5 Cara Merawat Radiator Mobil Avanza Agar Tidak Overheat!

Cara Merawat Radiator Mobil

Radiator mobil merupakan bagian terpenting untuk tetap menjaga suhu mesin agar tetap obtimal. Apabila terjadi kerusakan pada bagian sistem radiator maka akan mengakibatkan terjadinya overheat pada bagian mesin. Hal ini jika dibiarkan terus menerus maka akan merusak mesin.

Oleh karenanya, penting sekali untuk merawat radiator. Kali ini HSR Wheel akan membahas mengenai 5 cara merawat radiator mobil Avanza. Simak sampai akhir ya!

Baca Juga: Apakah Ukuran Ban Mobil Harus Sama Persis?

5 Cara Merawat Radiator Mobil

1. Cek Volume Air Radiator

Tips merawat radiator yang pertama adalah dengan mengecek volume air radiator. Hal ini dikarenakan radiator membutuhkan cairan yang perlu disirkulasikan agar suhu mesin tetap optimal. Oleh karenanya, penting sekali untuk menggecek volume air radiator setiap dua minggu sekali dan pastikan volume air radiator jangan sampai kurang melampaui batas.

2.  Ganti Radiator

Tips merawat radiator yang kedua adalah dengan cara mengganti air radiator secara rutin. Komponen sistem radiator termasuk ke dalam kategori slow moving dan sangat dianjurkan untuk diganti secara berkala. Apalagi, jika mobilmu sudah berusia lebih dari 7 tahun. Tujuannya adalah untuk mencegah kebocoran terjadi.

3. Menguras Tangki Radiator

Tips merawat radiator mobil yang ketiga adalah dengan menguras tangki radiator setiap dua minggu sekali. Sebagai komponen yang menampung cairan, tangki radiator tentunya memiliki potensi korosi. Oleh karenanya, penting sekali untuk menguras tangki radiator guna mencegah timbulnya karat yang akan membuat mesin mengalami overheat.

4. Perhatikan Tutup Radiator

Tips merawat radiator mobil yang keempat adalah dengan mengecek tutup radiator. Radiator harus ditutup kencang supaya tidak terjadi kebocoran. Jika air radiator tumpah maka akan membuat dinding tangki berkarat dan mengakibatkan sistem pendingin mesin mobil tidak akan bekerja secara optimal.

5. Gunakan Coolant

Cara merawat radiator mobil yang terakhir adalah dengan menggantinya menggunakan air khusus dan ditambah coolant yang berfungsi untuk membersihkan karat dan kotoran yang menempel di dinding tangki. Selain itu, coolant juga berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal.

HSR Wheel

Brand velg mobil asli Indonesia yang berdiri sejak tahun 2013. Tujuan berdirinya HSR Wheel adalah untuk memenuhi kebutuhan para penggemar modifikasi mobil yang menginginkan velg kualitas terbaik dengan harga relatif terjangkau.

Artikel yang Direkomendasikan