5 Manfaat Balancing Mobil yang Wajib Diketahui

Manfaat Balancing Mobil

Manfaat Balancing Mobil – Setelah sebelumnya kita sudah membahas tanda mobil perlu di spooring, maka di artikel kali ini kita akan membahas perawatan yang harus dilakukan selanjutnya setelah spooring. Balancing adalah proses penyegaran kaki-kaki mobil yang biasanya dilakukan setelah spooring telah dilakukan. Nah ada beberapa kondisi yang menjadi tanda bahwa mobil kamu perlu dilakukan balancing. Berikut beberapa kondisi yang harus kamu ketahui bahwa mobil kamu perlu balancing :

  • Lingkar kemudi alami getaran yang tidak nyaman
  • Laju mobil lebih condong mengarah ke kiri atau ke kanan
  • Kemudi atau setir terasa sangat berat
  • Mobil terasa miring dan ban seolah sempit

Apa Itu Balancing Mobil?

Balancing adalah proses menyeimbangkan kombinasi berat ban dengan velg agar putaran radius yang ada di roda menjadi lurus dan tidak godeg. Pada saat ban dan velg berputar di permukaan jalan, maka mereka akan menyalurkan gaya dan juga torsi pada sumbu roda. Balancing ini memastikan beban yang ditahan oleh velg dan ban terdistribusi dengan baik secara merata. Jika sudah dibalancing dan kembali normal, maka ban akan berputar dengan sempurna serta tingkat keausan akan merata sehingga awet digunakan.

Manfaat Balancing Mobil

Manfaat balancing mobil sendiri tidak hanya untuk menyeimbangkan ban di kendaraan. Lebih dari itu, balancing juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti diantaranya adalah :

1. Efisiensi Bahan Bakar

Ketika beberapa bagian mobil tidak tertata dengan baik, maka ban mobil akan bekerja seperti yang tidak seharusnya. Karena masalah ini, mesin mobil akan menjadi bekerja lebih keras agar mobil dapat melaju ke depan. Dan dampak dari masalah ini tentu saja pemakaian bahan bakar akan meningkat dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

Dengan dilakukannya balancing roda, maka masalah yang disebutkan di atas tentu saja tidak akan terjadi lagi. Dan otomatis, penggunaan bahan bakar pun akan menjadi normal bahkan cenderung efisien.

2. Mengurangi Biaya Perbaikan Mobil

Bagian mobil terutama ban yang tingkat keausannya tidak merata bisa menyebabkan mobil menjadi rusak sebelum waktunya tiba. Ketika ban mobil melindas lubang di jalan, setir mobil dan juga sistem suspensinya akan terkena imbas buruknya. Dan ketika bagian-bagian tersebut mengalami kerusakan, tentu saja kamu akan mengeluarkan biaya perbaikan yang cukup mahal.

3. Berkendara Jadi Mulus

Ketika ban mobil belum di balancing, biasanya kamu akan merasakan pada saat berkendara bahwa kemudi setir bergerak sendiri ke arah kanan dan kiri padahal posisi kemudi sedang lurus. Dan akibat masalah ini, proses mengemudi pun menjadi tidak mulus serta tidak nyaman.

4. Tingkat Keselamatan Menjadi Terjamin

Dengan melakukan perawatan mobil secara rutin, maka seluruh komponen yang ada pun akan bekerja dengan baik, termasuk kaki-kaki mobil. Terlebih bagian kaki-kaki adalah bagian yang cukup vital di sektor keamanan mobil. Untuk itu, jangan lupa untuk lakukan balancing roda yah.

5. Memperpanjang Usia Ban Mobil

Seperti yang diketahui, ban mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting dan juga memiliki harga yang cukup mahal. Ban akan menjadi cepat rusak apabila pemeliharaan dengan balancing tidak dilakukan secara rutin. Apabila mobil selalu tepat waktu untuk dilakukan balancing, maka ban akan menjadi awet dan tentunya pemilik tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menggantinya. Kecuali memang apabila ban benar-benar rusak.

Toko Balancing Mobil Terbaik

Untuk kamu yang ingin melakukan balancing roda pada mobil kesayangan, jangan asal pilih toko balancing terdekat yang belum terjamin reputasinya. Karena memang, apabila proses balancing ini ditangani secara asal-asalan, maka hasil yang didapat pun tidak akan maksimal.

HSR Wheel adalah brand velg mobil asli Indonesia yang memiliki 75 dealer resmi di seluruh Indonesia. Seluruh dealer HSR Wheel tersebut sudah terpasang alat spooring 3D dan juga balancing yang tentunya ditangani oleh SDM berpengalaman di bidangnya. Untuk harganya pun sangat terjangkau dibandingkan bengkel-bengkel umum lainnya, silakan datang langsung untuk membuktikannya.

Selain mendapatkan harga yang sangat terjangkau, kamu juga akan mendapatkan pelayanan spooring dan balancing terbaik dari mekanik berpengalaman. Untuk itu, silakan datang langsung ke seluruh dealer resmi HSR Wheel di Indonesia. Untuk mengetahui alamat lengkapnya, silakan kunjungi laman HSR Wheel Spooring dan Balancing.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan