Cara Ganti Ban Mobil di Kondisi Darurat

ganti ban mobil

Cara Ganti Ban Mobil – Saat sedang mengendarai mobil, sering kali kamu menjumpai kejadian yang tidak terduga. Salah satunya adalah ban bocor atau pecah di jalan raya. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengetahui cara ganti ban mobil sendiri dalam keadaan darurat.

Berdasarkan laman resmi Auto2000, apabila seseorang sudah paham dan mengerti langkah mengganti ban di kondisi darurat dengan benar. Maka pengemudi tidak akan panik dan tetap tenang dalam kondisi apapun.

Berikut ini cara ganti ban mobil saat keadaan darurat. Simak informasi di bawah ini sampai habis ya sobat HSR Wheel.

Baca Juga: Apakah Ganti Ban Mobil Harus Sepasang Atau Bisa Satuan?

Cara Ganti Ban Mobil

Pada umumnya mengganti ban mobil  yang bocor bisa dilakukan sendiri. Oleh karenanya, melalui artikel ini, HSR Wheel akan memberitahumu bagaimana cara mengganti ban mobil sendiri saat di kondisi darurat. Berikut adalah langkah dan juga cara yang tepat untuk dilakukan.

1. Menepi di Lokasi Datar dan Aman

Menepi di Lokasi Datar dan Aman
Menepi di Lokasi Datar dan Aman

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin mengganti ban bocor di perjalanan adalah dengan segera menepi ke lokasi aman dan datar. Pastikan juga kamu berhenti di jalur yang tidak berbahaya dan menimbulkan potensi tertabrak pengendara lain. Setelah berhenti, langsung matikan mesin mobil.

2. Pasang Segitiga Pengaman

Pasang Segitiga Pengaman
Pasang Segitiga Pengaman

Ketika mobil sudah berhenti dengan sempurna dan mesin telah mati. Maka langkah selanjutnya adalah mengeluarkan segitiga pengaman. Alat ini berguna sebagai penanda ke kendaraan lain dan sekaligus memberi tahu bahwa kendaraanmu sedang dalam kondisi darurat. Pasang segitiga pengaman dengan jarak 4 meter dari belakang mobil kamu.

3. Keluarkan Dongkrak dan Kunci

Keluarkan Dongkrak dan Kunci
Keluarkan Dongkrak dan Kunci

Saat ini kamu sudah siap untuk mengganti ban mobil. Keluarkan terlebih dahulu perkakas yang dibutuhkan, seperti kunci pas dan juga dongkrak tangan. Biasanya para produsen mobil sudah menyediakan perkakas tersebut pada mobil sebagai kelengkapan standar sebuah mobil. Contohnya perkakas Toyota Avanza yang letaknya berada di kolong jok.

4. Siapkan Ban Serep

Lepas dan Pasang Ban Serep
Lepas dan Pasang Ban Serep

Setelah perkakas yang dibutuhkan sudah siap, maka selanjutnya adalah siapkan ban serep. Copot ban serep tersebut dengan menggunakan kunci pas agar ban serep yang menempel di mobil dapat diambil.

5. Kendorkan Seluruh Baut Velg

Kendorkan Baut Velg Mobil
Kendorkan Baut Velg Mobil

Letakkan ban serep yang sudah lepas di tempat yang aman. Lalu langsung beranjak ke ban yang bocor untuk mengendorkan seluruh bautnya. Gunakan kembali kunci pas yang sama dengen kunci yang digunakan ketika membuka ban serep.

6. Pasang Dongkrak

Pasang Dongkrak
Pasang Dongkrak

Setelah seluruh baut ban yang bocor sudah kendor, maka langkah selanjutnya adalah memasang dongkrak. Pastikan bagian atas dongkrak menyentuh dengan panel besi yang kuat untuk menjadi tumpuan. Demkian bagian bawahnya juga, hindari permukaan tanah yang lembek dan tidak rata.

7. Lepas dan Pasang Ban Serep

Lepas dan Pasang Ban Serep
Lepas dan Pasang Ban Serep

Setelah dongkrak terpasang, maka putar dongkrak hingga ban mobil terangkat. Ketika sudah terangkat dengan ketinggian yang cukup, kamu hanya perlu melepas ban yang mengalami bocor tersebut. Setelah sudah terlepas, maka pasangkan ban serep.

Pada langkah ini mungkin akan terasa berat terutama bagi para wanita, maka dari itu mintalah bantuan orang lain apabila tidak kuat untuk melepas serta memasangnya. Pastikan seluruh baut terpasang dengan benar dan juga kencang.

8. Bereskan Peralatan

Bereskan Peralatan
Bereskan Peralatan

Ban sudah terpasang dengan sempurna, kini hanya tinggal membereskan perkakas yang digunakan sebelumnya. Termasuk alat keselamatan segitiga yang sudah di pasang. Kumpulkan seluruhnya hingga tak ada yang tercecer sama sekali dan kembalikan ke tempat semula.

Nah itu dia cara ganti ban mobil dalam kondisi darurat danjangan lupa untuk selalu membawa ban serep. Tujuaannya jika ban mobil kamu bocor di tengah jalan maka kamu bisa langsung menggantinya tanpa perlu harus mencari bengkel terdekat.

 

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan