Fungsi Safety Belt (Sabuk Pengaman Mobil) dan Jenisnya

Fungsi Safety Belt

Salfety belt adalah alat untuk menahan penumpang agar tidak terlempar dari tempat duduknya saat mengerem mendadak atau kecelakaan. Salfety belt atau sabuk pengaman sangat penting digunakan saat kamu ingin berpergian menggunakan mobil. Namun, masih banyak pengemudi atau penumpang yang mengabaikan pentingnya menggunakan safety belt saat berkendara.

Padahal safety belt memiliki fungsi yang penting sekali untuk penumpang atau pengendara mobil. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai fungsi darl sabuk pengaman dan jenis-jenis safetly belt. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai !

Baca Juga: 3 Kesalahan Ketika Memasang Baby Car Seat

Fungsi dari Safety Belt

Berkendara di jalan raya merupakan sesuatu yang berbahaya dan membutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Untuk meminimalisir kecelakaan, sebaiknya pengendara mematuhi peraturan tata tertib di jalan.

Selanjutnya, sangat diperlukan juga agar pengemudi maupun penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Berikut ini alasan mengapa pengemudi dan penumpang wajib menggunakan sabuk pengaman saat berpergian:

1. Mencegah Tubuh Terpelanting ke Depan

Saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan mengerem mendadak maka akan menyebabkan tubuh terdorong ke depan. Apabila kamu tidak menggunakan sabuk pengaman maka kepala kamu akan terbentur dengan kaca bagian depan mobil. Jika itu terjadi, bisa mengakibatkan ganggan kinerja sistem saraf dan dapat menyebabkan kematian.

Namun, jika kamu menggunakan sabuk pengaman mobil maka tubuh akan tertahan. Artinya, akan melindungi tubuh kamu dari benturan mobil.

2. Mencegah Pengendara atau Penumpang Terlempar Keluar Mobil

Ketika mobilmu melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi dan tiba-tiba ada kendaraan di depan mobilmu. Maka kamu akan banting setir atau mengerem. Apabila kamu telah menggunakan sabuk pengaman maka tubuhmu akan tertahan di tempat duduk. Namun, jika kamu tidak menggunakan safety belt, tubuhmu bisa terlempar ke luar.

3. Memberikan Kenyamanan Saat Berkendara

Menggunakan sabuk pengaman atau safety belt dapat memberikan kenyamanan saat berkendara. Tidak hanya dalam keadaan darurat namun dalam kondisi biasa pun akan membuat penumpang lebih aman dan terhindar dari rasa takut.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Inilah 6 Fitur Keselamatan pada Mobil

Jenis-Jenis Safety Belt

Berikut ini jenis-jenis safety belt yang dijual melalui market place atau bengkel mobil yang dekat di kotamu. Setiap jenis safety belt memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis safelty belt:

1. Sabuk Pengaman Satu Titik Pangkuan

Bentuk dari safety belt yang ini sangat sederhana dan hanya terdiri dari satu buah sabuk. Menggunakannya juga cukup simple, hanya dengan menyilangkan di atas pangkuan penumpang. Sabuk ini biasanya digunakan pada jenis mobil yang berumur sudah cukup tua.

2. Safety Belt Dua Titik

Untuk safety belt ini terdiri dari dua buah sabuk. Sistem penahannya memakai dua titik, yaitu bagian dada dan perut. Cara menggunakan sabuk ini dengan disilangkan saja atau biasa disebut dengan sabuk diagonal.

3. Sash

Cara menggunakan sabuk pengaman mobil ini dengan merintang melalui bahu. Kelemahan menggunakan sabuk ini adalah mudah lepas saat digunakan.

4. Pangkuan dan Sash

Safety belt ini merupakan perpaduan antara sabuk pengaman pangkuan dan sash. Sabuk ini terdiri dari dua bagian yang terpisah dan pada umumnya digunakan pada kursi bagian belakang.

5. Safety Belt Tiga Titik

Bentuk safety belt yang satu ini berkesinambungan dan menebarkan energi dari tubuh yang bergerak saat terjadi kecelakaan. Sabuk pengaman ini melindungi bagian dada, bahu, dan selangkangan.

Menggunakan safety belt merupakan kewajiban bagi pengendara maupun penumpang mobil. Selain untuk mematuhi tata tertib lalu lintas, menggunakan safety belt juga bisa meminimalisir terjadinya kecelakan.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Airbag untuk Melindungi Cedera Serius Saat Tabrakan

 

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan