Kategori: Info Velg Mobil

Ingin Menggunakan Bracket Sepeda di Mobil? Ketahui Dulu Hal Penting Ini!

Untuk pecinta olahraga  bersepeda, pasti sering sekali mengunjungi tempat-tempat yang jaraknya lumayan jauh untuk mendapatkan track tertentu. Hal ini mengharuskan kamu untuk pergi ke luar kota menggunakan mobil. Kerap kali, hal ini membuat kamu kesulitan untuk membawa sepeda kamu pada mobil. Nah, biasanya kebanyakan orang akan menggunakan bracket sepeda di mobilnya.

Membawa sepeda di mobil biasanya disesuaikan dengan jenis sepeda. Jika sepeda yang kamu bawa jenis folding, lebih mudah untuk diletakan di bagasi karena tinggal dilipat dan tidak membutuhkan banyak ruang. Sedangkan sepeda yang jenisnya full bike harus menggunakan aksesoris tambahan saat membawanya pada mobil.

Pilih Bracket Sepeda di Mobil yang Sesuai

Aksesoris yang bisa digunakan untuk mengangkut sepeda di mobil ada banyak jenisnya, seperti bike rack, bike carrier atau bracket sepeda. Ada yang diletakan di atas kap, digantung dan yang lainnya. Sebaiknya, kamu ketahui dulu plus minus dari masing-masing jenis bracket yang digunakan.

Roof mounted bike racks (Sepeda diletakan di atap mobil)

Bracket sepeda jenis roof mounted bike racks ini merupakan tipe sepeda yang disimpan di atap mobil. Variasi yang dimiliki tipe ini pun terbagi lagi menjadi dua, yaitu fork mounted racks dan frame mounted racks. Keduanya memiliki perbedaan di lengan penjepit frame.

Kelebihan menggunakan bracket sepeda yang diletakan di atap mobil akan membuat kamu lebih mudah memarkirkan mobil sekalipun di medan yang sempit karena tidak terhalang dengan sepeda. Selain itu, memudahkan akses masuk untuk perlengkapan atau penumpang tambahan karena tidak menghalangi pintu bagasi.

Kekurangannya, karena sepeda diletakan di bagian atap mobil maka bisa menjadi penghalang saat mobil melewati bangunan yang atapnya rendah seperti jembatan, pintu masuk mobil, dan yang lainnya. Selain itu, untuk menurunkan sepedanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Rear Mount Bike Racks (Sepeda diletakan di belakang mobil)

Bracket sepeda jenis ini disimpan atau digantung di belakang mobil, tipenya pun terbagi lagi menjadi banyak. Ada hitch racks yang cocok digunakan untuk mobil SUV, trunk racks yang rak sepedanya diikat ke bagasi mobil, dan truck bed racks yang biasanya digunakan pada mobil pick up atau double cabin.

Kelebihan menggunakan rak sepeda ini lebih mudah dijangkau saat akan menaikan dan menurunkan sepeda karena letaknya yang rendah. Selain itu, menggunakan rak sepeda ini lebih mudah untuk dibongkar pasang dan juga tidak perlu khawatir menyangkut seperti rak yg diletakan di atap. Kekurangannya sulit untuk parkir di tempat yang areanya sempit.

Nah, itu dia uraian bracket sepeda yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan saat akan menggunakan bracket sepeda di mobil. Pastikan disesuaikan dengan jenis mobil, medan jalan yang akan dilewati, dan juga area parkir yang akan digunakan ya!

Pos Terbaru

Cara Kerja Kopling Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Kerja Kopling Mobil - Untuk kamu yang memiliki sebuah mobil dengan sistem transmisi manual,… Read More

2 jam lalu

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV

Perbedaan Mobil SUV Dan MPV - Di Indonesia kini sedang ramai dengan persaingan antara mobil… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin - Saat ini, mobil sendiri terbagi atas dua tipe.… Read More

2 hari lalu

Perbedaan Aki Kering dan Basah

Perbedaan Aki Kering dan Basah - Baterai atau aki yang terpasang pada sebuah mobil umumnya… Read More

3 hari lalu

Perbedaan Bea Dan Cukai yang Perlu Diketahui

Perbedaan Bea Dan Cukai - Nama bea cukai mungkin sering didengar oleh banyak orang, terlebih… Read More

3 hari lalu

Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam Dengan Benar

Bagaimana cara menghilangkan baret pada mobil hitam kamu? Timbul baret pada mobil yang memiliki warna… Read More

4 hari lalu