Tips Otomotif

Fungsi Safety Belt (Sabuk Pengaman Mobil) dan Jenisnya

Salfety belt adalah alat untuk menahan penumpang agar tidak terlempar dari tempat duduknya saat mengerem mendadak atau kecelakaan. Salfety belt atau sabuk pengaman sangat penting digunakan saat kamu ingin berpergian menggunakan mobil. Namun, masih banyak pengemudi atau penumpang yang mengabaikan pentingnya menggunakan safety belt saat berkendara.

Padahal safety belt memiliki fungsi yang penting sekali untuk penumpang atau pengendara mobil. Pada artikel kali ini, HSR Wheel akan membahas mengenai fungsi darl sabuk pengaman dan jenis-jenis safetly belt. Simak ulasan di bawah ini sampai selesai !

Baca Juga: 3 Kesalahan Ketika Memasang Baby Car Seat

Fungsi dari Safety Belt

Berkendara di jalan raya merupakan sesuatu yang berbahaya dan membutuhkan tingkat kewaspadaan yang tinggi. Untuk meminimalisir kecelakaan, sebaiknya pengendara mematuhi peraturan tata tertib di jalan.

Selanjutnya, sangat diperlukan juga agar pengemudi maupun penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Berikut ini alasan mengapa pengemudi dan penumpang wajib menggunakan sabuk pengaman saat berpergian:

1. Mencegah Tubuh Terpelanting ke Depan

Saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan mengerem mendadak maka akan menyebabkan tubuh terdorong ke depan. Apabila kamu tidak menggunakan sabuk pengaman maka kepala kamu akan terbentur dengan kaca bagian depan mobil. Jika itu terjadi, bisa mengakibatkan ganggan kinerja sistem saraf dan dapat menyebabkan kematian.

Namun, jika kamu menggunakan sabuk pengaman mobil maka tubuh akan tertahan. Artinya, akan melindungi tubuh kamu dari benturan mobil.

2. Mencegah Pengendara atau Penumpang Terlempar Keluar Mobil

Ketika mobilmu melaju dengan kecepatan yang sangat tinggi dan tiba-tiba ada kendaraan di depan mobilmu. Maka kamu akan banting setir atau mengerem. Apabila kamu telah menggunakan sabuk pengaman maka tubuhmu akan tertahan di tempat duduk. Namun, jika kamu tidak menggunakan safety belt, tubuhmu bisa terlempar ke luar.

3. Memberikan Kenyamanan Saat Berkendara

Menggunakan sabuk pengaman atau safety belt dapat memberikan kenyamanan saat berkendara. Tidak hanya dalam keadaan darurat namun dalam kondisi biasa pun akan membuat penumpang lebih aman dan terhindar dari rasa takut.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Inilah 6 Fitur Keselamatan pada Mobil

Jenis-Jenis Safety Belt

Berikut ini jenis-jenis safety belt yang dijual melalui market place atau bengkel mobil yang dekat di kotamu. Setiap jenis safety belt memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini jenis safelty belt:

1. Sabuk Pengaman Satu Titik Pangkuan

Bentuk dari safety belt yang ini sangat sederhana dan hanya terdiri dari satu buah sabuk. Menggunakannya juga cukup simple, hanya dengan menyilangkan di atas pangkuan penumpang. Sabuk ini biasanya digunakan pada jenis mobil yang berumur sudah cukup tua.

2. Safety Belt Dua Titik

Untuk safety belt ini terdiri dari dua buah sabuk. Sistem penahannya memakai dua titik, yaitu bagian dada dan perut. Cara menggunakan sabuk ini dengan disilangkan saja atau biasa disebut dengan sabuk diagonal.

3. Sash

Cara menggunakan sabuk pengaman mobil ini dengan merintang melalui bahu. Kelemahan menggunakan sabuk ini adalah mudah lepas saat digunakan.

4. Pangkuan dan Sash

Safety belt ini merupakan perpaduan antara sabuk pengaman pangkuan dan sash. Sabuk ini terdiri dari dua bagian yang terpisah dan pada umumnya digunakan pada kursi bagian belakang.

5. Safety Belt Tiga Titik

Bentuk safety belt yang satu ini berkesinambungan dan menebarkan energi dari tubuh yang bergerak saat terjadi kecelakaan. Sabuk pengaman ini melindungi bagian dada, bahu, dan selangkangan.

Menggunakan safety belt merupakan kewajiban bagi pengendara maupun penumpang mobil. Selain untuk mematuhi tata tertib lalu lintas, menggunakan safety belt juga bisa meminimalisir terjadinya kecelakan.

Baca Juga: Ketahui Fungsi Airbag untuk Melindungi Cedera Serius Saat Tabrakan

 

 

Artikel Terbaru

4 Gaya Modifikasi Double Cabin, Bisa Ditiru Nih!

Mobil double cabin merupakan mobil yang bisa digunakan untuk mengangkut banyak penumpang maupun barang. Selain… Selengkapnya

16 Agustus 2022

Wuling Air ev: Spesifikasi dan Harga

Wuling Air ev merupakan mobil hybrid yang diperkenalkan saat acara GIIAS 2022. Mobil listrik ini… Selengkapnya

15 Agustus 2022

Lebih Baik Pilih Kijang Innova 2020 Bekas atau Toyota Sienta Terbaru?

Kijang Innova 2020 bekas masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena performanya yang tangguh. Membuat… Selengkapnya

13 Agustus 2022

Fitur Keren Suzuki S Presso & Baleno Yang Meluncur di GIIAS 2022

Perusahaan otomotif Suzuki resmi meluncurkan dua mobil barunya pada pameran GIIAS 2022. Mobil tersebut adalah… Selengkapnya

12 Agustus 2022

Honda Perkenalkan 3 Mobil di GIIAS 2022

Pameran otomotif berskala internasional, Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, baru saja digelar mulai 11… Selengkapnya

11 Agustus 2022

Komponen Kaki-kaki Mobil: Fungsi & Gejala Kerusakan

Komponen kaki-kaki mobil memiliki peranan yang penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karenanya, perlu sekali untuk… Selengkapnya

10 Agustus 2022