Kategori: Pilihan Editor

Mengisi Bensin, Jangan Sampai Full Tank

Mengisi bensin atau bahan bakar minyak (BBM) tentunya sudah menjadi sebuah kebutuhan pokok bagi orang yang memiliki kendaraan, khususnya bagi pengendara mobil. Bagaimana tidak, tanpa bensin sudah pasti mobil kamu tidak bisa melaju dengan lancar di jalanan. Ditambah lagi, bensin merupakan sumber energi utama bagi kendaraan untuk mendukung kinerja lainnya.

Mengapa Mengisi Bensin Tidak Perlu Sampai full tank?

Mengisi BBM mobil kamu isi secara full tank ternyata banyak memberikan kerugian daripada keuntungannya. Tentunya, kamu akan selalu mengisi bahan bakar jika merasa sudah mendekati garis minimal atau mencapai titik ‘E’ yang berarti emergency di indikator bahan bakar. Kemudian, kamu pasti akan segera mengisi BBM dengan kapasitas penuh agar tidak perlu khawatir lagi bensin cepat habis dan repot untuk kembali lagi ke pom bensin.  Padahal, kebiasaan ini dapat memberikan dampak buruk bagi kendaraan dan keselamatan diri kamu. Mengapa? Simak penjelasannya di bawah ini.

Menimbulkan Kerugian

Ketika kamu mengisi bensin full sampai lubang permukaan tangki pengisian hanya akan membuang sisa-sisa bensin yang tidak lagi tertampung begitu saja. Selain itu, jika tangki bensin kamu sudah modern, bensin yang penuh malah akan terhisap kembali ke tangki SPBU.

Memicu Timbulnya Ledakan

Tangki bensin yang terisi penuh juga akan sangat membahayakan karena suhunya dapat meningkat. Akibatnya, bensin menjadi panas dan suhunya menjadi tidak seimbang. Hal ini dapat terjadi akibat tidak ada udara dalam tangki untuk membantu bensin menguap, sehingga menjadi pemicu timbulnya ledakan.

Meningkatkan Resiko Kebakaran

Mobil yang sudah terisi penuh bensin dapat memicu resiko kebakaran jika ternyata tidak disadari sedang berada dekat dengan sumber api. Kamu pastinya tidak ingin hal ini terjadi akibat mengisi full tank.

Kapan saatnya harus mengisi bensin di SPBU?

Ketika kamu akan mengisi bensin, sebaiknya lakukan pengisian pada saat temperatur tanah di SPBU sedang dalam keadaan dingin. Jika temperatur tempat penyimpanan bawah tanahnya dingin, artinya berat jenis bahan bakarnya menjadi semakin padat. Sebaliknya, jika dalam keadaan panas maka akan mengembang. Jika kamu ingin bensin terisi secara optimal, jangan lakukan di siang hari saat suhu sedang panas. Sehingga, kamu disarankan untuk mengisi bensin di pagi hari.

Pos Terbaru

Isi Air Radiator, Lebih Baik dengan Apa?

Ketika mengisi air radiator mobil, maka tak jarang banyak orang yang menggunakan cairan khusus atau… Read More

2 hari ago

Mau Tampil Sporty? Inilah Tips Modifikasi Honda City!

Sebelum melakukan modifikasi Honda City, biasanya kamu akan mencari berbagai referensi berkaitan dengan hal itu.… Read More

3 hari ago

Tarif Pajak Plat Nomor Cantik Terbaru

Saat di jalan raya, kamu pasti pernah melihat atau menginginkan plat nomor cantik dengan angka… Read More

4 hari ago

Ayla Modifikasi, Berani Tampil Beda di Kelas LCGC!

Pada dasarnya, Ayla modifikasi sering kali menjadi pilihan yang tepat untuk membuat tampilan mobil LCGC… Read More

5 hari ago

Bengkel Modifikasi Mobil

Melakukan modifikasi sangat lazim dilakukan oleh para pecinta mobil. Selain bertujuan untuk keindahan atau estetika,… Read More

6 hari ago

Inilah 4 Tips Memilih Tempat Kursus Setir Mobil!

Pada dasarnya, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih tempat kursus setir mobil. Apalagi, kamu perlu… Read More

6 hari ago