Tips Otomotif

Adaptive Cruise Control Alphard, Daftar Fitur Terupdate

Toyota Alphard – PT. Toyota Astra Motor baru saja mengupdate fitur terbaru pada mobil Alphard terbaru, yaitu adaptive cruise control (ACC). Fitur ini berfungsi untuk menahan laju kendaraan berdasarkan kecepatan yang diinginkan tanpa perlu menginjak pedal gas mobil.

Fitur adaptive cruise control ini sudah menggunakan teknologi laser. Tujuannya untuk membaca jarak transportasi lain yang berada di depan. Ketika jarak mobilnya sudah dekat maka akan mengerem secara otomatis. Saat jarak mobilnya masih terlalu jauh, kecepatan mobil akan meningkat sesuai dengan pengaturan kecepatan terakhir.

Varian mobil Alphard yang sebelumnya memang telah dilengkapi oleh fitur adaptive cruise control. Namun, fitur ACC pada mobil Alphard terbaru telah mengalami penyempurnaan. Fitur ACC pada mobil Alphard  terbaru dapat diaktifkan pada kecepatan 0 km/jam. Hal ini tentu berbeda dengan fitur ACC pada versi sebelumnya yang mana hanya bisa diaktifkan pada kecepatan 50 km/jam.

Menurut Direktur PT. Toyota Astra Motor, Susumu Matsuda dengan adanya pembaruan fitur adaptive cruise control diharapkan lebih memberikan kenyamanan dan tingkat keselamatan pengemudi jadi meningkat.

Baca Juga: Modifikasi Alphard Pakai Velg HSR Wheel

Berikut Ini Daftar Fitur Toyota Safety Sense Pada Mobil Alphard Terbaru

Berikut ini fitur-fitur Toyota safety sense pada mobil Alphard terbaru:

1. Fitur Pre-Collision System (PCS) Pada Mobil Alphard

Fitur ini mengandalkan sensor kamera dan radar untuk membaca keberadaan objek lain di depan mobil, seperti pejalan kaki.

Apabila sistem ini mendeteksi adanya kemungkinan kecelakan, maka fitur ini akan memberitahumu agar dapat menghindar.

Tidak hanya itu, disaat kendaraanmu benar-benar akan tertabrak maka fitur ini akan mengerem secara otomatis untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

2. Fitur Dynamic Radar Cruise Control

Fitur ini berfungsi untuk mendeteksi kendaraan lain yang berada di depan mobilmu dan akan menjaga jarak dengan kendaraan lainnya.

Dengan adanya kamera depan, fitur ini memperhitungkan ada berapa banyak kendaraan di depannya dengan baik termasuk juga mendeteksi marka jalan.

Saat ada kendaraan yang mendekati secara tiba-tiba maka mobilmu akan mengurangi kecepatannya dan mengerem secara otomatis.

3. Fitur Lane Departure Alert Pada Alphard

Fitur Lane Departure Alert menggunakan sensor kamera untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan saat pengemudi melakukan microsleep atau tertidur pulas dalam waktu beberapa detik.

Selain itu, fitur LDA juga akan memberitahu jika ada mobil yang menjauh dari posisi yang seharusnya. Namun, fitur ini tidak dapat menghindari resiko kecelakaan sepenuhnya. Karena tetap ada andil kendali dari pengendara LDA ini hanya meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Cara Menghemat Bensin Mobil Yang Perlu Kamu Tahu

4. Fitur Automatic High Beam Pada Alphard

Fitur ini menggunakan sensor kamera untuk memberitahu apakah ada kendaraan di depannya atau dari arah yang berlawanan saat kamu berpergian di malam hari.

Selain itu, terdapat lampu berwarna hijau saat jarak dan daya pandang mengemudi meningkat. Begitu juga lampu utama yang meningkat jika ada kecelekaan di depannya. Fitur ini dapat membuat pengemudi kebih waspada dan membaca secara cepat jika ada marabahaya.

5. Fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) Pada Alphard

Fitur ini berfungsi untuk memberikan peringatan saat tekanan ban mobilmu rendah. Dengan adanya fitur ini, akan membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan menghindari terjadinya kecelakaan akibat tekanan ban mobil yang rendah.

6. Fitur Intelligent Clearance Sonar (ICS)

Fitur ini memiliki fungsi untuk memberitahu saat ada objek di dekat kendaraan. Dengan adanya fitur ini maka akan sangat membantu saat parkir di tempat yang terbilang sempit.

Baca Juga: Fungsi Safety Belt (Sabuk Pengaman Mobil) dan Jenisnya

Artikel Terbaru

Simak Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online!

Plat nomor kendaraan merupakan identitas bagi setiap pemilik kendaraan. Dengan adanya nomor polisi atau plat… Selengkapnya

7 Juli 2022

Ini Dia, Cara Ganti Plat Mobil 5 Tahunan & Biayanya!

Plat nomor atau nomor polisi merupakan suatu identitas atas kepemilikan dari suatu kendaraan. Fungsi utamanya… Selengkapnya

7 Juli 2022

6 Cara Beli Mobil Online Yang Perlu Kamu Tahu

Seiring berkembangnya teknologi, membeli mobil sudah dapat dilakukan secara online. Pembeli tidak perlu datang langsung… Selengkapnya

6 Juli 2022

5 Perbedaan Oli Motor dan Mobil, Simak Ya!

Pada dunia otomotif, oli mobil dan motor seringkali disamakan. Padahal kedua zat cair tersebut jelas-jelas… Selengkapnya

5 Juli 2022

5 Penyebab Mobil Terbakar Saat Parkir

Penyebab mobil terbakar terdiri dari berbagai faktor. Salah satu penyebabnya karena korsleting listrik. Misalnya karena… Selengkapnya

5 Juli 2022

Gimana Sih Tips Memilih Ban Mobil Agar Awet & Nyaman?

Tips memilih ban mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan merupakan sesuatu yang penting. Hal ini… Selengkapnya

4 Juli 2022