Cara Menghindari Hydroplaning Saat Kondisi Jalan Basah

Cara Menghindari Hydroplaning

Cara Menghindari Hydroplaning – Berkendara menggunakan mobil memang salah satu aktivitas yang cukup sulit bagi sebagian orang. Terutama saat mengemudi di kondisi hujan yang tentunya bisa meningkatkan tingkat kesulitan sekaligus bahaya mengemudi. Dengan berkendara saat hujan, risiko hydroplaning datang bisa saja terjadi kapan saja.

Untuk kamu yang masih awam dengan istilah hydroplaning, maka secara singkat hydroplaning adalah geja yang terjadi pada saat mobil dikendarai di kondisi jalan yang basah lalu keempat ban mobilnya mengalami hilang traksi. Hal ini bisa terjadi karena air menggenang cukup banyak dan membuat ban gagal untuk “membelahnya” dan akhirnya aspal sulit untuk menyentuh aspal.

Apabila mobil mengalami hydroplaning, maka keseimbangan mobil akan membuat kendali tidak bisa dikontrol. Akhirnya mobil akan melaju semaunya hingga bisa menimbulkan risiko yang tidak diinginkan seperti kecelakaan. Maka dari itu sangat penting sekali untuk kamu mengetahui bagaimana cara menghindari hydroplaning. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Menghindari Hydroplaning

1. Jaga Kondisi Ban

Kondisi ban mobil yang selalu prima tentu saja sangat dibutuhkan untuk mendukung perjalanan yang nyaman dan juga aman. Bukan hanya grip saja yang maksimal, melainkan kondisi tapak ban yang baik juga bisa membuat kejadian hydroplaning minim terjadi.

Pada dasarnya tingkat keausan ban mobil juga akan memengaruhi performa dan juga kemampuan untuk mencengkram aspal jalanan. Dengan tapak ban yang aus dan juga gundul, tentu saja air yang ada di dalam telapak ban akan lebih susah untuk dibuang. Hal ini l`ah yang membuat hydroplaning bisa saja terjadi pada saat melewati medan jalan yang basah.

2. Tekanan Angin Ban Mobil

Selanjutnya untuk mencegah hydroplaning terjadi adalah dengan memerhatikan tekanan angin ban mobil kamu. Pastikan tekanan angin ban dalam kondisi yang ideal dengan melihat tekanan standarnya yang berada di stiker pintu pengemudi. Jangan biarkan ban terlalu keras ataupun kurang angin.

3. Minimalisir Rem Mendadak

Ketika sedang mengemudi mobil di kondisi hujan, maka permukaan jalan pun aka nada banyak genangan. Ada baiknya dalam kondisi ini minimalisir penggunaan rem secara mendadak. Hal ini diperlukan karena hasil dari rem yang diinjak secara mendadak akan membuat potensi ban menjadi terkunci dan tidak dapat dikendalikan.

4. Jaga Manuver Mobil

Ketika melewati jalan yang basah, maka silakan pegang erat lingkar kemudi mobil kamu secara benar. Pastikan juga kendali mobil berada dalam kondisi yang baik dan stabil. Hindarilah mengemudi dalam kecepatan yang tinggi.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan