Bearing Roda Mobil Cepat Rusak, Haiser Perlu Tahu Sebabnya

Alasan Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

Halo Haiser, Pernah kah kalian mengalami bearing roda mobil cepat rusak? Biasanya, hal tersebut disebabkan karena mobil brother semua terlalu sering digunakan pada medan jalan off-road. Hayooo, ngerasa gak nih sering lewatin jalanan yang rusak?

Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

Perlu haiser ketahui, bearing roda mobil ini memiliki fungsi untuk pergerakan ban mobil. Ada beberapa sebab bearing roda mobil cepat rusak. Dikutip melalui laman resmi Auto2000, berikut informasi lengkapnya yang bisa bother simak di bawah ini :

Jalanan Rusak Bro

Kalian pasti paham mengenai masing-masing mobil memiliki kemampuan yang berbeda-beda ketika melewati medan jalanan rusak. Maka dari itu, para Haiser yang memiliki mobil perlu tahu perbedaan dari sisi peruntukkan mobil, komponen kaki-kaki mobil yang digunakan, hingga bentuk dan jenis ban mobil yang kalian gunakan.

Hal tersebut perlu dipahami karena apabila mobil sering melewati jalanan rusak tanpa adanya kemampuan melewatinya secara terus-menerus, maka kemungkinan bearing roda mobil rusak akan semakin besar.

Air, Kenapa?

Ternyata air juga bisa membuat bearing roda mobil kalian cepat rusak loh, kok bisa? Hal Ini disebabkan ada air yang masuk ke dalam bearing roda yang tentu saja hal tersebut merupakan hal yang tidak bagus. Sistem kerja bearing ini sangat membutuhkan pelumas agar dapat bekerja secara optimal.

Dan ketika bearing sudah tercampur dengan air, maka otomatis daya lumasnya akan berkurang drastis. Pelumas pada bearing sendiri berfungsi untuk meminimalisir proses gesekan yang terjadi di dalamnya, selain itu juga pelumas berfungsi untuk menghindari komponen aus.

Untungnya, kondisi bearing yang kemasukan air ini bukanlah suatu perkara yang sering ditemukan pada mobil biasa. Kerusakan bearing akibat air ini biasa terjadi dan muncul pada mobil khusus off-road ataupun mobil yang melewati jalanan banjir untuk beberapa kali.

Gemuk

Para Haiser pasti tau kan apa itu gemuk? Gemuk atau grease adalah media pelumas yang mampu memberikan kontribusi pada kinerja bearing. Nah, apabila kalian menggunakan gemuk dengan kualitas yang tidak bagus, maka akan memiliki dampak buruk yang cukup besar.

Ketika proses gesekan ini terus berlanjut, maka akan timbul panas yang sebenarnya tak terlalu menjadi masalah karena masih batas wajar. Namun, apabila panas ini terus muncul dan dipadukan dengan kualitas gemuk yang tidak bagus maka akan timbul bahaya. Volume gemuk tentu akan menyusut, bahkan hingga mengering. Dan pada akhirnya proses pelumasan bearing tidak dapat bekerja dengan baik dan membuat bearing menjadi rusak.

Ban Mobil Terlalu Besar Bro

Ukuran ban mobil yang besar memang identik dengan mobil off-road. Tentu saja penggunaan ban jenis ini cocok untuk medan jalan yang bebatuan, terjal, dan juga lubang yang dalam. Dari sisi penampilan juga mobil akan tampil lebih gagah.

Namun perlu Haiser ketahui, ukuran ban mobil yang besar juga dapat mempengaruhi bobot mobil itu sendiri. Beban yang akan ditanggung oleh bearing juga akan menjadi lebih besar dibandingkan penggunaan ban standar. Namun, jika kamu memang senang melakukan aktivitas off-road ini, maka kejadian bearing rusak mungkin sudah menjadi makanan rutin yang akan dirasakan.

Dan itu dia penyebab bearing roda mobil cepat rusak yang bisa Haiser ketahui. Hindari hal-hal tersebut untuk mengurangi beberapa kerusakan yang akan terjadi pada bearing mobil. Semoga bermanfaat.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan