Cara Menghemat Bensin Mobil Yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengemat Bensin

Bensin Paling Irit- Sebagai pemilik kendaraan, pernah tidak kamu kesal karena bensin mobilmu cepat sekali habisnya? Padahal baru minggu kemarin diisi, belum sampai tiga hari bensin sudah habis lagi.

Hal tersebut hampir dirasakan oleh semua pemilik kendaraan mobil. Hemat bahan bakar merupakan impian bagi setiap pemilik kendaraan karena dengan irit bahan bakar maka akan lebih menghemat uang. Bayangkan saja jika dalam satu minggu, kamu melakukan pengisian bahan bakar sebanyak tiga kali maka kamu butuh uang sekitar 500 ribu hanya untuk konsumsi bahan bakar saja. 

Salah satu cara untuk bisa irit bensin adalah tidak menggunakan kendaraan. Namun, hal itu sangat sulit untuk dilakukan karena padatnya aktivitas yang memerlukan kamu pergi dengan kendaraanmu. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai cara menghemat bensin mobil. Simak artikel di bawah ini sampai selesai ya!

Baca Juga: Mengisi Bensin, Jangan Sampai Full Tank

Cara Irit BBM Mobil

Cara Hemat Bensin
Credit by Unsplash Why Kei

1. Memiliki Kecepatan Yang Stabil Dalam Berkendara

Salah satu cara irit BBM mobil adalah dengan mengatur kecepatan mobil. Apabila kamu mengendarai mobil dengan kecepatan yang stabil maka akan lebih hemat BBM.

Beda halnya jika kamu mengendarai mobil dengan kecepatan yang naik turun maka akan membuat efisiensi bensin akan turun seiring dengan penambahan kecepatan dalam berkendara.

Alangkah baiknya kamu mengendarai dengan kecepatan pada putaran ekonomis, yaitu diantaranya 2.000-2.500 rpm dan apabila mobil kamu sudah ada fitur eco-driving maka sebaiknya kamu gunakan fitur tersebut.

2. Gunakan AC Seperlunya Saja

Salah satu penyebab bahan bakar pada kendaraanmu sering habis karena kamu selalu menyalakan AC mobil. Air Conditioner (AC) akan menyedot tenaga mesin yang pada akhirnya dapat membuat konsumsi BBM meningkat. Namun saat kamu mengendarai mobilmu dengan kecepatan tinggi maka akan lebih hemat BBM daripada membuka jendela karena adanya tekanan hambatan aerodinamis yang ditimbulkan dari membuka jendela

3. Kurangi Beban Mobil

Beban yang berlebihan membuat konsumsi bensin meningkat. Setiap ada penambahan beban 100 kg maka akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 6-7 persen, Oleh karena itu, sebaiknya kamu membawa barang-barang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Apalagi pada saat momen pulang kampung, kebanyakan orang membawa barang yang cukup banyak bahkan terkadang sampai melebihi kapasitas mobil.

4. Periksa Tekanan Mobil Agar Hemat BBM

Mobil yang kekurangan tekanan angin meningkatkan konsumsi bensin. Karena ban mobil yang kekurangan tekanan angin akan menciptakan rolling resistance yang lebih besar daripada biasanya. Sebab permukaan ban yang bersentuhan dengan jalan menjadi lebih besar. Sehingga laju mobil menjadi terhambat. Akibatnya, konsumsi bensin meningkat.

5. Lakukan Service Mobil Secara Berkala

Salah satu penyebab konsumsi bahan bakar meningkat karena salah satu komponen mobil ada yang rusak. Dengan kamu selalu melakukan service mobil secara teratur, kinerja mesin mobil akan tetap optimal. Akibatnya konsumsi bensin menjadi lebih efisien. Lakukanlah perawatan mesin mobil setiap enam bulan sekali.

6. Bijaklah Dalam Mengerem Mobil

Konsumsi BBM meningkat dapat disebabkan karena terlalu sering mengerem. Apabila kamu terlalu sering  mengerem mobil secara tiba-tiba maka akan mengeluarkan banyak energi. Oleh karena itu, hindari menginjak rem secara mendadak kecuali dalam keadaan darurat. Dengan begitu, akan lebih menghemat bensin sekitar 5-10 persen.

7.  Gunakan Bahan Bakar Paling Irit

Cara menghemat bensin, kamu bisa menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan oktan yang tinggi. Namun harus disesuaikan dengan rasio kompresinya. Oleh karena itu, gunakanlah jenis bahan bakar yang tepat sesuai dengan jenis mobilmu. Dengan begitu akan membuat mesin bekerja lebih efisiensi dan akan hemat bensin.

Nah, itu cara menghemat bensin mobil yang wajib kamu ketahui sebagai pemilik kendaraan. Dengan begitu, uang yang seharusnya untuk membeli bensin dapat kamu sisihkan untuk membeli keperluan yang lain.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Bensin pada Kabin Mobil Dengan Mudah

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan