Apakah Ganti Ban Mobil Harus Sepasang Atau Bisa Satuan?

Ganti ban mobil harus sepasangan

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting bagi suatu kendaraan. Salah satu tugasnya adalah untuk menopang beban dari suatu kendaraan. Selain itu, ban mobil memiliki pengaruh yang sangat penting terhadap handling. Oleh karena itu, penting sekali bagi pengemudi untuk selalu mengecek kondisi ban mobil, khususnya ketika berpergian jarak jauh.

Sebab kondisi ban mobil yang bocor, kempes, atau gundul bisa menyebabkan oversteer atau understeer. Tergantung dengan kerusakannya. Jika ban mobil belakang yang kempes atau gundul bisa menyebabkan oversteer dan jika ban mobil belakang yang gundul atau kempes dapat menyebabkan understeer. Tidak hanya itu saja, ban mobil yang kempes bisa mencelakakan nyawa pengemudi. Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi di Indonesia karena ban mobil kempes atau bocor.

Apabila ban mobil depan atau belakang dirasa sudah tidak layak digunakan, sebaiknya segera diganti saja. Meskipun hanya 1 ban mobil saja. Namun, apakah ganti ban mobil harus sepasang atau bisa satuan? Berikut ini ulasannya!

Baca Juga: Cara Mencegah Ban Mobil Selip

Apakah Ganti Ban Mobil Harus Sepasang?

Manager PT Gajah Tunggal Tbk, Zulpata Zainal menyarankan sebaiknya ganti ban mobil minimal sepasang karena ban mobil memiliki beberapa peranan yang sangat penting, seperti percepatan, saat pengereman dan saat berjalan menikung.

Peranan tersebut membutuhkan keseimbangan penuh. Oleh karenanya, untuk mencapai kondisi yang seimbang diperlukan maka harus memiliki performa yang sama-sama baru dengan tipe, merek, dan tapak yang sama. Apalagi jika mobilmu menggunakan sistem penggerak roda empat (AWD) maka kamu wajib ganti ban mobil secara bersamaan. Tujuannya untuk memperoleh daya cengkraman dengan diameter yang sama.

Namun, jika mobilmu belum menggunakan sistem penggerak empat roda (AWD) dan hanya satu ban mobil yang gundul, maka tidak masalah jika kamu hanya mengganti ban mobil satuan. Syaratnya kondisi layak pakai ban mobil harus sekitar 80 persen. Apabila kurang dari angka itu maka kamu harus menggantinya.

Apabila hanya mengganti satu ban mobil saja,  usahakan ganti ban mobil bagian belakang terlebih dahulu. Sebab ban mobil belakang memiliki peran yang sangat besar sekali dan tidak bisa dikontrol oleh setir ketika terjadi slip. Hal ini berbeda dengan ban mobil depan yang mempunyai fungsi steering untuk mengendalikan ban depan saat terjadi slip. Sehingga dapat mengontrol arah ban mobil agar sesuai dengan laju mobil sampai memperoleh grip kembali.

Baca Juga: Tekanan Ban Mobil yang Ideal Untuk Berpergian

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan