Mobil Tersambar Petir, Benarkah Penumpang di Dalamnya Tetap Aman?

Saat musim hujan tiba, tentunya tidak jarang kita menyaksikan pemberitaan mengenai mobil tersambar petir. Namun, benarkah persepsi yang menyatakan bahwa petir tidak akan menyambar saat berada di dalam mobil? Begitu pula dengan penumpang di dalamnya, apakah tetap aman dari sambaran petir? Nah, simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Penumpang Tetap Aman Bila Mobil Tersambar Petir

Dalam hal ini, ada berbagai penjelasan yang menyatakan bahwa mobil memang bisa tersambar petir. Akan tetapi, penumpang yang berada di dalamnya, diklaim tetap aman jika  mobil tersebut terkena sambaran petir Salah satunya merupakan penjelasan dari Allgemeiner Deutscher Automobil-Club (ADAC) yang merupakan klub mobil terbesar di Jerman.

Berdasarkan penjelasannya, klub ini menyebutkan bahwa sebenarnya mobil berfungsi sebagai sangkar Faraday. Hal ini disebabkan karena bahan logam yang terdapat pada body sebuah mobil mampu menghantarkan muatan listrik dari petir langsung menuju ke tanah. Termasuk pula, untuk mobil dengan sistem atap terbuka atau yang sering disebut dengan mobil convertible. Sebab, mobil tersebut diklaim tetap aman dari dampak sambaran petir.

Nah mobil convertible ini biasanya sudah dilengkapi dengan logam yang mampu mengalihkan arus listrik tersebut. Bahkan, rangka kaca depan, batang roll-over dan juga mekanik atapnya mampu untuk membantu menangkal dampak buruk yang terjadi akibat sambaran petir. Meskipun diklaim sudah aman, pastikan juga kamu tetap harus menutup atap mobil kamu ya!

Lalu Apa yang Dilakukan Saat Mobil Tersambar Halilintar?

Benarkah Mobil Juga Bisa Tersambar Petir

Nah saat mobil kamu tersambar petir, maka usahakan agar diri kamu tetap tenang. Hal yang harus dilakukan adalah pastikan kamu telah menutup jendela mobil kamu dengan rapat dan telah menarik semua antena.

Selain itu, hindari pula untuk menyentuh logam yang bersentuhan secara langsung dengan body mobil. Lain halnya dengan mobil bertenaga listrik. ADAC tidak menjelaskan apakah komponen yang terdapat di dalam mobil bertenaga listrik tersebut tetap aman atau tidak dari sambaran petir.

Dalam hal ini, biasanya sambaran petir bisa mematikan sistem kelistrikan, cat dan juga ban pada mobil. Nah jika mobil kamu terkena sambaran petir, maka kamu harus melakukan pemeriksaan untuk mengetahui kondisi lebih jelasnya terkait dengan mobil kamu.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan