Fungsi Field Coil yang Wajib Kamu Pahami

Fungsi Field Coil

Fungsi Field Coil – Pada saat kamu memutar kunci kontak mobil atau pun menekan tombol agar mesin mobil hidup, disaat yang bersamaan mesin akan berputar dan kemudian melakukan engkol. Namun untuk menuju proses engkol sendiri ternyata tidak segampang yang terlihat, ada banyak komponen yang saling bekerjasama agar mesin bisa hidup dan menjalankan tugasnya dengan benar.

Salah satu komponen penting yang ada di proses tersebut adalah field coil. Fungdi field coil ini dapat membantu mesin pada saat dihidupkan. Untuk mengetahui fungsi komponen penting ini lebih lengkap, maka silakan simak ulasan di bawah ini.

Fungsi Field Coil

Agar bisa dinyalakan, mesin mobil memang membutuhkan aliran udara yang masuk ke dalam. Dan proses ini hanya bisa dicapai dengan menciptakan suction (mesin melakukan ini pada saat berputar). Apabila pada saat proses mesin tidak berputar, maka tidak aka nada udara yang masuk. Dan dengan tidak adanya udara ini, maka akan membuat proses pembakaran bahan bakar akan terhambat.

Komponen Motor Starter

Motor starter sendiri bertanggung jawab untuk menghidupkan mesin mobil selama terjadi pembakaran dan membiarkan segala sesuatunya terjadi. Adapun berikut bagian-bagian dari motor starter yang perlu kamu ketahui beserta fungsi masing-masingny               a.

1. Armatur

Komponen motor starter yang pertama adalah armatur. Armatur sendiri merupakan komponen penghasil daya elektromagnet yang dipasang pada poros penggeran dan juga bantalan untuk menopangnya. Komponen metupakan inti besi lunak yang dilaminasi dan dibungkus dengan banyaknya loop alias gulungan konduktor.

2. Komutator

Komutaror merupakan komponen bagian dari poros bagian belakang rumahan tempat brushes untuk berjalan menghantarkan arus listrik. Komponen ini memiliki dua plat yang dipasang pada poros armature. Plat ini juga menyediakan dua koneksi untuk kumparan electromagnet.

3. Brushes

Burshes adalah komponen yang berjalan pada bagian komutator di belakang rumahan. Fungsinya membuat kontak dengan komutator dan juga menghantarkan arus listrik.

4. Solenoid

Solenoid ini memiliki dua gulungan kawat yang dililitkan di sekitar inti yang bisa dipindahkan. Fungsi solenoid adalah sebagai saklar untuk menutup sambungan listrik dan juga menghubungkan motor starter ke aki kendaraan.

5. Plunger

Cara kerja plunger ini adalah dengan menggunakan baterai kendaraan yang terhubung dengan solenoid untuk mendorong plunger ke bagian depan untuk mengaktifkan pinion.

6. Tuas Garpu

Tuas garpu ini langsung terhubung ke komponen plunger sehingga pada saat plunger tadi terdorong ke depan, maka tuas garpu ini juga akan ikut terdorong.

7. Pinion

Pinion adalah kombinasi unik dari roda gigi dan juga pegas. Pada saat starter mobil sudah aktif, maka roda gigi akan diperpanjang ke dalam rumah gearbox dan langsung terbubung dengan flywheel. Pada saat yang bersamaan mesin akan mulai bekerja untuk memulai proses pembakaran.

8. Field Coil

Seluruh bagian akan ditempatkan dan juga ditahan sekrup pada rumah mesin. Di dalamnya bisa terdapat dua hingga empat field coil yang terhubung secara seri. Komponen ini ditenagai oleh baterai yang mengubah kumparan menjadi electromagnet kemudian menggerakan komponen armatur.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan