Telat Ganti Kampas Rem, Ini Dia Dampaknya

Memiliki sebuah mobil bukan berarti tinggal memakainya saja, tetapi perlu lakukan pengecekan dan perawatan komponen. Hal ini perlu dilakukan agar setiap kamu berpergian, perjalanan menggunakan mobil kesayangan menjadi lebih aman dan nyaman.

Salah satu komponen yang perlu diperiksa secara rutin adalah bagian pengereman. Sebab, jika kondisi komponen rem ini tidak dalam kondisi yang baik bisa menyebabkan risiko yang fatal. Untuk memeriksanya kamu bisa memulai dari melihat kondisi minyak rem kemudian berlanjut pada kampas remnya.

Ketahui Dampak dari Telat Ganti Kampas Rem

Komponen pengereman memang perlu diperiksa secara rutin, sebab kondisi rem yang kurang pakem bisa membahayakan keselamatan. Komponen pengereman yang perlu diperiksa salah satunya adalah kampas rem karena bertugas untuk mengurangi kecepatan atau putaran roda.

Ini Dia Dampak Telat Ganti Kampas Rem

Namun kampas rem ini juga merupakan komponen yang bisa habis, sehingga perlu segera kamu ganti. Telat ganti kampas rem mobil bisa Kamu juga perlu ketahui bahwa telat ganti kampas rem bisa berdampak buruk untuk keawetan komponen lainnya. Maka dari itu kamu perlu ketahui apa saja dampak dari telat ganti kampas rem berikut ini.

Piringan Cakram Rem Menjadi Baret

Ketika kampas rem sudah habis, plat besi dudukan kampas rem akan bergesekan dengan piringan cakram. Hal ini akan membuat cakram rem menjadi baret. Bahkan jika kampas rem yang sudah habis terus dipakai bisa membuat permukaan terkikis.

Pengereman Menjadi Kurang Pakem

Dampak selanjutnya dari telat ganti kampas rem adalah membuat pengereman menjadi tidak maksimal. Hal ini disebabkan karena dari jepitan kampas rem ke piringan cakram sudah tidak mencengkram dengan sempurna.

Itulah dampak yang terjadi pada komponen pengereman ketika kamu telat ganti kampas rem. Jadi usahakan untuk segera mengganti kampas rem mobil kamu ketika sudah mulai habis. Usahakan jangan sampai merusak komponen pengereman lain karena bisa membuat kamu mengeluarkan biaya ekstra untuk memperbaikinya.

Selain itu, komponen pengereman merupakan komponen keselamatan. Jika kondisi kampas rem sudah habis, bisa membahayakan diri kamu dan penumpang lainnya.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan