketika cairan mendekati batas bawah berarti cairan harus segera ditambahkan.

Pada tipe aki kering atau maintenance free, terdapat indikator warna kemampuan aki. Untuk warna biru menandakan aki masih dalam kondisi baik, warna putih pertanda aki butuh strum, dan merah artinya wajib diganti.

2. Periksa Terminal Aki

Langkah selanjutnya kamu bisa memulai dengan memeriksa terminal aki atau kondisi baterai aki mobil. Apabila tampak kotoran seperti kerak, maka ada baiknya segera dibersihkan kotoran tersebut. Silakan lepas seluruh konektor aki untuk kemudian siram kerak tersebut dengan menggunakan air hangat.

3. Panaskan Mesin 3 Hari Sekali

Untuk selalu menjaga kondisi aki mobil selalu prima, maka silakan panaskan mesin mobil secara rutin. Ada baiknya setiap 3 hari sekali panaskan mesin agar aki mobil tetap terisi.

4. Jaga Putaran Mesin Secara Stabil

Dengan memanaskan mobil setiap 3 hari sekali memang bisa membantu aki mobil menjadi terisi, namun hal tersebut tidak lah cukup. Kamu perlu membawa mobil untuk jalan keluar rumah selama 10 sampai 15 menit. Hal ini dilakukan untuk mengisi daya aki secara maksimal dan putaran mesin harus dijaga di 1.500 rpm.

Untuk memaksimalkannya, mau tidak mau kamu harus menekan pedal gas secara dalam agar RPM mobil naik sehingga proses pengisian bisa berjalan secara sempurna. Proses ini sebenarnya bisa dilakukan di dalam garasi, namun tentunya akan menimbulkan polus udara yang tidak menyehatkan.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan