5 Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Untuk menggunakan mobil, kamu perlu menyalakannya dengan starter mobi. Seringkali ditemukan pemilik mobil acuh tak acuh akan kondisi kesehatan komponen mesin sehingga mesin menjadi mogok dan mobil tidak bisa distarter.

Penyebab mobil tidak bisa distarter sendiri cukup banyak, melibarkan beberapa komponen mobil dan tidak selalu karena aki soal. Komponen lain yang dapat memengaruhi mobil tidak bisa distarter adalah dinamo, aki, saluran bensin, bensin yang habis, hingga koil yang overheat.

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Karena mobil yang mogok tidak bisa diprediksi kapan dan di mana, maka tentunya akan merepotkan jika kondisi sedang buru-buru namun tiba-tiba saja mogo. Maka dari itu, ketahui penyebab mobil tidak bisa distarter berikut ini.

1. Busi Mengalami Masalah

Busi sebagai penghantar listrik yang ada di dalam mesin memgang peranan yang sangat penting untuk menghidupkan mesin mobil. Maka dari itu, periksa kondisi busi mobil untuk mengetahui adanya masalah atau tidak. Jika busi kotor, silakan bersihkan dengan lap yang bersih dengan cara menggosok bagian ujung kepala busi dengan lap. Apabila terlanjur rusak, maka mau tidak mau kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Cek Dinamo dan Alternator

Dinamo dan alternator adalah salah satu bagian mobil yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke bagian aki. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka dipastikan aliran listrik tidak akan dapat tersalurkan walaupun kondisi aki dalam kondisi baik sekalipun.

Permasalahan pada kedua kompoenen ini cukup sulit untuk ditangani sendiri, sehingga kamu perlu membawanya langsung ke bengkel mobil langganan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tanda-tanda dinamo atau alternator yang rusak adalah mobil mulai sulit untuk dinyalakan sebelum mogok dan arus listrik mulai tidak stabil.

3. Pompa Bahan Bakar Kotor

Pompa bensin bisa menjadi salah satu penyebab mobil sulit distarter. Pompa bahan bakar ini berperan penting untuk mengatur jalannya aliran bahan bakar di dalam mobil. Penyebab adanya masalah di bagian ini biasanya karena adanya penumpukan kotoran dan juga noda. Bagian ini perlu kamu bersihkan secara rutin ketika kamu melakukan servis mobil.

4 Aki Bermasalah

Aki yang bermasalah adalah hal klasik yang terjadi ketika mobil sulit untuk distarter. Aki sendiri adalah komponen penting yang membuat mobil dapat hidup. Penyebab utama aki soal adalah air aki yang mongering dan tegangan listrik aki kurang.

Kamu hanya memiliki dua pilihan, menggantinya dengan aki baru atau isi ulang air aki mobil kamu. Apabila sudah mengganti aki mobil baru dan mesin mobil tetap tidak mau menyala, maka perikda lagi aki yang suda dibeli. Bisa jadi aki yang kamu beli adalah aki bekas yang direkondisi atau diperbaiki oleh penjualnya.

5. Koil Bermasalah

Komponen terakhir yang menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter adalah koil. Koil yang bermasalah biasanya terjadi akibat hilangnya tegangan arus listrik yang besar ke aki dan juga busi. Akibat hilangnya tegangan arus besar tersebut, arus listrik gagal memantik pijaran bunga api pada busi. Untuk memperbaiki kondisi ini, kamu perlu membawa mobil ke bengkel langganan untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

 

Pos Terbaru

Manfaat Tune Up Untuk Mobil Kesayangan

Manfaat Tune Up - Merawat mobil memang harus dilakukan secara rutin oleh pemilik kendaraan, hal… Read More

24 Juni 2021

Cara Mengerem Mobil dengan Aman

Cara Mengerem Mobil - Pada saat mengendarai sebuah kendaraan khususnya mobil, sektor keamanan perlu sekali… Read More

24 Juni 2021

Apa Itu Gemuk dan Fungsinya pada kendaraan?

Apa Itu Gemuk - Untuk yang sudah paham otomotif atau dunia perbengkelan mungkin sudah tidak… Read More

23 Juni 2021

Apa Itu Pemutihan Pajak Kendaraan?

Sebagai warga negara yang baik, kita diwajibkan membayar kewajiban berupa pajak. Terutama bagi kamu yang… Read More

23 Juni 2021

Kenali Isyarat Lampu Kendaraan pada Truk & Bus

Isyarat Lampu Kendaraan - Keselamatan berkendara adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh para pengguna… Read More

22 Juni 2021

Banyak Dicari, Berikut Harga Mobil Avanza 2019

Harga Mobil Avanza 2019 - Mobil bekas tahun muda memang selalu menjadi pilihan yang cukup… Read More

21 Juni 2021