5 Jenis Marka Jalan yang Perlu Diketahui Agar Selamat

Jenis Marka Jalan

Jalan raya adalah salah satu fasilitas umum yang sangat krusial dalam hal jalur mobilitas sehari-hari, maka dari itu pada jalan raya perlu adanya instrumen tambahan agar pengguna selamat dan juga aman. Salah satu instrumen yang ada di jalan raya adalah marka jalan. Dan perlu diketahui, jenis marka jalan sendiri ternyata terdapat beberapa macam.

Jenis Marka Jalan yang Perlu Diketahui

Sebagai pengguna jalan raya, kita perlu atau wajib mengetahui jenis-jenis marka jalan agar kondisi berkendara bisa semakin aman dan juga nyaman. Maka dari itu, simak penjelasan lengkap mengenaik jenis marka jalan di bawah ini.

Baca Juga: Pengertian Marka Jalan dan Maknanya

Marka Kotak Kuning

Marka yang memiliki bentuk segi empat dengan warna kuning ini biasa ditempatkan di perempatan, fungsinya adalah untuk menahan kendaraan dari keempat arah. Hal ini dilakukan agar persimpangan tidak terjadi kondisi stuck atau mengunci karena adanya kepadatan volume mobil dan motor.

Marka kotak kuning juga biasa disebut sebagai yellow box junction. Adanya yellow box junction ini tentu sangat penting, bahkan wajib diutamakan daripada instrument jalan yang bersifat perintah atau larangan di sekitarnya.

Marka Lambang

Pernahkah kamu melewarti jalan yang terdapat gambar panah, segitiga atua bahkan tulisan? Jika pernah, maka itulah yang dinamakan marka lambang yang fungsinya sebagai penegas rambu lalulintas. Marka ini digunakan sebagai pengulang perintah dari rambu lalu lintas yang telah terpasang. Jadi saat pengemudi melihat marka jalan lambang, ada baiknya segera dipatuhi perintahnya.

Marka Serong

Jenis marka selanjutnya adalah marka serong, marka ini letaknya ada di antara percabangan dua jalan dan bentuknya seperti segitiga. Marka serong digunakan untuk memberi tahu ke pengendara jalan bahwa ada suatu daerah permukaan jalan yang bukan sebagai jalur lalulintas kendaraan.

Marka serong adalah tanda yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau pun melintang. Apabila kamu melihat marka yang satu ini, maka jangan pernah melintasi jalur tersebut kecuali dalam kondisi darurat.

Baca Juga: Aturan dan Fungsi Zebra Cross

Marka Melintang

Marka yang satu ini membentuk tegak lurus terhadap sumbu jalan, fungsinya untuk mengingatkan pengendar untuk berhenti atau mengurangi kecepatannya. Marka ini juga digunakan untuk menjadi penegas rambu di persimpangan yang memiliki lampu lalulintas.

Marka Membujur

Jenis marka jalan yang terakhir adalah marka membujur, marka ini biasanya ditempatkan sejajar dengan sumbu jalan dan juga membaginya. Apabila penempatannya di jalan yang bebas hambatan, biasanya marka membujur ini membagi ruas jalan menjadi tiga atau bahkan lebih sebagai jalur lambat hingga cepat.

Marka membujur sendiri ada yang dibuat secara putus-putus dan ada juga yang tidak putus. Fungsi marka membujur adalah untuk melarang kendaran melintasi garis atau marka tersebut, terutama pada marka yang tidak putus. Kecuali pada marka putus-putus makan pengendara mobil boleh mendahului kendaraan lain.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan