Kenali TPMS, Sistem Pemantau Tekanan Angin Ban

Saat ini perkembangan teknologi mobil semakin maju, bahkan untuk sektor kaki-kaki khususnya ban mobil sekarang sudah ada sistem TPMS (Tyre Pressure Monitoring System). TPMS adalah adalah sebuah sistem yang akan memperingatkan kamu bahwa satu atau beberapa ban mobil sedang mengalami kekurangan angin.

Zaman sebelum ditemukan Tyre Pressure Monitoring System ini, satu-satunya cara untuk melihat tekanan ban mobil adalah dengan keluar dari mobil kemudian menancapkan alat pengukur tekanan ban. Hal tersebut sangat tidak praktis dan tidak bisa mngetahui tekanan ban setiap saat secara real time.

Ada Dua Jenis TPMS

Ada Dua Jenis TPMS

Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini ada teknologi Tyre Pressure Monitoring System yang mampu memberikan informasi tekanan angin ban mobil. Bahkan sekarang terdapat dua jenis TPMS, simak ulasan perbedaan kedua jenis Tyre Pressure Monitoring System.

Direct TPMS

Untuk jenis ini, sangat mengandalkan sensor pada setiap ban untuk memonitor tekanan angin. Sensor ini juga mampu memberikan informasi tentang suhu ban. Semua data dari sensor-sensor tersebut dikirimkan menuju sebuah modul secara nirkabel. Semua data tersebut dianalisa, diterjemahkan kemudian langsung dikirim menuju Multi Information Display untuk memberitahu kamu semua informasi tersebut.

Umunya, tiap pabrikan mobil memiliki teknologi direct Tyre Pressure Monitoring System masing-masing. Jadi ketika mobil kamu memliki kerusakan pada sistem TPMSnya, kamu perlu datang ke bengkel khusus dan tidak bisa memperbaikinya di sembarang tempat.

Indirect TPMS

Berbeda dengan Tyre Presure Monitoring System berjenis direct, jenis ini tidak berdiri sendiri dan bergantung pada sensor kecepatan roda yang ada pada ABS. Sensor tersebut mengukur seberapa tinggi putaran tiap roda yang kemudian digunakan sistem komputer on-board. Sistem komputer tersebut akan membandingkan tiap roda dan memberikan data lainnya seperti kecepatan.

Jadi, sebenarnya Indirect Tyre Pressure Monitoring System tidak mengukur tekanan ban. Cara mengukurnya berbeda dengan alat pengukur tekanan lainnya. Indirect TPMS hanya mengukur kecepatan berputar roda dan mengiriman sinyal jika ada kelainan dalam putaran roda.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan